PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Ciptakan Daring Menyenangkan Lewat Mind Mapping, Universitas PGRI Palembang Gelar Pengabdian Masyarakat di SMAN 1 Semende

 

SumselMedia.Com, Muaraenim-

Sebagai salah satu Universitas terbaik di Sumatera Selatan, Universitas PGRI Palembang terus mendorong para guru untuk mampu beradaptasi dalam masa Pandemi Covid-19 menuju Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang menyenangkan.

Berangkat dari hal tersebut, Tim Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas PGRI Palembang menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema Pengenalan Pembelajaran Mind Mapping, di SMA Negeri 1 Semende, Muara Enim, Sumatera Selatan, Senin (16/8/2021).

PkM tersebut diketuai oleh Ana Theriana, M.Pd., yang beranggotakan Barkudin, M.Pd., Diana Luspa, M.Pd., Ida Suryani, S.Pd., M.Si, Aswadi Jaya, M.Pd., Asti Veto Mortini, M.Pd, Drs. Magdad Hatim, M.Hum., dan Hermansyah, M.Pd., serta dibantu oleh tiga mahasiswa Program Studi  Pendidikan Bahasa Inggris Elvina Kamelia Ulfa Idan Shalahuddin dan Yuspita.

(Ketua Pelaksana PkM Ana Theriana, M.Pd saat memberikan kenang-kenangan Buku Karya Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M, M.Si, CIQaR kepada Kepala SMAN 1 Semende Darat Ulu Drs. Marwan)

Ketua Pelaksana PkM Ana Theriana, M.Pd mengatakan Pendidikan merupakan proses yang paling bertanggung jawab dalam melahirkan warga negara Indonesia yang memiliki karakter kuat sebagai modal dalam membangun peradaban tinggi dan unggul.

Oleh karena itu sebagai guru harus memiliki kreativitas belajar untuk menanggulangi kebosanan dalam belajar, apalagi dimasa belajar dalam jaringan (daring) dimasa Pandemi Covid-19. Dan salah satu upayanya adalah dengan menggunakan metode Mind Mapping.

“Secara umum, mind mapping adalah metode belajar yang dirancang dengan memetakan informasi dalam bentuk grafis. Contoh mind mapping yang paling sering digunakan yaitu membuat garis percabangan, gambar, maupun kata kunci yang berkaitan dengan konsep atau ide utama. Pemetaan tersebut harus berkaitan satu sama lain, tidak boleh dibuat acak atau tidak sesuai dengan ide utama,” ujarnya.

(Foto bersama antara Tim PkM Universitas PGRI Palembang dengan guru dan siswa SMAN 1 Semende Darat Ulu)

Pihaknya berharap program PkM dengan mengenalkan metode mind mapping ini bisa membantu guru dalam mengatasi kejenuhan siswa belajar daring. Selain itu, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan penguasaan pembelajaran  peserta didik di SMAN 1 Semende, Darat Ulu.

Adapun materi pelatihan dalam program PkM tersebut adalah sebanyak tujuh bahasan yang disajikan masing-masing anggota tim pengabdi dibantu oleh dua orang mahasiswa.

Ana Theriana, M.Pd dengan materi berjudul Pengertian Mind Mapping, Ida Suryani, S.Pd., M.Si., dengan materi berjudul Tehnik mind Mapping, Aswadi Jaya, M.Pd., Penggunaan mind Mapping, Asti Veto Mortini, M.Pd., Diana Luspa, M.Pd., kesimpulan Drs. Magdad Hatim., M.Hum., dan Barkudin, M.Pd., Pengertian Media dan Macam-Macam Media.

Sementara itu, dimomen tersebut, pelaksanaan PkM juga diikuti dengan acara Penandatanganan Kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR yang wakili oleh  dosen Prodi FKIP Universitas PGRI Palembang Aswadi Jaya, M.Pd dengan Kepala SMA Negeri 1 Semende Darat Ulu, Drs. Marwan.

(Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M, M.Si, CIQaR yang diwakili oleh  Aswadi Jaya, M.Pd memberikan plakat kenang-kenangan kepada Kepala SMAN 1 Semende Darat Ulu Drs. Marwan usai melakukan penandatanganan MoU)

Rektor Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh  Aswadi Jaya, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya.

“Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran,” ujarnya.

Apalagi Ia menambahkan, bagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen.

Ditambahkan Aswadi bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon atau keringanan SPP sampai 25 persen.

(Foto bersama Tim PKM Universitas PGRI Palembang dengan Kepala SMAN 1 Semende Darat Ulu Drs. Marwan di halaman sekolah)

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Dan berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, S.Pd., M.M., Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H, M.H., dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M, M.Si, CIQaR.

Di tempat yang sama, Kepala SMAN 1 Semende Darat Ulu Drs. Marwan mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih  sekolahnya sebagai tempat pelaksanaan PkM. “Semoga dapat membantu para siswa siswi kami Dapat meningkatkan kemampuan penguasaan metode mind mapping sebagai metode pembelajaran,” pungkasnya. (ADV)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button