PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Gandeng Pertamina, UPGRIP Gelar FGD 

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Universitas PGRI Palembang sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Sumsel terus menyelenggarakan program menuju kualitas lulusan terbaik.

Kali ini, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan prodi PGSD menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Program Kerjasama antara Universitas PGRI Palembang dan Dinas Pendidikan Kota Palembang juga PT. Kilang Pertamina Internasional (PT. KPI) Refinery Unit (RU) III Plaju Palembang serta Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr.  H. Bukman Lian, MM. M.Si., CIQaR. Kamis (12/05/22) di Aula Dinas Pendidikan Kota Palembang yang diikuti oleh Kepala Bidang SD, 20 Kepsek SD Kota Palembang, KKKS SD kota Palembang, BRPPUPP, Fasilitator Kebencanaan Sekolah Dasar.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini sebagai tindak lanjut kerjasama Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas PGRI Palembang dengan PT Pertamina (Persero) Refinery Unit III Plaju yang telah dilakukan Oktober 2021 lalu,  dengan tema kegiatan Penyusunan Silabus dan Buku Ajar Siap Tanggap Kebencanaan Perkotaan (Sitangkas) dan Gerakan Cinta Ikan Belida Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar Kota Palembang.

(Rektor Universitas PGRI Palembang Dr.  H. Bukman Lian, MM. M.Si., CIQaR saat membuka acara FGD)

Dihadiri secara langsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H. Ahmad Zulinto, S.Pd., M.M., Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., Area Manager Communication, Relation and CSR Siti Rachmi Indahsari, Analysis I PSM Mubarok, Jr. Officer II CSR dan SMEPP Ahmad Adi Suhendra, Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan Sevi Sawestri, S.Si., M.Si. Ketua K3S Kota Palembang Sunaryo, Fasilitator Kebencanaan Sekolah Dasar Husnil Kirom, M.Pd., 20 Kepala Sekolah SD Sekotamadya Palembang, Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang Assoc Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR.,  diwakili oleh Wakil Dekan II Liza Murnivianty, M.Pd., Ketua Program Studi PGSD Arief Kuswidyanarko, M.Pd., para Dosen PGSD Ali Fakhrudin, M.Pd., Aldora Pratama, M.Pd., Kiki Aryaningrum, M.Pd., dan Treni Hera, S.Pd., M.Sn serta tamu undangan lainnya. Kamis (12/05/22) di Aula Dinas Pendidikan Kota Palembang

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H. Ahmad Zulinto, S.Pd. M.M.menilai kerjasama yang dilakukan Universitas PGRI Palembang dengan PT Pertamina (Persero) Refinery Unit III Plaju sangat baik , tentunya ini sangat diharapkan memberikan edukasi dan pengajaran sejak dini kepada anak-anak tentang antisipasi bencana perkotaan, seperti banjir , kebakaran dan lainnya. Penyebab dari terjadinya bencana tersebut yang harus kita edukasikan kepada anak sejak dini sehingga dapat diminimalisir.  ” Saat ini telah dilakukan sosialisasi ke 21 Sekolah Dasar di Kota Palembang , melalui FGD ini saya hadirkan Koordinator Wilayah dengan harapan dapat tersosialisasikan secara keseluruhan ke Sekolah-Sekolah Dasar yang lain” ujar Zulinto.

Area Manager Communication, Relation and CSR PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit III Plaju  Siti Rachmi Indahsari  dalam sambutannya memaparkan Kawasan Ring I Pertamina RU III Plaju merupakan pemukiman dengan karakter padat penduduk. Selain padat, bahan baku rumah yang digunakan masih banyak yang berupa kayu dan papan. Kedua faktor di atas membuat pemukiman masyarakat yang dimaksud menjadi rentan terhadap risiko kebakaran.

Lebih jauh, Ia menjelaskan dengan kehadiran 3 buku Kurikulum Siaga Bencana yakni kebakaran, banjir dan gerakan cinta ikan belida, melalui kerjasama yang terjalin dengan Universitas PGRI Palembang memberikan sama aman dan nyaman di kawasan Ring I Pertamina RU III Plaju.

“Menggandeng Universitas PGRI Palembang kami merasa mimpi semakin nyata menciptakan Kota Palembang , Aman, Terampil dan Berdaya,” ucapnya.

(Suasana FGD di Aula Disdik Palembang)

Dr. H. Bukman Lian, MM. M.Si., CIQaR usai membuka acara Focus Group Discussion menjelaskan kerjasama antara Universitas PGRI Palembang dan PT Pertamina (Persero) Refinery Unit III Plaju akan terus di jaga dengan baik, dalam implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka pihaknya juga akan menggandeng PT. Pertamina.

“Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Teknik akan menimbah ilmu pengetahuan di PT Pertamina (Persero) Refinery Unit III Plaju dalam implementasi program Kampus Merdeka,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button