PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Dosen Prodi PGSD UPGRIP Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah di SDN 187 Palembang

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebagai bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari salah satu peran Tri Dharma Perguruan Tinggi, para dosen Program Studi (Prodi) PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar pelatihan penulisan artikel ilmiah di SDN 187 Palembang.

PkM tersebut diketuai oleh Rury Rizhardi, M.Pd. dengan keempat anggota Imelda Ratih Ayu, M.Pd, Uppy Raudotul Jannah, M.Pd, David Budi Irawan, M.Pd, dan Moh. Reza Ifnuari, M.Pd, serta di bantu oleh mahasiswa PGSD Sri Mulyani.

Masing masing dosen menyampaikan berbagai materi yang berbeda yakni Pengantar Karya Tulis Ilmiah disampaikan oleh Rury Rizhardi, M.Pd, Komponen Karya Tulis Ilmiah disampaikan oleh Imelda Ratih Ayu, M.Pd, Kiat menyusun Karya Tulis Ilmiah disampaikan oleh Uppy Raudotul Jannah, M.Pd, Penggunaan mendeley disampaikan oleh David Budi Irawan, M.Pd dan Daftar Jurnal Terakreditas disampaikan Moh. Reza Ifnuari, M.Pd.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pelaksana PkM Rury Rizhardi, M.Pd mengatakan selama ini guru lebih banyak disibukkan dengan aktivitas mengajar di kelas sehingga kewajiban membaca untuk pengembangan dirinya menjadi tidak terpenuhi.

(Para guru SDN 187 Palembang saat mengikuti pelatihan)

Selain itu, keterbatasan bahan bacaan yang bisa menjadi bahan tulisan dan tidak adanya rasa percaya diri dan kurangnya pengalaman untuk menulis serta ketidakpahaman guru atas bekal-bekal keilmuan untuk bisa terampil menulis.

“Berangkat dari kondisi tersebut, dosen-dosen Program Studi Pendidikan PGSD FKIP, Universitas PGRI Palembang merasa perlu menyelenggarakan pelatihan menulis untuk para guru dengan di selenggarakannya PkM,” ujarnya.

Lanjutnya  PkM Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam bentuk workshop bagi guru SD ini merupakan rangkaian Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Palembang khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan PGSD.

Pelatihan dan workshop ini diikuti oleh 30 peserta Guru dari SDN 187 Palembang. Kegiatan ini diadakan bertujuan agar para Guru dapat menyusun karya tulis ilmiah, dapat melakukan sitasi dan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya kemampuan menulis Karya Tulis Ilmiah

Sementara itu dikatakan Kepala sekolah SD Negeri 187 Palembang Berliana Silaen, S.Pd., M.Si  mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih SDN 187 Palembang tempat pelaksanaan PkM.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah mengunjungi kami dalam rangka pelaksanaan PkM semoga dapat membantu para guru SDN 187 palembang dalam meningkatkan menumbuhkan pengetahuan dan dapat menulis Karya Tulis Ilmiah secara mandiri dan meningkatnya kesadaran dan pemahaman guru tentang pentingnya kemampuan menulis Karya Tulis Ilmiah,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button