PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Dosen Prodi Geografi UPGRIP Gelar Sosialisasi, MoA dan Ajarkan Wirausaha di SMKN 2 Kayuagung

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebagai bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang menggelar Pelatihan Wirausaha di SMKN 2 Kayuagung.

Kegiatan PkM ini diketuai oleh Mega Kusuma Putri, M.Pd., dengan anggota Maharani Oktavis, M.Sc., Eni Heldayani, M.Sc., Helfa Septinar, S.Pd., M.Si., Nina Damayanti, S.Pd., M.Sc., dan Boby Agus Yusmiono, M.A., serta didampingi oleh 2 mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi FKIP UPGRIP yaitu Kanti dan Devi Permata Sari.

Kegiatan PkM bertema “Berwirausaha Berbasis Lingkungan Bagi Siswa SMK Negeri 2 Kayuagung” ini juga diikuti sosialisasi tentang kemudahan menempuh Pendidikan Tinggi di UPGRIP sebagai Kampus Melaju Dengan Mutu kepada 30 siswa yang menjadi peserta.

(Para siswa saat mengikuti PkM Dosen Pendidikan Geografi UPGRIP)

Dalam PkM tersebut disampaikan bahwa banyak sekali ragam bisnis berbasis lingkungan.  Mulai dari bisnis yang berkaitan dengan transportasi, produk-produk rumah tangga, bahkan sampai bisnis konsultan. Ragam bisnis serta produknya pun dapat di pecah lagi menjadi beberapa jenis. Sehingga ada banyak sekali pilihan yang bisa dijalankan.

Adapun materi yang disajikan oleh Helfa Septinar, M.Si, Nina Damayati, S.Pd., M.Sc, Boby Agus Yusmiono, MA adalah Berwirausaha Berbasis Lingkungan, Maharani Oktavia, M.Sc. Eni Heldayani, S.Si., M.Sc adalah Memahami Produk-produk yang bisa di daftarkan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dan Mega Kusuma Putri, M.Pd adalah Cara-cara Mendaftarkan HaKI.

Bersamaan dengan kegiatan PkM tersebut, juga dilaksanakan penandatangan Memorandum Of Agreement (MoA) antara Universitas PGRI Palembang dengan SMK Negeri 2 Kayuagung yang ditandatangani langsung oleh Ketua Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UPGRIP Maharani Oktavia, M.Sc dengan Kepala SMK Negeri 2 Kayuagung H. Anwar Sanusi, S.Pd., M.Si.

Menurut Ketua PkM Mega Kusuma Putri, M.Pd., bahwa metode yang digunakan saat pelaksanaan PkM ini adalah dengan menggunakan metode ceramah terbimbing dengan pendekatan student center approaches yang mana pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa.

Setelah narasumber menjelaskan materi PkM, para pemateri akan mendampingi siswa untuk menelaah produk-produk yang bisa di daftarkan HaKI. Kegiatan ini sangat bermanfaat sehingga siswa mampu Memahami Konsep Berwirausaha Berbasis Lingkungan Bagi Siswa SMK N 2 Kayuagung.

Acara juga dilanjutkan dengan sosialisasi kepada para siswa  dan dewan guru SMKN 2 Kayuagung untuk bisa melanjutkan studinya di Universitas PGRI Palembang, kampus melaju dengan mutu.

Ketua Progaram Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang Maharani Oktavia, M.Sc mengatakan di hadapan kepala sekolah,  guru dan siswa  tentang apa Keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan. Dirinya menjelaskan.  Universitas PGRI Palembang terakreditasi B yang dilengkapi fasilitas laboratorium 5 lantai dan perpustakaan lengkap. “Selain fasilitas lengkap. Universitas PGRI juga memiliki Akreditasi A terbaik di Sumsel,” jelasnya.

(Pemberian Kenang-kenangan dari UPGRIP dengan SMKN 2 Kayuagung)

Lanjutnya, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. orang tua siswa PNS dan anggota PGRI, akan mendapatkan diskon SPP hingga 50 persen dan bagi guru-guru akan melanjutkan S2 yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Univeritas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan keringanan SPP sampai 25 persen.

Sementara itu Kepala SMKN 2 Kayuagung H. Anwar Sanusi, S.Pd., M.Si   berharap setelah diadakan PkM bagi siswa-siswi SMKN 2 kayuagung dapat lebih menghargai lingkungan serta  Menambah pengetahuan siswa dalam mengelolah, memanfaatkan dan mengubah sesuatu yang dianggap tidak layak menjadi sesuatu yang berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button