PGRI

............

Kabupaten/Kota

Dosen PPs UPGRIP Ajarkan Penulisan Penelitian PTK Bagi Guru SMAN 1 Kayu Agung OKI

 

SumselMedia.Com, OKI-

Fenomena guru masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai tahap persiapan dalam melaksanakan PTK, dan kesulitan melaksanakan PTK tersebut mencakup semua aspek. Tahap PTK dari setiap siklus dimulai dari Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi.

Kesulitan dalam menyusun PTK ini disebabkan karena guru-guru belum memiliki pemahaman yang jelas tentang PTK dan cara menyusun PTK yang benar, serta tidak berani mencoba karena takut.

Berangkat dari hal tersebut, Tim Dosen Magister Manajemen Pendidikan PPs UPGRIP berinisiasi menggelar Workshop Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 1 Kayu Agung OKI.

Tim merupakan Dosen tetap Program Studi Manajemen Pendidikan antara lain Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si.,CIQaR, Dr. H. Edi Harapan, M.Pd, Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H, Dr. Nur Ahyani, M.Pd, Dr. Yasir Arafat, M.M, Dr. Happy Fitria, M.Pd. CIQnR, Dr. Mahasir, M.Pd, Dr. H.M. Fahmi, S.T., M.Pd dan Dr. Heri Setiyo, M.AP.

Pada kesempatan itu, Dr. H. Edi Harapan, M.Pd menjelaskan bahwa penulisan PTK sangat penting dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, terampil menulis PTK menjadi satu kompetensi keharusan untuk dimiliki guru di SMA Negeri 1 Kayu Agung. Pelatihan ini diselenggarakan berdasarkan kebutuhan guru, direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi dengan melibatkan partisipasi aktif dari guru-guru, agar hasilnya benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan harapan guru.

“Pelatihan ini pada prinsipnya lebih ditekankan pada motivasi dan melibatkan kegiatan peserta. Penggunaan model pelatihan PTK secara kelompok /klasikal, maupun secara individual telah dapat mengatasi permasalah kesulitan guru dalam menyusun PTK. Minat, rasa percaya diri, dan kompetensi guru-guru dalam menyusun PTK semakin meningkat,” ujarnya.

Adapun materi yang disajikan adalah Penulisan Latar Belakang dengan Narasumber Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si.,CIQaR, Penulisan Abstrak oleh Dr. H. Edi Harapan, M.Pd, Penulisan Kajian Pustaka oleh Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H, Penulisan Metodologi Penelitian oleh Dr. Yasir Arafat, M.M.

(Antusias suasana PkM)

Sedangkan Penulisan Pembahasan Dr. Happy Fitria, M.Pd. CIQnR, Penulisan Kesimpulan dan Saran oleh Dr. Mahasir, M.Pd, Penulisan Daftar Pustaka oleh Dr. H.M. Fahmi, S.T., M.Pd dan cara Mensitasi oleh Dr. Heri Setiyo, M.AP
Sementara itu Rektor Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si.,CIQaR mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan dan kesempatan yang diberikan oleh pihak sekolah.

“Kami siap membantu siswa dan guru dalam bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian,” ujar Bukman
Pada kesempatan itu, Rektor Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si.,CIQaR menyampaikan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi Perguruan Tinggi pilihan,” terangnya.

Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel.

Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, Dosen dan Mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik Akademik, Penelitian, dan lainnya.
Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas Uang Pendaftaran.

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen.
Selanjutnya, bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon atau keringanan SPP sampai 25 persen.

“Kita mempunyai tiga Program Studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi,” pungkasnya.

3 Comments

  1. Wow, marvelous blog format! How lengthy have you been blogging for?
    you made blogging look easy. The full glance of your web site is excellent, let alone the content material!
    You can see similar here ecommerce

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button