Nasional

Demi PON, Papua Bakal Lockdown di Bulan Agustus

 

SumselMedia.Com, Jakarta-

Provinsi Papua berencana akan menerapkan karantina wilayah dengan menutup semua akses masuk dan keluar Papua mulai 1 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2021 mendatang. Hal ini sebagai salah satu persiapan dalam penyelenggaraan PON XX Papua 2021.
Juru Bicara Gubernur Provinsi Papua, Rifai Darus mengatakan, kebijakan itu ditempuh untuk mengendalikan pandemi Covid-19 di wilayah Papua agar tidak semakin parah.

Gubernur Lukas Enembe sebelumnya juga meminta kepada masyarakat di provinsi itu agar melakukan persiapan dan mengantisipasi rencana menutup akses keluar masuk.

“Direncanakan, Provinsi Papua akan menutup akses keluar dan masuk, baik jalur penerbangan maupun perairan. Penutupan tersebut diperkirakan akan berlangsung pada 1 Agustus – 31 Agustus 2021,” kata Darus, dalam keterangan resmi.

Rifai mengatakan, kebijakan ini nantinya akan dibahas dan dimatangkan lebih lanjut pada rapat evaluasi oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Papua pada Rabu 21 Juli 2021 menindaklanjuti dari hasil Rapat Terbatas bersama Presiden Joko Widodo pada Senin, 19 Juli 2021 lalu berkenaan dengan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Setelah rapat tersebut, Gubernur Lukas Enembe kemudian mengumpulkan sejumlah pejabat Pemprov Papua dengan agenda pandemi Covid-19 dan akan melakukan evaluasi secara berkala terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro di Provinsi Papua yang masih akan berlaku sampai dengan 25 Juli 2021 sebagaimana dilansir dalam cnbcindonesia.com

Lukas juga meminta kepada seluruh pemangku kepentingan terkait agar dapat bersinergi dan bergerak lebih cepat dalam menangani wabah Corona di Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button