PGRI

............

Palembang

Hadiri Rapat GTD Gerakan Nasional Revolusi Mental, Ini Kata Sultan Iskandar Mahmud Basaruddin

SumselMedia.Com, Palembang, –

Kesultanan Palembang Darussalam Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin Sultan Palembang Darussalam yang sekaligus Ketua Forum Pembauran Kebangsaan provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2021-2024 menghadiri kegiatan rapat Gugus Tugas Daerah (GTD) gerakan nasional revolusi mental (GNRM) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2023 bertempat di Ballroom Hotel Swarna Dwipa Palembang, Selasa (14/3/2023).

Dikatakan Kesultanan Palembang Darussalam Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin Sultan Palembang Darussalam, dimana disini saya bacakan saja peningkatan perilaku yang mendukung kehidupan demokrasi Pancasila. Peningkatan perilaku toleran dan kerukunan antar umat beragama, peningkatan perilaku yang mendukung kesadaran nasionalisme, patriotisme, dan kesetiakawanan sosial.

“Peningkatan kebijakan yang mendukung persatuan dan kesatuan bangsa, ditindak lanjuti dengan peningkatan perilaku yang memberikan pengakuan dan perlindungan kaum minoritas, marginal, dan berkebutuhan khusus,” ujarnya.

Kemudian, peningkatan dukungan terhadap inisiatif dan peran masyarakat dalam pembangunan, kemudian kami akan melakukan insya Allah peningkatan perilaku antar lembaga komponen masyarakat dan lintas sektor.

Peningkatan penegakkan hukum terhadap pelaku pelanggaran yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami juga insya Allah Gerakan Indonesia Bersatu ini akan menghimbau dan menambahkan penyelenggaraan pendidikan agama, yang mengajarkan keragaman toleransi dan Budi Pekerti,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, peningkatan peran lembaga agama, keluarga, dan media publik dalam persemayaman nilai-nilai budi pekerti, toleransi, dan budi leluhur.

Walaupun nanti kita akan menyongsong tahun politik, dimana kita dalam hal ini harus menjaga kerukunan, semuanya itu tahun politik ini disikapi dengan sikap yang telah disebutkan tadi.

“Menjaga seluruh aspek keamanan, jangan sampai terjadinya konflik, baik konflik suku, sosial, dan berbagai konflik lainnya yang masuk di suatu SARA,” katanya.

Menurut Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumsel dalam hal ini Kepala Subdit Bela Negara dan Karakter Bangsa Drs Muhammad Fauzi, M.Si, dimana kegiatan hari ini merupakan Rapat GTD GNRM provinsi Sumsel tahun 2023.

“GTD ini terdiri atas 5 gerakan nasional revolusi mental, pertama Gugus Tugas Daerah Gerakan Indonesia Melayani, Gugus Tugas Daerah Gerakan Indonesia Bersih, Gugus Tugas Daerah Gerakan Indonesia Tertib, Gugus Tugas Daerah Gerakan Indonesia Mandiri, Gugus Tugas Daerah Gerakan Indonesia Bersatu,” imbuhnya.

Masih dilanjutkannya, jadi 5 gerakan ini memiliki gugus tugas masing-masing yang komposisi gugus tugas tersebut terdiri atas unsur OPD, dunia usaha, media, akademisi dan serta unsur lainnya. Di gugus tugas ini tugasnya itu merencanakan kegiatan aksi nyata terkait dengan gerakan yang akan dilaksanakan.

Gugus Tugas Daerah Gerakan Indonesia Melayani, yang bisa melayani mungkin aksi nyatanya terkait dengan pelayanan publik yang misalnya responsive.

“Kemudian mungkin misalnya Gugus Tugas Daerah Gerakan Indonesia Bersih itu terkait dengan mungkin perilaku hidup bersih dan sehat. Gugus Tugas Daerah Gerakan Indonesia Tertib itu terkait dengan tertib di jalan raya, dan ruang publik,” bebernya.

Masih disampaikannya, kemudian kalau Gugus Tugas Daerah Gerakan Indonesia Mandiri ini terkait dengan kemandirian, misalnya aksi nyatanya mungkin memfasilitasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Diberikan bantuan modal, kemudian diharapkan UMKM tersebut bisa melaksanakan usahanya dan tentu saja akan mengangkat ekonomi kerakyatan. Kalau Gugus Tugas Daerah Gerakan Indonesia Bersatu itu terkait dengan perilaku yang sesuai dengan Pancasila.

“Seperti tahun lalu ada kegiatan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih, mungkin tahun ini ada lagi gerakan tersebut, yakni gerakan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih,” ucapnya.

Ditambahkannya, kalau itu memungkin tahun ini kita bisa melakukan aksi nyata pembagian Merah Putih dalam rangka mengobarkan semangat nasionalisme di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kalau yang terkait dengan Bhineka Tunggal Ika, kita tahu bahwa didalam Gugus Tugas Daerah Gerakan Indonesia Bersatu itu teratas unsur forum, dan unsur lainnya,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button