PGRI

............

Pendidikan

Fakultas Teknik UPGRIP Banjir Prestasi Mahasiswa dan Dosen

SumselMedia.Com, Palembang-

Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) sebagai salah satu Perguruan Tinggi bergengsi di Sumsel terus berkomitmen dengan motto “Melaju Dengan Mutu”. Bahkan, sejumlah Fakultas di UPGRIP pun banjir prestasi, baik dosen maupun mahasiswanya.

Salah satunya adalah Fakultas Teknik UPGRIP dibawah pimpinan Dekan Fakultas Teknik UPGRIP Ir. Amiwarti, S.T., M.T. sejumlah prestasi pun mengalami akselerasi, walaupun Fakultas ini baru berdiri sejak tahun 2000.

Pada tahun 2000 sebagai jawaban atas meningkatnya permintaan akan tenaga terampil di bidang teknik, Universitas PGRI Palembang mendirikan Fakultas Teknik. Seiring berjalannya waktu Fakultas Teknik tumbuh dan berkembang menjadi salah satu Fakultas favorit yang sangat diminati oleh generasi muda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Strata 1 (S 1). Fakultas Teknik UPGRIP memiliki 3 (tiga) Program Studi yaitu Teknik Civil, Teknik Kimia, dan Teknik Elektro.

(Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, MM., M.Si., CIQaR bersama dosen berprestasi)

“Dengan mengusung Visi, yakni : “Pada tahun 2027 menjadi Fakultas Teknik yang unggul, berdaya saing dan berkarakter dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis mutu”, Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang terus beradaptasi dengan perubahan zaman sesuai dengan perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Ir. Amiwarti, S.T., M.T.

Lanjutnya, bahwa hingga saat ini, Fakultas Teknik terus mengambil peran penting dalam menghasilkan tenaga kerja terampil dan mendorong inovasi dalam berbagai sektor, dengan terus mengikuti perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, Fakultas Teknik terus berupaya untuk mempersiapkan lulusannya agar siap menghadapi tantangan masa depan dalam dunia usaha dan industri.

Melalui dorongan dan motivasi ini kemudian banyak mahasiswa Fakultas Teknik UPGRIP melalui soft skill nya telah meraih berbagai prestasi semasa kuliah. Sebut saja misalnya mahasiswi Annisa Ramadhani telah meraih Juara Harapan 3 Lomba White Henna OPI Mall 2023, mahasiswa Lukman Hari meraih Juara 2 Kejuaran Silat Porprov. Sumsel XIV Lahat 2023, mahasiswa Fransiska Ramadhani : Juara 3 Kejuaran Futsal Porprov. Sumsel XIV Lahat 2023 dan Pemenang Hibah Kewirausahaan Kemenpora RI.

(Kegiatan mahasiswa)

“Tentu ini menjadi bukti bahwa Fakultas Teknik bukan hanya sekedar memiliki visi, misi dan tujuan tapi telah memiliki capaian berupa prestasi mahasiswa melalui dorongan dan motivasi para dosen pada saat perkuliahan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ir. Amiwarti, S.T., M.T menambahkan bahwa selain prestasi mahasiswa yang telah diraih, memang para dosen Fakultas Teknik UPGRIP sudah memiliki berbagai penghargaan. Melalui berbagai penghargaan ini para dosen berhasil mendorong mahasiswa untuk berprestasi.

Mulai dari Dr. Ir. Neny Rochyani, M.T., IPM., ASEAN.Eng yang merupakan Dosen Tetap Program Studi Teknik Kimia berhasil mengembangkan Eco Enzyme (pengelolaan sampah organik. Ia juga kerap menjadi narasumber tetap di bidang lingkungan pada kegiatan seminar, workshop dan lain-lain.

(Dosen UPGRIP yang menjadi narasumber tetap di TVRI Sumsel)

Kemudian Dr. Ian Kurniawan, M.Eng., IPM., ASEAN.Eng yang merupakan Dosen Tetap Program Studi Teknik Kimia yang menjadi narasumber tetap di TVRI Sumsel di bidang lingkungan. Emidiana, S.T., M.T Dosen Tetap Prodi Teknik Elektro yang kini berhasil meraih
Best Presenter di Seminar Nasional 8th ACE pada Andalas Civil Engineering Conference. dan Dr. Nabila Aprianti, S.T Teknik Kimia yang berhasil meraih penghargaan sebagai Dosen Inovatif Tingkat Provinsi Sumsel juara terbaik III kategori dosen inovatif 2023 yang saat ini berasa di BRIN.

Keunggulan Fakultas Teknik UPGRIP tidak hanya tercermin dalam prestasi akademik dan penelitian, tetapi juga dalam kontribusinya terhadap pembangunan. Dengan semangat inovasi dan dedikasi yang tinggi, Fakultas Teknik terus memberikan manfaat di Provinsi Sumatera Selatan dengan menciptakan perubahan positif dalam dunia yang terus berkembang.

“Jadi ini berbagai prestasi mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik yang telah diraih. Tahun ini, Fakultas Teknik UPGRIP kembali membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024/2025. Silahkan mendaftar langsung dengan mendatangi Unit Pelayanan Terpadu, Media Center UPGRIP atau bisa mendaftar secara online di https://pmb.univpgri-palembang.ac.id/,” terangnya.

Berikut ini berbagai keunggulan yang di miliki Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang antara lain:

1. Melahirkan lulusan ahli dalam bidang : Sistem Kelistrikan, Energi Terbarukan, Process Engineer, Produk Developer, Analis dan Konservasi Bahan Konstruksi.

2. Inovasi Teknologi : Dengan cara mendorong mahasiswa untuk terlibat dalam riset dan pengembangan teknologi baru.

3. Fakultas Teknik menekankan pada keterampilan praktis seperti desain, pemrograman, konstruksi, dan pengujian, memungkinkan mahasiswa untuk menerapkan langsung pengetahuan mereka dalam situasi nyata.

4. Fakultas Teknik mengajarkan cara pemanfaatan kearifan lokal dengan memanfaat material limbah sebagai bahan konstruksi.

5. Melek Teknologi : Mahasiswa belajar dan berlatih menggunakan alat-alat yang digunakan di industri, mempersiapkan mereka untuk bekerja di lapangan.

6. Lulusan Fakultas Teknik memiliki kemampuan kreatif dan inovatif dalam merancang solusi untuk masalah teknis, menghasilkan ide baru, mengembangkan prototipe, dan mengimplementasikan solusi efektif.

7. Kurikulum Relevan : Kurikulum Fakultas Teknik didesain sesuai dengan perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan kompetensi lulusan yang menguasai berbagai software keteknikan sebagai pelengkap SKPI.Prestasi yang di raih oleh Dosen dan Mahasiswa FT

Back to top button