PGRI

............

Pendidikan

Dosen UPGRIP Sosialisasi Tentang Hidup Sehat di TK Melati Ogan Ilir

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Tim Dosen Program Studi Pendidikan Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar sosialisasi tentang hidup sehat di TK Melati Terpadu, Ogan Ilir.

PkM hidup sehat tersebut diwujudkan agar meningkatkan pengetahuan orang tua dan pendidik PAUD sehingga dapat mengimplementasikan
nya pada anak menuju terwujudnya anak usia dini yang sehat, bergizi dan cerdas, serta tercegahnya dari masalah stunting atau satu keadaan malnutrisi yang berhubungan dengan ketidakcukupan zat gizi masa lalu sehingga termasuk dalam masalah gizi yang bersifat kronis.

PkM dengan “Literasi Stunting untuk Anak Usia Dini” ini diketuai oleh Fatma Rizki Intan, M.Pd yang beranggotakan 7 Dosen Program Studi PG PAUD yakni Melinda Puspita Sari Jaya, M.Pd, Santa Idayana Sinaga, M.Pd, Dessi Andriana, S.Pd AUD, M,M., Mardiana Sari, M.Pd, Padilah,M.Pd, Rahmah Novianti, S.Sos, M.Pd dan Tuti Firdayani, M.Pd serta dibantu oleh dua mahasiswa Susanti dan Sophi Sopyanti.

(Suasana PkM di TK Terpadu Melati, Ogan Ilir)

Ketua PkM Fatma Rizki Intan, M.Pd mengatakan kegiatan PKM ini dilakukan guna mensosialisasi keilmuan yang dapat memberikan informasi dan nilai tambah yang dibutuhkan masyarakat.

“Kami sangat senang dengan antusiasme dan keaktifan para peserta berupa tanya jawab, sharing, dan tanggapan dalam mengikuti sosialisasi parenting Literasi Stunting untuk Anak Usia Dini di TK Melati Terpadu Desa Parit Kabupaten Ogan Ilir,” ujarnya.

Lanjutnya, melalui kesempatan tersebut juga diharapkan para guru, pendidik/calon pendidik maupun orang tua siswa dapat mengerti, memahami dan mengetahui permasalahan stunting pada anak usia dini.

Sehingga dapat memberikan informasi lebih lengkap tentang permasalahan stunting pada anak, berguna bagi guru dan orangtua dalam mengatasi permasalahan stunting pada anak. Diharapkan juga hal ini sebagai motivasi dan referensi PkM PG-PAUD agar setelah melakukan PkM ini muncul PkM baru sehingga dapat menumbuhkan inovasi dalam pengembangan maupun pemerolehan dalam Pengabdian kepada Masyarakat.

Pada PkM tersebut, para Dosen menyampaikan materi yakni Melinda Puspita Sari Jaya, M.Pd mengusung tema pengertian Stunting dan Kenali Penyebab Stunting pada Anak, Dessi Andriana, S.Pd AUD, M,M dengan materi Faktor Faktor Penyebab Stunting pada Anak , Padilah,M.Pd dengan materi Identifikasi ciri ciri anak Stunting.

Selanjutnya, Fatma Rizki Intan, M.Pd dengan tema Dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh Stunting, Santa Idayana Sinaga, M.Pd mengusung tema Langkah langkah untuk mencegah Stunting pada anak, Tuti Firdayani, M.Pd dengan materi Definisi dan ciri ciri anak sehat, dan Rahmah Novianti, S.Sos, M.Pd dengan tema Usaha Penyuluhan Kesehatan.

Sementara itu Ketua Program Studi Pendidikan PG PAUD Melinda Puspita Sari Jaya, M.Pd menyampaikan beberapa keunggulan Universitas PGRI Palembang dan menginformasi bahwa di tahun ini Universitas PGRI Palembang telah membuka 3 Program Studi S1 baru yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (S1). Dan yang terbaru adalah telah dibukanya Magister Pendidikan Jasmani (S2).

“Khusus Prodi Pendidikan Fisika FKIP, Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi serta Prodi Budi Daya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa terbatas dan juga tersedianya beasiswa KIP untuk semua Program Studi,” jelasnya.

(Suasana PkM di TK Terpadu Melati, Ogan Ilir)

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apabila orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 %.

Selanjutnya, bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 25% serta bebas uang pendaftaran.

Dijenjang S-2, Universitas PGRI Palembang memiliki empat prodi unggulan yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia dan yang terbaru dibuka Pendidikan Jasmani. Sebagai Cyber University, Universitas PGRI Palembang telah menerapkan teknologi dalam perkuliahan yakni dengan menggunakan Sisfo.

“Dan berbagai terobosan, kemudahan dan diskon tersebut merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Ibu Dr. Hj. Meilia Rosani, SH, M.H, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr. H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR,” terangnya.

Sementara itu, Kepala TK Melati Terpadu Desa Parit Kabupaten Ogan Ilir Rizky Sapriani,S.T M.Pd mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim PkM. Menurutnya kegiatan sosialisasi ini sangat memberikan manfaat untuk menambah pengetahuan mengenai Literasi Stunting untuk Anak Usia Dini yang sangat dibutuhkan bagi orangtua, guru, dan masyarakat sebagai salah satu alternatif dalam menambah wawasan ilmu untuk orangtua serta usaha pelayanan kesehatan anak yang diterapkan di lembaga-lembaga PAUD.

“Melihat manfaat dari kegiatan ini sangat penting untuk kebutuhan orangtua dan guru, diharapkan kegiatan PkM ini dapat dilaksanakan secara rutin,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button