PGRI

............

Pendidikan

Dosen FKIP UPGRIP Ajarkan AKM Bagi Guru SMAN 1 Talang Ubi

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, para dosen FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) memberikan sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi para guru di SMAN 1 Talang Ubi Kabupaten PALI melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Kegiatan sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya dalam Pembelajaran bagi guru untuk dapat mengembangkan kompetensi bagi peserta didik.

PkM ini diketuai oleh Dr. Nila Kesumawati, M.Si, yang beranggotakan Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, S.Si., M.Pd, Dra. Jumroh, M.Pd, Ety Septiati, S.Si., M.T, Dr. Eka Fitri Puspa Sari, M.Pd. dan Putri Fitriasari, M.Pd serta dibantu oleh 2 mahasiswa Pendidikan Matematika yakni Linda Lestari, Fadhilah dan alumni Program Studi Pendidikan Matematika Endro, S.Pd.

Selain kegiatan PkM dan sosialisasi dilakukan juga Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang dan SMAN 1 Talang Ubi Kabupaten PALI.

Naskah MoA ditandatangani oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UPGRIP Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, S.Si., M.Pd dengan kepala sekolah SMAN 1 Talang Ubi Kabupaten PALI Jainul Abidin, S.Pd., M.Pd.

(Foto setelah penandatangan MoU antara FKIP UPGRIP dan SMAN 1 Talang Ubi Pali)

Ketua PkM Dr. Nila Kesumawati, M.Si mengatakan peluang untuk pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan PkM ini antara lain membekali guru tentang Asesmen Kompetensi Minimal (AKM), dan mensosialisasikan AKM dan implikasinya dalam pembelajaran bagi guru untuk dapat mengembangkan kompetensi peserta didik.

“Dan bermanfaat dari literasi membaca dan numerasi untuk bisa belajar sepanjang hayat dan berkontribusi pada masyarakat. Hal tersebut secara umum dapat digunakan sebagai upaya untuk mengembangkan potensi peserta didik secara utuh,” ujarnya.

Secara khusus pemanfaatan hasil AKM adalah AKM tidak mengukur secara spresifik capaian belajar pada mata pelajaran, namun pelaporan hasil AKM dapat dimanfaatkan untuk perbaikan proses pembelajaran mata pelajaran, Pelaporan tingkat kompetensi dapat dimanfaatkan guru untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas.

Tak hanya itu, guru diharapkan menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi peserta didik.
diikuti oleh semua guru bidang studi
SMAN 1 Talang Ubi Kabupaten PALI.

(Prosesi Penandatanganan MoU antara FKIP UPGRIP dan SMAN 1 Talang Ubi Pali)

Narasumber dalam kegiatan PkM tersebuat adalah dosen dosen yang tergabung dalam PkM SMAN I Talang Ubi Kabupaten PALI PkM Dr. Nila Kesumawati, M.Si membawakan materi tentang Karakteristik Soal Asesmen Kompetensi Minimum, Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, S.Si dengan materi berjudul Karakteristik Pembelajaran Berorientasi AKM , Dra. Jumroh, M.Pd. materi berjudul Meningkatkan Literasi Membaca.

Sedangakan Ety Septiati, MT materi berjudul Meningkatkan Literasi Numerasi, Dr. Eka Fitri Puspa Sari, M.Pd. berjudul Mengembangkan Kreativitas dan Putri Fitriasari, M.Pd dengan materi berjudul Berpikir Kritis dan Membuat Keputusan.

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UPGRIP Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, S.Si., M.Pd menyampaikan beberapa keunggulan Universitas PGRI Palembang dan menginformasi bahwa di tahun ini Universitas PGRI Palembang telah membuka 3 Program Studi S1 baru yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (S1). Dan yang terbaru adalah telah dibukanya Magister Pendidikan Jasmani (S2).

“Khusus Prodi Pendidikan Fisika FKIP, Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi serta Prodi Budi Daya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa terbatas dan juga tersedianya beasiswa KIP untuk semua Program Studi,” jelasnya.

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apabila orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 %.

Selanjutnya, bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 25% serta bebas uang pendaftaran.

Dijenjang S-2, Universitas PGRI Palembang memiliki empat prodi unggulan yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia dan yang terbaru dibuka Pendidikan Jasmani. Sebagai Cyber University, Universitas PGRI Palembang telah menerapkan teknologi dalam perkuliahan yakni dengan menggunakan Sisfo.

“Dan berbagai terobosan, kemudahan dan diskon tersebut merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Ibu Dr. Hj. Meilia Rosani, SH, M.H, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr. H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala SMAN 1 Talang Ubi Kabupaten PALI Jainul Abidin, S.Pd., M.Pd. mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim PkM.

“Semoga para guru SMAN 1 Talang Ubi Kabupaten PALI dapat menerapkan apa yang telah diperoleh di kelas yang diampunya dan menyambut antusias yang tinggi dalam mengikuti kegiatan PkM ini. hal ini terlihat dari jawaban peserta yang menyatakan 100% akan mengikuti kegiatan seperti ini jika ada lagi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button