Pendidikan

Dorong Peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Kopertais Wilayah VII Sumbagsel Gelar RPKD dan LBKD

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna meningkatkan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi Islam di Sumbagsel, Kopertais Wilayah VII Sumbagsel menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Rencana Beban Kerja Dosen (RBKD) & Laporan Beban Kerja Dosen (LBKD), Kamis (10/2/2022).

Digelar di Aula Kopertais Wilayah VII Sumbagsel kegiatan ini menghadirkan
narasumber Drs. Aquami, M.Pd.I dari Kopertais Wilayah VII Sumbagsel dan Indrawati Selayar, M.Pd dari LPM Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Pelatihan dilaksanakan kepada Seluruh Perguruan Tinggi Islam di wilayah Sumbagsel, acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Kopertais Wilayah VII Sumbagsel Bapak Dr. H. Ahmad Zainuri, M.Pd.I

“Dosen memiliki tugas utama melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi salah satunya menjadikan dosen yang profesional di bawah binaan Kopertais Wilayah VII Sumbagsel, seluruh program harus dijadikan accreditation base atau berbabis akreditasiā€ ujar Ahmad Zainuri dalam sambutannya.

Lebih lanjut dikatakannya, dosen merupakan pendidik profesional dengan tugas utama menstransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (UU No. 14 Tahun 2005 dan Permenristekdikti No. 51 Tahun 2017).

Profesional dinyatakan dengan pendidikan profesi, serta kompetensi dosen sebagai seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki dan diwujudkan oleh dosen dalam melaksanakan tugas profesionalnya.

Terkait dengan hal tersebur, RBKD dan LBKD menjadi bagian tak terpisahkan dari kinerja dosen, yaitu berupa unjuk kerja Tridharma Perguruan Tinggi sebagai pengakuan atas kompetensi profesi dosen yang telah melalui proses penilaian sertifikasi dosen.

“Pelaksanaan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dosen yang dilakukan setiap semester dinilai sebagai kinerja dosen, yang dievaluasi dan setiap tahun dilaporkan secara berkala. Dalam pelaksanaannya, dosen memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan sesuai standar nasional tenaga pendidik dalam melakukan penyusunan laporan BKD,” terangnya.

Kegiatan tersebut diikuti berbagai perwakilan Perguruan Tinggi Islam di Sumbagsel seperti PTKIS dari STIT Al Qur’aniyah Manak Bengkulu, IAI Al Azhar Lubuklinggau, STAI bumi Silampari lubuk Linggau, STAI As- Siddiqiyah OKI dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button