PGRI

............

Pendidikan

Dosen FKIP UPGRIP Berikan Penyuluhan Penggunaan Internet Secara Bijak di SMKN 1 Kelapa

SumselMedia.Com, Palembang-

Tak bisa dipungkiri, arus informasi yang semakin pesat tanpa disertai pengetahuan yang cukup tentu sangat rentan memberi dampak buruk terhadap perkembangan remaja sebagai pengguna aktif internet.

Guna mengantisipasi hal ini terus terjadi dan semakin berkembang bagi generasi muda, maka Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Penyuluhan tentang Penggunaan Internal secara bijak di SMKN 1 Kelapa.

Tim PkM yang terdiri dari dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang yang di ketuai oleh Ermini, S.H., M.M. yang beranggotakan Ramanata Disurya, M.H., Layang Sardana, M.H., Suryati, M.H., Sri Wahyuningsih, M.H., Sri Husnulwati, M.H. dan Yanuar Syam Putra, M.H. serta di bantu oleh dua mahasiswa yaitu Sinta Rahayu dan Yunita Mar’atus Soleha.

Menurut Ketua PkM Ermini, S.H., M.M mengatakan PkM ini dilaksanakan guna membekali peserta didik tentang pemahaman dan pemanfaatan access internet sehat dan aman (INSAN) sehingga terwujudnya peserta didik yang berkualitas dan berkarakter, selain itu dapat menambah wawasan dan pengetahuan peserta didik sehingga dapat memanfaatkan access internet sebaik-baiknya dalam kehidupan sehari-hari.

(Suasana Pengabdian kepada Masyarakat)

“Dengan harapan setelah dilakukannya sosialisasi tersebut, para peserta dalam hal ini peserta didik dapat memahami dan merealisasikan/mengimplementasi ilmu yang mereka dapat tentang pentingnya penerapan empat pilar dalam kehidupan berbangsa bernegara,” ujarnya.

Dengan mereka mengimplementasikan hal tersebut maka akan terjadi perubahan sikap dan sikap mereka sebagai peserta didik yang memiliki karakter yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan.
Narasumber pada kegiatan ini adalah dosen-dosen FKIP Universitas PGRI Palembang yang berjumlah 7 (tujuh) orang dosen dan 2 (dua) orang Mahasiswa. Adapun materi yang di paparkan adalah Menjadi Peserta didik yang cerdas Digital dinarasumberi oleh Ermini, S.H., M.M., Menerapkan nilai-nilai Pancasila agar terciptanya internet sehat dan aman (INSAN) oleh Ramanata Disurya, M.H., Etika dalam bermedia sosial oleh Suryati, M.H.

Kemudian Layang Sardana, M.H. tentang Penggunaan Internet Sehat Dalam Menghadapi Bullying Di Kalangan Peserta Didik, Sri Wahyuningsih, M.H. tentang Pendidikan Pancasila sebagai filter dalam pnggunaan internet yang tepat guna dalam pembelajaran siswa, Sri Husnulwati, M.H tentang Media sosial metode pembelajaran yang efektif dan efisien dan Yanuar Syam Putra, M.H. tentang Pengembangan Media Internet dalam Peserta Didik di SMKN 1 Kelapa.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Kelapa Ir. Zaryati mengungkapkan rasa terimakasih dan apresiasi kepada Tim PKM FKIP UPGRIP yang telah berbagai ilmu dan wawasannya.

“Semoga apa yang disampaikan oleh para dosen dalam kegiatan PkM dapat bermanfaat bagi para peserta didik hal ini merupakan salah satu cara untuk membantu peserta didik kami dalam memahami dan menggunakan internet dalam segala aspek kehidupan (untuk education, e-commerce¬ł game, dan sosial media),” pungkasnya.

Back to top button