PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Dosen Fakultas Sainstek Prodi Biologi UPGRIP Ajak Siswa SMAN 1 Sindang Danau OKUS Dalam Pembuatan Terarium sebagai Bioentrepreneur

 

SumselMedia.Com, OKUS-

Sebagai bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Dosen Program Studi (Prodi) Biologi Fakultas Sainstek Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) mengajak Siswa SMAN 1 Sindang Danau Kabupaten OKUS Dalam Pembuatan Terarium sebagai Bioentrepreneur, Kamis (20/10/2022).

Bertempat di Aula SMAN 1 Sindang Danau, Kabupaten OKUS kegiatan PkM ini diketuai oleh Dewi Rosanti, M.Si, dengan anggota terdiri dari 7 dosen Program Studi Biologi Sainstek UPGRIP yakni Dewi Novianti, S.Si.,M.Kes, Dian Mutiara, M.Si., Trimin Kartika, S.Pd.,M.Si, Drs. Syamsul Rizal, M.Si, Dra. Rosinta Parapat, M.Si, Dra. Marmaini, M.P, dan Dwi Warsari, S.H.,M.H., serta dibantu oleh mahasiswa Anisa Safitri.

(Suasana Penandatangan Kerjasama)

Kegiatan PkM ini juga diikuti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Memorandum of Agreement (MoA) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang telah dilakukan oleh Universitas PGRI Palembang dan SMAN 1 Sindang Danau kabupaten Okus
Naskah MoU ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian., M.M., M.Si., CIQaR. dalam hal ini diwakili oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dewi Novianti, S.Si., M.Kes. dengan Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Sindang Danau kabupaten Okus Noviana Mahmudah, S.Pd.

Sedangkan naskah MoA ditandatangani oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dewi Novianti, S.Si., M.Kes., dengan Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Sindang Danau Kabupaten Okus Noviana Mahmudah, S.Pd. dan Perjanjian Kerjasama (PKS) ditandatangani oleh Plh. Ketua Program Studi Dian Mutiara, M.Si dengan Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Sindang Danau Kabupaten OKUS Noviana Mahmudah, S.Pd.

Dihadapan 78 peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMAN 1 Sindang Danau Kabupaten OKUS, guru, dan tenaga pendidik para dosen memaparkan materi nya yakni Dewi Rosanti, M.Si bertajuk Pengenalan umum terarium dan potensinya sebagai sumber kewirausahaan., Dewi Novianti, S.Si.,M.Kes bertajuk mikroorganisme yang berpotensi merusak pertumbuhan tanaman terarium, Dian Mutiara, M.Si bertajuk jenis-jenis tumbuhan yang berpotensi untuk dikembangkan dalam terarium

Sementara tinjauan umum botani ekonomi dalam pengembangan terarium disampaikan oleh Trimin Kartika, S.Pd.,M.Si tinjauan umum botani ekonomi dalam pengembangan terarium., media tanam yang tepat untuk terarium disampaikan oleh Drs. Syamsul Rizal, M.Si, Peluang terrarium sebagai produk kewirausahaan. Disampaikan oleh Dra. Rosinta Parapat, M.Si, terarium sebagai media pembelajaran bagi siswa.

(Suasana PkM)

Pelaksanaan PkM dilakukan dengan metode penyuluhan/pengajaran teori dengan cara tatap muka langsung dan simulasi, dengan menerapkan protokol kesehatan disampaikan oleh Dra. Marmaini, M.P dan potensi terarium dalam pembuatan HKI dan Paten disampaikan oleh Dwi Warsari, S.H., M.H.

Ketua PkM Dewi Rosanti, M.Si mengatakan PkM Ini salah satu implementasi program wajib harus dilakukan dosen sebagai syarat melengkapi Tri Dharma perguruan tinggi/ tugas dosen yang dibiayai pihak kampus. Permasalahan yang sering ditemui saat ini, sangat jarang siswa SMA membuat usaha entrepreneur berbasis pelajaran IPA. Berangkat dari situlah Tim PkM mengadakan PkM mengajak para peserta Bagaimanakah mengimplementasikan pelajaran IPA menjadi sarana entrepreneur siswa, khususnya siswa SMA Negeri Sindang Danau Kabupaten OKUS.

Lanjutnya, PkM ini berupa penyuluhan dan simulasi pembuatan terrarium dari beberapa jenis tumbuhan dalam media gelas dan toples kaca kecil yang diharapkan pemahaman siswa dalam tahapan pembuatan terrarium dan berharap memalui PkM ini informasi dalam bentuk penyuluhan dan praktek langsung kewirausahaan kepada siswa-siswi SMA Negeri Sindang Danau Kabupaten OKU Selatan tentang pembuatan terrarium.

“Salain itu siswa-siswi dapat menginformasikan dan sekaligus mempromosikan keberadaan program studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang kepada masyarakat khususnya siswa SMA Negeri Sindang Danau Kabupaten OKU Selatan yang merupakan calon-calon mahasiswa,” unarnya.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dewi Novianti, S.Si., M.Kes. menyampaikan bahwa dengan ditandatanganinya MoU, MoA dan PKS pada hari ini sudah menjadi bagian dari Universitas PGRI Palembang.

Lanjutnya, bahwa ditahun ini Universitas PGRI Palembang juga telah membuka 3 Program Studi baru yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Saintek (S1). Dan Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa bagi guru dan anak guru, berupa diskon biaya kuliah baik S1 dan S2.

“Khusus Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi dan Budidaya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang memberikan kuota kuliah gratis. Juga tersedia beasiswa KIP untuk semua Program Studi,” jelasnya.

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50%.

(Foto bersama)

Ditambahkan Dewi, bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 25% serta bebas uang pendaftaran.

Dijenjang S-2, Universitas PGRI Palembang juga memiliki tiga prodi unggulan yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Dan sebagai Cyber University, Universitas PGRI Palembang telah menerapkan teknologi dalam perkuliahan yakni dengan menggunakan Sisfo.

“Dan berbagai terobosan, kemudahan dan diskon tersebut merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Ibu Dr. Hj. Meilia Rosani, SH, M.H, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr. H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR,” terangnya.

Di tempat yang sama Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Sindang Danau, Kabupaten OKUS Noviana Mahmudah, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih sekolahnya sebagai tempat pelaksanaan PkM. “Semoga dengan PkM ini diharapkan bermanfaat bagi siswa dan guru dalam mengelola entrepreneur bagi siswa,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button