PGRI

............

Pendidikan

Dosen UPGRIP Ajarkan Warga Jejawi OKI Tentang Penggunaan Panel Surya

 

SumselMedia.Com, OKI-

Jejawi merupakan salah satu Desa di Kecamatan Jejawi yang berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Mayoritas penduduk Jejawi berprofesi sebagai petani. Jejawi berpotensi sangat baik dalam proses pertanian, terutama dalam penanamam padi. Namun terkadang mengalami kendala, salah satunya adalah suplai air, karena belum adanya sistem irigasi.

Berangkat dari itulah tim Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Jejawi, OKI dengan mengadakan Sosialisasi tentang Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang akan digunakan sebagai sumber listrik bagi pompa air yang akan mengambil air dari aliran sungai di jejawi yang melimpah untuk mengairi area persawahan di desa Jejawi.

PkM UPGRIP ini diketuai oleh Emidiana, ST., MT dengan Ir. M. Saleh Al Amin, MT, Abdul Azis, ST, MT, Nita Nurdiana, ST, MT, Irine Kartika F, ST, MT, Perawati, ST, MT, Yudi Irwansi, ST, MT dibantu oleh staf fakultas dan prodi yaitu Ibrahim Ardana Kusuma dan Yuni Rosiati serta mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Rifqy Wijaya, Sigit Maretino dan Benny Napali.

(Suasana sosialisasi dan penandatanganan kerjasama)

Ketua PkM Emidiana, ST., MT mengatakan adapun sistem pembangkit tersebut terdiri dari panel surya, regulator, batere, inverter yang akan mensuplai beban berupa pompa air. “Dengan adanya pembangkit listrik tenaga surya untuk mensuplai pompa air tersebut, diharapkan dapat mengatasi kesulitan sumber air untuk mengairi sawah saat kemarau di Desa Jejawi,” ujarnya.

Lanjut Emi, dengan PkM ini diharapkan dapat memberi solusi bagi Masyarakat Desa Jejawi, yang masih mengairi persawahannya dengan sistem tadah hujan, agar dapat memanfaatkan air sungai untuk mengairi persawahan dengan menggunakan pompa air yang mendapat sumber listrik dari panel surya.

Selain diisi dengan kegiatan PkM, dalam kegiatan ini telah terjalin Kesepakatan dan Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Ketua Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Emidiana, ST., MT dengan Kepala Desa Jejawi. Berkas Nota Kesepakatan ini di tandatangani oleh Ketua Program Studi Teknik Elektro dan Kepala Desa Jejawi Zulkarnain, S.E.

Di hadapan warga desa Jejawi, Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir tim PkM juga memaparkan materinya, adapun materinya adalah Ir. M. Saleh Al Amin, MT dalam materi Perencanaan dan Perakitan Peralatan, Emidiana, ST, MT dengan tema sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Abdul Azis, ST, MT dengan tema Panel Surya.

Selanjutnya, Nita Nurdiana, ST, MT dengan materi SCC, Irine Kartika, F, ST, MT dalam materi Inverter, sedangkan Perawati, ST, MT bertemakan Batere dan Yudi Irwansi, ST, MT bertemakan pompa air

Sementara itu, Kepala Desa Jejawi, OKI Zulkarnain, S.E mengungkapkan rasa senang nya, berterimakasih kepada tim dosen PkM Universitas PGRI Palembang.
“Semoga menambah pengetahuan warga desa Jejawi khususnya tentang sistem pembangkit tenaga listrik menggunakan panel surya Jejawi dan masyarakat desa Jejawi dapat mengairi sawahnya saat musim kemarau dengan memanfaatkan air sungai,”harapnya.

Ditempat yang sama Dekan Fakultas Teknik UPGRIP, Amiwarti, ST, MT menyampaikan beberapa keunggulan UPGRIP dengan menginformasi bahwa di tahun ini Universitas PGRI Palembang telah membuka 3 Program Studi S1 baru yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (S1). Dan yang terbaru adalah telah dibukanya Magister Pendidikan Jasmani (S2).

“Khusus Prodi Pendidikan Fisika FKIP, Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi serta Prodi Budi Daya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa terbatas dan juga tersedianya beasiswa KIP untuk semua Program Studi,” jelasnya.

(Foto bersama)l

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apabila orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50%.

Selanjutnya, bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 25% serta bebas uang pendaftaran.

Dijenjang S-2, Universitas PGRI Palembang memiliki empat prodi unggulan yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia dan yang terbaru dibuka Pendidikan Jasmani. Sebagai Cyber University, Universitas PGRI Palembang telah menerapkan teknologi dalam perkuliahan yakni dengan menggunakan Sisfo.

“Dan berbagai terobosan, kemudahan dan diskon tersebut merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Ibu Dr. Hj. Meilia Rosani, SH, M.H, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr. H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button