Politik

DPR RI Minta Gubernur Sumsel Keluarkan Pergub Pemberian Dana Hibah Bagi NPCI Kabupaten/Kota di Sumsel

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Anggota DPR RI meminta Gubernur Sumsel mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pemberian dana hibah bagi National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) kabupaten/kota di Sumsel.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Anggota Komisi X DPR RI Desi Ratna Sari bersama rombongan pada Program
Reses Komisi X DPR RI Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022 di Sumsel yang digelar di Auditorium Pemprov Sumsel, Jumat (17/12/2021).

Turut hadir dalam reses tersebut belasan anggota Komisi X DPR RI, Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya, Kabiro Ekonomi Pemprov Sumsel H Afriaj Joni SE MM, Kadisdik Sumsel, KONI Sumsel, para Forkompinda dan organisasi terkait.

Desy menyampaikan hal tersebut merespon aspirasi yang disampaikan oleh Ketua NPCI Sumsel Ryan Yohwari tentang kondisi NPCI Kabupaten/Kota yang belum semua menerima dana hibah sehingga dibutuhkan Pergub terkait dukungan anggaran.

(Foto bersama Anggota Komisi X DPR RI bersama Wagub Sumsel dan tamu undangan Reses di Auditorium Pemprov Sumsel)

“Jadi memang NPCI ini butuh Pergub dan Perbup atau Perda sehingga bisa diiimplementasikan dana hibah di setiap NPCI di kabupaten/kota di Sumsel,” ujar Desy Ratna Sari.

Ia menambahkan bahwa sebelumnya Komisi X DPR RI juga pernah membahas tentang kesejahteraan atlet dan tenaga keolahragaan.

Hal tersebut mengingat masa depan para patriot olahraga ketika tidak menjadi atlet lagi. Sehingga masyarakat tidak takut lagi anak-anaknya menjadi atlet karena Pemerintah menjamin kesejahteraannya.

Sebelumnya, Ketua NPCI Sumsel Ryan Yohwari menyampaikan aspirasi bahwa NPCI Sumsel telah menorehkan prestasi 9 besar di Peparnas Papua, multi event setara PON bagi atlet disabilitas. Prestasi tersebut selayaknya diimbangi dengan dukungan anggaran bagi NPCI di Kabupaten/Kota sebagai proses pembibitan atlet di daerah.

Ia mengapresiasi Gubernur Sumsel yang begitu baik memberikan dana hibah bagi NPCI Sumsel beberapa tahun kebelakangan. Hanya saja, kebijakan Gubernur Sumsel tersebut tidak semua diikuti oleh kabupaten/kota di Sumsel. Sebagai bukti beberapa NPC di kabupaten/kota di Sumsel ada yang belum mendapat dana hibah.

“Begitu juga soal pendidikan, kalau di umum itu ada SONS bagi atlet umum. Kami ini penyandang disabilitas, kepengen juga bisa mengenyam pendidikan. Apalagi disini hadir juga dari Dinas Pendidikan. Mohon kami bisa diakomodir,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button