PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Gelar PkM, Dosen FKIP UPGRIP Ajarkan Nasionalisme kepada Siswa SMAN 1 Lempuing Jaya

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna melaksanakan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang terdiri dari dosen FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar kegiatan sosialisasi kepada siswa dengan tema “Membangun Nasionalisme Peserta Didik SMAN 1 Lempuing Jaya Melalui Empat Pilar Kebangsaan” di SMAN 1 Lempuing Jaya, Jumat (23/9/2022).

Kegiatan PkM ini diketuai oleh Ermini, S.H., M.M. yang beranggotakan 5 orang Dosen FKIP UPGRIP yaitu Ramanata Disurya, S.H.,M.H, Layang Sardana, S.H.,M.H, Suryati, S.H.,M.H., Sri Husnulwati, S.H.,M.H.dan. Sri Wahyuningsih, M.H., serta dibantu oleh 2 mahasiswa Septi Aryani dari Program Studi Pendidikan Matematika dan Nur Fitri Qhoirunnisa Abdul Malik dari Program Studi PGSD.

Dihadapan seluruh peserta didik kelas 12 di SMAN 1 Lempuing Jaya, tim PkM memberikan materi Penerapan Nilai-Nilai Empat Pilar di lingkungan sekolah guna meningkatkan disiplin siswa atau peserta didik.

Materi Disampaikan oleh Ermini, S.H., M.M. Implementasi Nilai-nilai Kebangsaan yang Bersumber dari NKRI disampaikan oleh Ramanata Disurya, S.H., M.H., Peningkatan Pemahaman Generasi Muda terhadap Penerapan Empat Pilar Kebangsaan disampaikan oleh Suryati, S.H.,M.H., Nilai-Nilai Kebangsaan Bersumber Pancasila disampaikan oleh Layang Sardana, S.H.,M.H., Pengembangan Prilaku Warga Negara, Dalam Konsep Nilai, Moral Dan Norma Dalam Membangun Nilai Nilai Kebangsaan disampaikan oleh Sri Wahyuningsih, M.H dan Peranan Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap Nasionalisme disampaikan oleh Sri Husnulwati, S.H.,M.H.

Kepala Sekolah SMAN 1 Lempuing Jaya M.Syukri, S.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa PkM ini sangat bermanfaat karena dari kegiatan ini siswa-siswi bisa belajar pentingnya membangun Nasionalisme. “Sehingga melalui empat pilar kebangsaan dan berharap terwujud peserta didik yang berkarakter dan bertanggung jawab,” ujarnya

Senada dengan itu disampaikan, Ketua PkM Ermini S.H., M.M., mengatakan bahwa PkM ini bertujuan meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan serta peserta didik dalam membekali peserta didik tentang pemahaman dan pengimplementasian empat pilar dalam kehidupan sehari-hari sehingga terwujud peserta didik yang berkarakter dan bertanggung jawab.

“Dan besar harapan kami setelah dilakukannya sosialisasi tersebut, para peserta dalam hal ini peserta didik dapat memahami dan merealisasikan atau mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat tentang pentingnya penerapan empat pilar dalam kehidupan berbangsa bernegara,” ujarnya.

Dengan mereka mengimplentasikannya hal tersebut maka akan terjadi perubahan sikap dan sikap mereka sebagai peserta didik yang memiliki karakter yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan.

Sementara itu Dosen FKIP UPGRIP Layang Sardana, M.H., dihadapan siswa dan siswi serta para guru SMAN I Lempuing Jaya juga menyampaikan berbagai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Selain terakreditasi B, UPGRIP dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel. Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan. Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya.

“Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan UPGRIP, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen,” ujarnya.

Ditambahkan Layang, bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon atau keringanan SPP sampai 25 persen.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua BPH PB PGRI UPGRIP, Dr.Hj. Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button