PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Gelar Yudisium, Lulusan Fakultas Teknik UPGRIP Siap Bersaing Dengan Bekal Kompetensi dan Employability Skills

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebanyak 12 mahasiswa dari tiga Program Studi (Prodi) yakni Teknik Elektro, Teknik Kimia dan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) mengikuti Yudisium ke-42 di Gedung BSC, Ruang 406, Rabu (20/7/2022).

Yudisium tersebut dihadiri oleh Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H., diwakiili oleh Wakil Sekretaris Yulman Rosananda, S.T., Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd., Kepala BPAM Dr. Misdalina, M.Pd., diwakili oleh Nur Aryanto, S.Kom., M.M., Dekan FKIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR., diwakili oleh Kabag TU Chandra Kurniawan, M.M., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Edduar Hendri, S.E., M.M., Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Indah Anggraini Yusanrti, S.Si., M.Si., Dekan Fakultas Teknik Adiguna, S.T., M.Si., Wakil Dekan Fakultas Teknik Aan Safentri, S.T., M.T., Para Ketua Program Studi, Dosen Fakultas Teknik , panitia, para yudisiawan serta tamu undangan lainnya.

(Prosesi pembacaan SK Yudisium)

Dalam rangkaian kegiatannya, dilakukan pembacaan penetapan kelulusan peserta yudisium dan diikuti dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Dekan tentang pemberian penghargaan kepada lulusan terbaik yang disampaikan oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik Aan Safentri, S.T., M.T.

Piagam penghargaan diberikan kepada 4 lulusan terbaik pada 3 peserta yudisium dari Fakultas Elektro yaitu Megis Saputra dengan IPK 3,79., M. Rijaluddin Tahfiz dengan IPK 3,64., Arif Sutrisno dengan IPK 3,63., dan dari Teknik Sipil Anja Rafika 3,71.

Sebagai lulusan terbaik Megis Saputra mendapatkan kesempatan untuk memberikan sambutan mewakili peserta yudisium yang lain. Megis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada para dosen yang telah memberikan ilmu, membimbing dan memberikan tuntunan kepada semua peserta yudisium dalam menggapai cita-cita.

(Pemberian ucapan selamat salah satu mahasiswa berprestasi oleh Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd)

“Yudisium bukan berarti kegiatan belajar berhenti, tetapi merupakan sebuah tonggak awal untuk mulai mengaplikasikan hasil belajar dalam dunia kerja dan masyarakat,” ujarnya.

Dekan Fakultas Teknik Adiguna, S.T., M.Si., dalam laporannya menyampaikan syukur dan apresiasi terhadap tingkat capaian kelulusan mahasiswa Fakultas Teknik yang beberapa diantaranya telah mampu menyelesaikan studi tepat waktu.

“Selain itu empat mahasiswa Elektro mampu menulis skripsi dan penelitian dengan Pembangkit Listrik Surya Mobile dalam komponen komponen yang beda, prestasi akademik, banyak pula dan 2 diantara peserta yudisium sudah diterima kerja , tentunya kami sangat bangga dalam pencapain itu. Dan kami optimis, lulusan Fakultas Teknik UPGRIP siap bersaing dengan bekal kompetensi dan employability skills,” terangnya.

Sementara itu, Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR dalam sambutannya mengatakan sangat bangga dan senang terhadap para peserta yudisium. Apalagi keempat peserta yudisium mampu membuat inovasi yang handal tentang rancangan alat pembangkit tenaga surya mobile.

“Suatu saat nanti hasil yang kita karyakan mampu dilirik orang, dan diakui oleh masyarakat luas. Terimakasih kepada orang tua sudah mempercayakan anak anaknya untuk kuliah Universitas PGRI Palembang,” ujarnya.

(Foto bersama)

Dalam kesempatan ini juga Rektor berpesan agar menjaga almamater dan berharap agar semua mahasiswa yang telah lulus mampu meraih kesuksesan. Fakultas Teknik UPGRIP telah memberikan berbagai bekal berupa perkuliahan, praktek di laboraturium, praktek di perindustrian, praktek di persekolahan, dan praktek bermasyarakat.

Pihaknya berharap bekal yang telah didapatkan selama empat tahun ini nantinya mampu dikembangkan oleh para mahasiswa. Beliau menambahkan bahwa momen Yudisium merupakan gerbang menuju kiprah yang sesungguhnya di lingkungan masyarakat.

Wakil Sekretaris BPH PB pada Universitas PGRI Palembang Yulman Rosananda, S.T. berpesan kepada para peserta yudisium bahwa belajar itu tidak terus berhenti setelah lulus. “Anda harus belajar seterusnya atau longlife education. Dharma bakti saudara juga ditunggu oleh keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Saya harapkan anda belajar dan belajar terus sehingga harapan kami anda sukses di masyarakat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button