PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Dosen Prodi Fisika FST UPGRIP Gelar PkM di SMA Methodist 4 Talang Kelapa Banyuasin

 

SumselMedia.Com, Banyuasin-

Guna melaksanakan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, para dosen Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) tak hanya konsen dalam bidang pendidikan dan penelitian, tapi juga memaksimalkan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Berangkat dari hal tersebut, tim dosen Program Studi (Prodi) Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UPGRIP mengggelar PkM di Aula Lantai 2, SMA Methodist 4 Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, Jumat (17/6/2022).

(tim dosen Program Studi (Prodi) Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UPGRIP saat mengggelar PkM di Aula Lantai 2, SMA Methodist 4 Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin)

PkM dengan tema “Pengelolaan Kualitas Air Berdasarkan Parameter Fisis Menggunakan Bahan Alami” tersebut dimulai dari pukul 07.00 WIB dan dihadiri Kepala SMA Methodist 4 Talang Kelapa Drs. Hulman Napitupulu, para guru, dan siswa SMA Methodist 4 Talang Kelapa.

PkM ini diketuai oleh Parmin Lumban Toruan, S.Si., M.T dengan anggota Atina, M.Si, Rahmawati, M.Pd, Joni Iswan, S.Sos., M.Si, Dr. Dui Yanto Rahman, M.Si, Dr. Rita Sulistyowati, M.Si. juga ikut mendampingi Ketua Program Studi Fisika Jumingin, M.Si bersama mahasiswa Program Studi Fisika Dinda Fifi Maulidya dan Yulia Agustina.

Menurut Parmin Lumban Toruan, S.Si., M.T bahwa pada dasarnya tidak ada satupun kehidupan di atas bumi ini dapat berlangsung tanpa adanya air. Namun ketersediaan air bersih yang siap dikonsumsi sudah tidak mampu lagi untuk mencukupi kebutuhan manusia karena pertumbuhan penduduk yang besar serta kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang masih rendah.

Air sebagai salah satu unsur penting di dalam proses metabolisme tubuh manusia dan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup merupakan anugerah dari Tuhan yang harus kita jaga.

“Sehingga dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, kami menggelar pelatihan di SMA 4 Methodis Talang Kelapa Banyuasin,” ujarnya.

(Foto bersama)

Pada PkM tersebut, kegiatan dilanjutkan laparan oleh semua dosen yang ikut PkM diawali oleh Presentasi Kulit pisang sebagai bahan penjernih air oleh Parmin Lumbantoruan, M.Si dan ditutup Presentasi Penjernihan air limbah tekstil menggunàkan Titanium Dioksida (TiO2) oleh Dr. Dui Yanto Rahman, M.Si.

Adapun materi yang lain adalah Pengetahuan Dasar Parameter Fisis Kualitas Air (Parameter Fisika, Biologi dan Kimia) oleh Atina,M.Si., Rangkaian Sederhana untuk Penjernian Air Menggunakan Bahan Alami oleh Joni Iswan, M.Si. , Teknologi Tepat Guna dalam Penjernihan Air oleh Dr. Rita Sukistyowati, M.Si.

Diakhir kegiatan ada kesepakatan bersama aktivitas ini akan ditingkatkan menjadi kerjasama antar lembaga antara Universitas PGRI Palembang Khususnya Fakultas Sains dan Teknologi dengan SMA Methodist 4 Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button