PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Ayu Pranindya, Alumnus UBD Hasilkan Inovasi Portable Food Storage

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Bina Darma (UBD), Ayu Pranindya, S.T ciptakan Portable Food Storage saat menyusun tugas akhir.

Alumnus UBD yang kini menjadi PNS Kemendikbud di Universitas Jambi tersebut, menjelaskan fungsi dari inovasi yang ia ciptakan.

Portable Food Storage ini berguna untuk menjaga kestabilan suhu makanan atau minuman dalam perjalanan. Hal ini disebabkan karena box bagian dalam dilengkapi dengan alumunium foil.

“Inovasi ini ditujukan untuk kurir pesan antar online makanan atau minuman, saat menyusun tugas akhir tersebut saya dibimbing oleh Ibu Ir. Nina Paramyta IS, M.Sc.,” terang Ayu

Inovasi tersebut dilengkapi dengan elemen peltier yang dapat menghasilkan suhu panas dan dingin, saat alat itu terhubung dengan sumber listrik. Bagian dalam box terdapat sisi panas dan sisi dingin yang menjadi mode untuk dipilih oleh pengguna.

Oleh sebab itu, Portable Food Storage ini dapat menjaga suhu baik makanan atau minuman yang dingin ataupun panas. Tidak hanya itu, desain box yang diciptakan dapat berfungsi menjaga mutu dari kemasan makanan atau minuman agar tidak rusak ataupun tumpah.

“Harapan Universitas Bina Darma kedepannya adalah agar inovasi yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa UBD dapat dipergunakan oleh masyarakat umum,” tutup Rahmat Novrianda Dasmen, S.T., M.Kom. selaku selaku Manajer Inovasi dan Kekayaan Intelektual Universitas Bina Darma.

Sumber: https://www.binadarma.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button