PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Dosen Pascasarjana Universitas PGRI Palembang Gelar Sosialisasi, MoU dan PKM di SMAN 1 Pemulutan Barat

 

SumselMedia.Com, Ogan Ilir-

Guna meningkatkan kualitas dan keterampilan guru dalam membuat karya ilmiah, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Universitas PGRI Palembang menggelar pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SMA Negeri 1 Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir, Senin (23/8/2021).

Tim PkM dari Manajemen Pendidikan, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang yang terdiri dari tujuh orang dosen yang diketuai oleh Dr Darwin Effendi, MPd.

Sementara anggota tim PkM Dr Tahrun, MPd, Dr Mulyadi, MA, Dr Yeni Puspita, MPd, Dr Sri Wahyu Indrawati, MPd, Dr Emmawati, MPd, dan Dr Achmad Wahidy, MPd serta dibantu oleh dua mahasiswa Elfajri Karisman dan Fitri Firmansyah.

(Prosesi Penandatanganan MoU oleh Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd dengan Kepala SMA Negeri 1 Pemulutan Barat, Drs Eddy Bahtiar)

Sebelum pelaksanaan PkM didahului dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd dengan Kepala SMA Negeri 1 Pemulutan Barat, Drs Eddy Bahtiar.

Rektor Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd dalam sambutannya menyampaikan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel.

(Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd dengan Kepala SMA Negeri 1 Pemulutan Barat, Drs Eddy Bahtiar saat menunjukkan berkas MoU)

Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen.

Ditambahkan Sukardi, bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon atau keringanan SPP sampai 25 persen.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Dr Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

(Siswa dan guru SMAN 1 Pemulutan Lahat saat menjadi peserta pada PkM Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang)

Sementara itu, Ketua Tim PkM Dr Darwin Effendi, MPd menjelaskan kegiatan PkM ini dilakukan secara rutin satu semester sekali bertujuan untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Tujuan lain untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan wawasan pengetahuan guru tentang pelaksanaan dan pembuatan laporan hasil PTK.

“Kita berharap setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat mendeskripsikan bagian-bagian PTK, menjelaskan karakteristik PTK, mengidentifikasi dan merumuskan masalah, mengkaji teori, menganalisis data PTK, merencanakan tindakan, menyimpulkan, dan membuat saran serta membuat laporan akhir PTK dan membawa manfaat bagi guru,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala SMA Negeri 1 Pemulutan Barat, Drs Eddy Bahtiar mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih sekolahnya sebagai tempat pelaksanaan PkM.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah mengunjungi kami dalam rangka pelaksanaan PkM. Kegiatan pelatihan ini semoga dapat membantu seluruh guru mata pelajaran di SMA Negeri 1 Pemulutan Barat dalam menambah wawasan dan dapat memotivasi untuk melakukan penulisan karya ilmiah melalui PTK,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button