PGRI

............

holiday angkasa wisata
Sumsel

Apresiasi Hadirnya Olahraga Disabilitas, Pemkab Empat Lawang Siapkan Dana Hibah

 

SumselMedia.Com, Empat Lawang-

Pemerintah Kabupaten Empat Lawang mengapresiasi berdirinya Pengurus National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Empat Lawang sebagai induk olahraga disabilitas.

Guna mendukung pembinaan olahraga disabilitas maka tahun ini ditargetkan tahun ini bisa menerima dana hibah pada ABT 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekda Kabupaten Empat Lawang H Indera Supawi didampingi Kadispora Empat Lawang Drs HM Azhari MM saat menerima audiensi Pengurus NPC Empat Lawang dan Pengurus NPCI Sumsel di Kantor Pemkab Empat Lawang, Selasa (11/1/2022).

Audiensi tersebut dihadiri oleh Ketua NPC Kabupaten Empat Lawang Yogi Saparinggo dan jajaran, serta didukung oleh Ketua NPCI Sumsel Ryan Yohwari, serta para Kabiro Pengurus NPCI Sumsel.

“Coba bulan 11 kemarin, mungkin kita bisa bantu lebih awal. Tapi nanti kota carikan solusinya. Mudah-mudahan bisa kita berikan saat ABT,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Indera pun juga memotivasi Pengurus NPC Empat Lawang agar mencari para atlet disabilitas untuk dibina dan membawa nama daerah diberbagai kesempatan kompetisi.

Olahraga sangat penting didukung, karena selain untuk pembinaan prestasi juga mampu mengangkat nama daerah. Ia pun mencontohkan Kabupaten Muba yang melesat maju dan salah satunya ditunjang dari prestasi olahraga.

“Dan saya takjub ya dengan disabilitas ini, prestasinya lebih hebat dibanding umum. Sayang sekali kalau kami tidak mendukung. Pasti kami dukung, hanya saja disesuaikan dengan kemampuan daerah,” jelasnya.

Kadispora Empat Lawang Drs HM Azhari MM juga menyampaikan bahwa sebelumnya telah disampaikan kepada Bupati perihal adanya Pengurus NPC Empat Lawang dan pada prinsipnya Bupati sangat mendukung untuk bisa berprestasi.

“Di Sumsel ini tinggal tiga yang belum terbentuk NPC nya, salah satunya di Empat Lawang. Dan kita akan coba bantu mungkin di ABT,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua NPC Empat Lawang Yogi Saparinggo menyampaikan agar pelantikan pengurus dapat digelar pada akhir Januari 2022. Hal ini mengingat setelah pelantikan tim pengurus akan mempersiapkan atlet dalam menghadapi Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) di Kabupaten Lahat yang bakal digelar Juni 2022.

“Sementara saat ini yang siap sudah ada sembilan atlet. Ada dari panahan, renang, tenis dan juga bulutangkis. Mudah-mudahan segera bertambah,” jelasnya.

Sementara itu Ketua NPCI Sumsel Ryan Yohwari menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah tidak perlu ragu untuk membantu dana hibah karena ada Undang-Undang yang mengaturnya. Apalagi NPCI sendiri sejak 2015 sudah sejajar dengan KONI.

Apalagi, dukungan dana hibah sudah dilakukan oleh berbagai Bupati/Walikota di Sumsel. Terbukti dengan keikutsertaan NPC Kabupaten/Kota Sumsel di multi event olahraga disabilitas terbesar Sumsel Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) III Sumsel di OKU Desember 2021 lalu.

“Mudah-mudahan dengan dukungan Pemerintah daerah, olahraga disabilitas di Empat Lawang mampu membantu mengangkat naka daerah. Dan bisa mengikuti Kejurprov Lahat 2022, Peparpenas 2023 dan juga Peparprov nantinya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button