PGRI

............

Pendidikan

Dorong Kualitas Publikasi, UPGRIP Gelar Workshop Migrasi Jurnal OJS2 ke OJS3

 

SumselMedia.Com, Palenbang-

Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Sumsel terus memaksimalkan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bahkan, dibidang penelitian UPGRIP terus mendorong kualitas publikasi.

Berangkat dari hal tersebut, UPGRIP menggelar Workshop Tata Kelola dan Publikasi Jurnal Berbasis OJS 3 bagi Pengelola Jurnal di Lingkungan Universitas PGRI Palembang di Aula Drs. H. Aidil Fitri Syah, M.M., Gedung BSC lantai 5. Selasa (24/1/2023).

(Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si.,CIQaR. , diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E.,M.M., CIQaR saat membuka kegiatan)

Kegiatan dibuka Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si.,CIQaR. , diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E.,M.M., CIQaR ini diikuti oleh 60 peserta terdiri dari 56 orang pengelola jurnal dan 4 orang tim IT.

Turut hadir Ketua LPPKM sekaligus ketua pelaksana Dr. Rohana, M.Pd., CIQnR., para Dekan, para pengelola jurnal di lingkungan Universitas PGRI Palembang , para narasumber dari Afiliasi Pengurus Daerah Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Iredho Fani Reza, MA.Si sebagai Ketua RJI Sumsel, Dian Andesta Bujuri, M.Pd , Catur Eri Gunawan, M.Cs serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua LPPKM sekaligus Ketua Pelaksana Dr. Rohana, M.Pd., CIQnR dalam laporannya mengatakan Kegiatan Tata Kelola dan Publikasi Jurnal Berbasis OJS 3 di lingkungan Universitas PGRI Palembang ini sangat diperlukan untuk menyiapkan pengelola jurnal dalam tata kelola jurnal berbasis OJS 3.

(Ketua LPPKM sekaligus Ketua Pelaksana Dr. Rohana, M.Pd., CIQnR saat menyampaikan laporan kegiatan)

“Karena Aplikasi OJS untuk tata kelola jurnal yang ada di Universitas PGRI Palembang masih menggunakan versi lama yaitu OJS 2.4.5.0. Kendala yang sering terjadi pada aplikasi OJS 2.4.5.0 antara lain jurnal sering tidak dapat di akses sehingga artikel jurnal tidak dapat di download,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, hal ini membuat UPGRIP akan melakukan migrasi dari OJS versi 2 saat ini ke versi 3, yang secara sistem OJS 3 lebih praktis dan lebih responsif. Untuk mendukung migrasi aplikasi OJS ini, pengelola jurnal yang ada di lingkungan Universitas PGRI Palembang wajib dapat memahami dan menjalankan aplikasi OJS 3 yang akan di gunakan.

“Sehingga setelah aplikasi OJS 3 di instal ke server yang baru, pengelola jurnal sudah memiliki ilmu dan kemampuan yang baik untuk tata kelola jurnal menggunakan aplikasi OJS 3. Peningkatan OJS ini juga merupakan salah satu poin penilaian dalam proses akreditasi jurnal,” harapnya.

(Suasana Workshop)

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si.,CIQaR. , diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E.,M.M., CIQaR, dalam sambutannya mengatakan workshop ini bertujuan memperkenalkan pengelolaan jurnal di lingkungan Universitas PGRI Palembang ke arah lebih baik. Ia menegaskan bahwa Universitas PGRI Palembang telah melakukan migrasi dari OJS 2 ke OJS 3.

“Beberapa memang sudah mempraktekkan ilmu pengelolaan jurnal pada workshop sebelumnya,” Ujarnya

Ia juga berpesan agar kendala-kendala yang telah dialami bisa didiskusikan pada workshop kali ini. “Semoga tim pemandu jurnal OJT (Open Journal Theme) bisa menularkan ilmunya kepada peserta hari ini,” ucap Yasir.
Pengelolaan jurnal yang baik bisa menjadi wadah output yang baik bagi Universitas PGRI Palembang yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button