PGRI

............

holiday angkasa wisata
Sumsel

Gelar PkM, Dosen Prodi Ilmu Perikanan UPGRIP Sampaikan Bahaya Konsumsi Ikan Berpengawet di MAS Miftahul Ulum OKI

 

SumselMedia.Com, OKI

Tim Dosen Program Studi (Prodi) Ilmu Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Miftahul Ulum Sungai Lumpur, Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).
Kegiatan penyuluhan dan pelatihan penanganan dengan tema “Bahan Baku dan Identifikasi Bahan Berbahaya Pada Produk Hasil Perikanan ini juga diikuti sosialisasi, MoU dan MoA antara UPGRIP dan MAS Miftahul Ulum Sungai Lumpur, Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir.
Dalam kesempatan itu, pentingnya informasi tentang bahaya mengkonsumsi produk perikanan yang mengandung bahan pengawet berbahaya harus disosialisasikan kepada masyarakat.
(Suasana MoU dan MoA UPGRIP dengan MAS Miftahul Ulum Sungai Lumpur Kabupaten Cengal, OKI)
Melalui peran lembaga pendidikan seperti Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah sederajat diharapkan dapat mengoptimalkan kegiatan sosialisasi dengan melibatkan para pemuda-pemudi yang terdidik. Sehingga melalui kegiatan ini peran siswa-siswi dapat menginformasikan kepada keluarga dan masyarakat luas tentang bahaya mengkonsumsi produk perikanan berpengawet dapat menyebar kepada masyarakat luas.

Kalangan pelajar SMA yang ada di sekolah merupakan kelompok khalayak sasaran yang mempunyai potensi yang baik dan rasa keingintahuan yang tinggi terhadap suatu perubahan dan kemajuan zaman untuk mengembangkan potensi diri.

Kegiatan PkM ini diketuai oleh Sofian, SPi., M.Si,  beranggotakan Indah Anggraini Yusanti,S.Si., M.Si,  Fitra Mulia Jaya,S.Pi., M.Si,  Dr. Neny Rochyani, MT,  Rih Laksmi Utpalasari, SP., MP,  Dr. Eng. Riya Liuhartana, S.TP., M.Si, serta didampingi oleh 2 mahasiswa Program Studi Ilmu Perikanan dan Kelautan UPGRIP yaitu Rahul dan Andrian Syahputra yang merupakan mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Perikanan UPGRIP serta alumni Diki Pradiansyah.
(Suasana MoU dan MoA UPGRIP dengan MAS Miftahul Ulum Sungai Lumpur Kabupaten Cengal, OKI)
Adapun materi yang disajikan oleh  Indah Anggraini Yusanti, SSi., Msi yaitu Identifikasi Bahan Pewarna Makanan, Sofian, SPi., Msi Manfaat Mengkonsumsi Produk Ikan, Dr. Eng. Riya Liuhartana, S.TP., M.Si yaitu Karakteristik Fisika, Kimia Perikanan, Fitra Mulia Jaya, S.Pi., M.Si yaitu Identifiksi Formalin Tes Kit, Rih Laksmi Utpalasari,SP.M.Si yaitu Penanganan Produk Hasil Perikanan dan Dr. Neny Rochyani, M.T yaitu Deteksi cepat Produk Berformalin.

Bersamaan dengan kegiatan PkM tersebut, juga dilaksanakan penandatangan  Memorandum Of Understanding (MoU) ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si., CIQaR diwakili oleh  Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang Indah Anggraini Yusanti,S.Si., M.Si dengan Kepala MAS Abdul Aziz, S.H serta penandatanganan  Memorandum Of Agreement (MoA) antara program studi Ilmu Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP dengan MAS yang ditandatangani langsung oleh Kaprodi Ilmu Perikanan Universitas PGRI Palembang Sofian, SPi., M.Si dengan Kepala MAS Abdul Aziz, S.H.

Menurut Ketua PkM Sofian, SPi., M.Si mengatakan tujuan dari kegiatan PkM ini adalah meningkatkan pengetahuan siswa-siswi dan guru-guru di MAS Miftahul Ulum Sungai Lumpur tentang penanganan komoditas hasil perikanan yang baik dan benar.
Sehingga peserta dapat mengetahui ciri-ciri komoditas perikanan yang mengandung zat pengawet berbahaya seperti formalin sehingga mereka dapat menyebarkan informasi kepada masyarakat dan berharap dengan terjalinnya kerjasama MoA maka diharapkan dapat meningkatkan minat siswa-siswi calon mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang.
Acara juga dilanjutkan dengan sosialisasi kepada para siswa  dan dewan guru MAS untuk bisa melanjutkan studinya di Universitas PGRI Palembang, kampus melaju dengan mutu.

 

(Suasana MoU dan MoA UPGRIP dengan MAS Miftahul Ulum Sungai Lumpur Kabupaten Cengal, OKI)

Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang Indah Anggraini Yusanti, S.Si.,M.Si  mengatakan di hadapan kepala sekolah,  guru dan siswa  tentang apa Keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan. Dirinya menjelaskan, Universitas PGRI Palembang terakreditasi B yang dilengkapi fasilitas laboratorium,” jelasnya.

Lanjutnya, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Orang tua siswa PNS dan anggota PGRI, akan mendapatkan diskon SPP hingga 50 persen dan bagi guru-guru akan melanjutkan S2 yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Univeritas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan keringanan SPP sampai 25 persen.

Sementara itu Kepala MAS berharap setelah diadakan PkM bagi siswa-siswi dan dewan guru  berharap setelah para siswa-siswi dan para guru di lingkungan MAS Miftahul Ulum Sungai Lumpur dapat memahami, mengetahui dan mempraktekkan pengetahuan yang didapat dan lebih merasakan manfaat keberadaan Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP.

“Selain itu harapannya semakin banyak masyarakat secara umum maupun guru-guru yang menjadikan Universitas PGRI Palembang khususnya Fakultas Perikanan dan Kelautan sebagai salah satu lembaga pendidikan pilihan bagi anak-anaknya untuk meneruskan ke jenjang perkuliahan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button