PGRI

............

Kabupaten/Kota

Dosen UPGRIP Ajak Guru SDN 1 Banyuasin 1 Manfaatkan Lingkungan Sebagai Bahan Ajar

 

SumselMedia.Com, Banyuasin-

Lingkungan sebagai sumber belajar semakin memperkuat wawasan dan pengetahuan karena siswa tidak terbatas oleh dinding kelas saja.

Bahkan, lingkungan menyediakan berbagai hal yang dapat dipelajari siswa dan guru. Guru dapat mengoptimalkan potensi lingkungan sebagai sumber belajar untuk siswa.

Berangkat dari hal tersebut, lima orang Dosen PGSD Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) memberikan pelatihan kepada guru dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.

(Pemberian kenang-kenangan)

Kegiatan PkM ini merupakan kegiatan wajib Dosen sebagai syarat memenuhi tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi terkhusus UPGRIP. Kegiatan yang didanai oleh Universitas PGRI Palembang ini dilakukan di SD Negeri 1 Banyuasin 1 dengan dibantu oleh pihak Koordinator Wilayah Banyuasin 1 Bapak Muhammad Iqbal, S.Pd. M.Pd.

Tujuan kegiatan pelatihan ini untuk memberikan pelatihan kepada guru – guru sebagai upaya memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, baik sebagai media ataupun sebagai pembelajaran langsung.

(Pemberian kenang-kenangan)

Ketua Panitia Sylvia Lara Syaflin, M.Pd dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang dilaksanakan pada senin, 28 November 2022 ini sebagai wadah penyegaran kepada para guru bahwa pembelajaran siswa Sekolah Dasar sebaiknya melibatkan lingkungan sekolah dan masyarakat sehingga pengalaman pembelajaran benar-benar dirasakan oleh siswa.

“Berbagai sumber belajar dari lingkungan dapat dimanfaatkan diantaranya taman, tanaman, sampah, koperasi sekolah dan lain sebagainya. Artinya guru tidak perlu menyiapkan media yang mahal tetapi guru dapat memanfaatkan lingkungan sebagai media dan sumber belajar siswa,” ujarnya.

Sementara itu Untara, S.Pd selaku yang mewakili Kepala Korwil Banyuasin 1 mengatakan kegiatan pelatihan ini sangat baik dan bermanfaat bagi para guru sehingga guru perlu mengikuti pelatihan ini sampai tuntas dan dapat mengaplikasikan pelatihan ini ke dalam kegiatan pembelajaran.

(Foto bersama)

“Mudah-mudahan pelatihan semacam ini terus dilakukan bukan hanya satu sekolah tetapi semua sekolah yang ada di wilayah Banyuasin 1 ini,” harapnya.

Pada PkM ini, sebagai pengisi materi, Adrianus Dedy, S.Fil., M.Pd, Sylvia Lara Syaflin, M.Pd, Puji Ayu Rahmawati, M.Pd. Sunedi, M.Pd dan Moh. Reza Ifnuari, M.Pd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button