PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Dorong Guru Jadi Pengusaha Digital, Universitas PGRI Palembang Gelar Pengabdian Masyarakat di SMAN 1 Prabumulih

 

SumselMedia.Com. Prabumulih,-

Gelombang Pandemi yang terjadi dibelahan dunia memaksa semua sektor harus beradaptasi dengan keadaaan. Dari sektor pendidikan, sosial hingga ekonomi.

Tak heran, banyak masyarakat dengan berbagai profesi dituntut memiliki skill tambahan dibidang digital dari berbagai latar belakang profesi masing-masing, termasuk guru.

Berangkat dari hal tersebut, Universitas PGRI Palembang, melalui tim dosen dari Program Studi (Prodi) Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ke SMA Negeri 1 Prabumulih dengan tema Kewirausahaan Digital, Kamis (12/8/2021).

(Paparan para narasumber PkM dari Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi daj Bisnis, Universitas PGRI Palembang di SMAN 1 Prabumulih)

PkM tersebut diketuai oleh Adie Kurbani, S.E., M.M., beranggotakan  Reva Maria Valianti, SE., M.Pd.,M.M., Rismansyah, S.E. M.Si., Dr. Nurkardina Novelia, M.Si., Tri Sinarti, S.E., M.Si., Puput Sekar Sari, SE., M.M., Reina Damayanti, SE.,M.M., dan Totok Sudiyanto, SE., M.M., serta dibantu oleh empat mahasiswa yakni Mardinal, Shantika Novaliana, Sales Seftavia dan Yurike Febriyanti.

“Semoga dengan PkM ini bisa memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan baru tentang kewirausahaan digital dan mudah-mudahan bisa mendorong menjadi pengusaha digital bagi bapak dan ibu guru di SMA Negeri 1 Prabumulih,” ujar Ketua PkM Adie Kurbani, S.E., M.M., saat memberikan sambutan pada acara pembukaan di PkM di SMA Negeri 1 Prabumulih.

Ia menambahkan, bahwa PkM ini merupakan komitmen para dosen Universitas PGRI Palembang dalam melaksanakan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya adalah komitmen dalam program PkM.

Kegiatan PkM ini juga diikuti  dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation Agreement (IA) sebagai kelanjutan Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dilakukan oleh Universitas PGRI Palembang dan SMA Negeri 1 Prabumulih sebelumnya.

Naskah MoA ditandatangani oleh Plt. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang  Edduar Hendri, SE., M.M., dengan  Kepala SMA Negeri 1 Kota Prabumulih Maashobirin, S.Pd., M.Si.
Sedangkan naskah IA ditandatangani oleh Ketua Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang Rismansyah, S.E., M.Si dengan Kepala SMA Negeri 1 Kota Prabumulih Maashobirin, S.Pd., M.Si.
(Suasana peserta yang mengikuti secara langsung PkM dari Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi daj Bisnis, Universitas PGRI Palembang di SMAN 1 Prabumulih)

Dalam sambutannya, Plt. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang  Edduar Hendri, SE., M.M., menyampaikan bahwa dengan ditandatanganinya MoU pada beberapa waktu yang lalu, keluarga SMA Negeri 1 Prabumulih  sudah menjadi bagian dari Universitas PGRI Palembang.

“Kami siap membantu siswa dan guru, dalam bidang pendidikan, penelitian  dan pengabdian,” ujar Edduar.

Lanjutnya, bahwa ditahun ini Universitas PGRI Palembang juga telah membuka 3 program studi baru yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Saintek (S1). Dan Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa bagi guru dan anak guru, berupa diskon biaya kuliah baik S1 dan S2.

(Suasana peserta yang mengikuti secara daring PkM dari Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Palembang di SMAN 1 Prabumulih)

“Khusus Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi dan Budidaya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang memberikan kuota kuliah gratis. Juga tersedia beasiswa KIP untuk semua Program Studi,” jelasnya.

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen.

Ditambahkan Edduar, bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 25 persen serta bebas uang pendaftaran.

(Foto bersama Tim PKM dari Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi daj Bisnis, Universitas PGRI Palembang yakni Adie Kurbani, S.E., M.M., Reva Maria Valianti, SE., M.Pd.,M.M., Rismansyah, S.E. M.Si., Dr. Nurkardina Novelia, M.Si., Tri Sinarti, S.E., M.Si., Puput Sekar Sari, SE., M.M., Reina Damayanti, SE.,M.M., Totok Sudiyanto, SE., M.M., dan empat mahasiswa yakni Mardinal, Shantika Novaliana, Sales Seftavia dan Yurike Febriyanti di halaman SMAN 1 Prabumulih)

Dijenjang S-2, Universitas PGRI Palembang juga memiliki tiga prodi unggulan yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Dan sebagai Cyber University, Universitas PGRI Palembang telah menerapkan teknologi dalam perkuliahan yakni dengan menggunakan sisfo.

“Dan berbagai terobosan, kemudahan dan diskon tersebut merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Ibu Dr Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR,” terangnya.

Sementara itu Kepala SMA Negeri 1 Prabumulih Maashobirin, S.Pd., M.Si mengucapkan terima kasih atas pilihan Universitas PGRI Palembang menjadikan sekolahnya sebagai salah satu mitra dalam kerjasama pendidikan yang dituangkan langsung melalui MoU, MoA dan juga IA.

Selain itu, ucapan terima kasih juga atas penyuluhan tentang kewirausahaan digital yang diberikan oleh Universitas PGRI Palembang melalui PkM.

“Semoga ilmu yang disampaikan dapat kami aplikasikan dalam meningkatkan kualitas SDM terutama dalam bidang kewirausahaan digital,” pungkasnya. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button