PGRI

............

Pendidikan

Hadirkan Narasumber dari Amerika Serikat dan Malaysia Fakultas Teknik UPGRIP Gelar Kuliah Umum (International Lecture)

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) sebagai salah satu Fakultas favorit pilihan masyarakat terus melakukan berbagai terobosan dalam rangka menciptakan lulusan berkualitas.

Salah satunya, Fakultas Teknik UPGRlP menggelar Kuliah Umum dengan narasumber dari Research Fellow Worcester Polytechnic Institute Amerika Serikat Reisya Ichwani, Ph.D.

Tak hanya itu, Kuliah Umum (International Lecture) yang berlangsung secara hybrid (daring dan luring) ini juga menghadirkan narasumber Senior Lecturer, Institute of Energy Infrastructure University Tenaga National Malaysia Fathoni Usman, Ph.D, ASEAN Eng, dimoderatori oleh DR. Ian Kurniawan, M.Eng.

Kuliah Umum bertema “Potential Sources Of Renewable Energy” yang digelar di Gedung Business and Science Center Aula Drs.H. Aidil Fitri Syah ini dibuka langsung oleh Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR, dan diikuti juga oleh pemukulan gong tanda dimulai kegiatan oleh Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H., Selasa (29/11/2022).

(Dekan Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Amiwarti, S.T., M.T saat memberikan sambutan)

Turut hadir Dekan Fakultas Teknik UPGRIP Amiwarti, S.T., M.T., Wakil Dekan sekaligus Ketua Panitia Aan Safentri, S.T., M.T., para Ketua Program Studi , Kabag TU, para dosen di lingkungan Fakultas Teknik UPGRIP, para peserta dan tamu undangan lainnya.

Dekan Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Amiwarti, S.T., M.T mengatakan Kuliah Umum ini bertemakan Energi Baru Terbarukan. Dilaksanakan secara Hybrid dengan peserta lebih kurang 300 orang secara daring dan luring yang diikuti mahasiswa dan dosen dari Fakultas Teknik UPGRIP, Fakultas Teknik yang ada di Kota Palembang (OKI, Muara Enim, Baturaja, Belitang) Amerika, Qatar, Lampung, Medan, Gorontalo, Tangerang, dan Pare Pare.

(Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR saat memberikan kata sambutan)

“Dan kegiatan ini menghadirkan dosen tamu dari Amerika Serikat dengan mengusung materi yang intinya menggambarkan bagaimana memanfaatkan energi matahari dengan metoda solar “Development of Perovskite Solar Cells’’. Kemudian dosen tamu dari Malaysia dengan materi yang menggambarkan bagaimana peran serta sarjana Teknik Sipil dibidang energi Civil Engineers Contribution in Energy Related Fields,” ujarnya.

Lanjutnya, acara ini merupakan salah satu bentuk penguatan dibidang akademik bagi mahasiswa maupun dosen. Selain menambah wawasan dan juga dapat mengetahui informasi kekinian tentang memanfaatkan energi matahari dengan metode solar.

(Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H saat memberikan kata sambutan)

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih kepada pihak Rektorat yang telah memfasilitasi kegiatan kuliah umum ini sehingga menjadi penguat bagi Fakultas dalam melaksanakan berbagai program kerja,” terangnya.

Senada dengan itu disampaikan Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., dalam sambutannya mengapresasi kegiatan Kuliah Umum yang digelar oleh Fakultas Teknik. Menurutnya Program kerja Fakultas Teknik kini sudah mengarah ke Internasional dimana hal ini sejalan dengan visi misi Universitas.

(Suasana pembukaan Kuliah Umum Internasional dengan pemukulan gong oleh Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H., didampingi oleh Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., dan jajaran)

“Kami berharap melalui Kuliah Umum ini dapat menghasilkan output yang bermanfaat, khususnya di bidang teknik, untuk berkontribusi pada kesejahteraan manusia melalui penelitian inovatif bersama,” harapnya.

Sementara itu, Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H. mengatakan bahwa Universitas PGRI Palembang adalah salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka yang berlokasi di Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.

(Foto bersama pada acara pembukaan Kuliah Umum Internasional)

Dengan akreditasi yang sangat baik dari Badan Akreditasi Nasional, memiliki 5 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana dengan 29 Program Studi yang bereputasi, meliputi FKIP dengan 15 Program Studi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan 3 Program Studi, Fakultas Teknik dengan 3 Program Studi, Fakultas Sains dan Teknologi, dengan 3 Program Studi, Fakultas Perikanan dan Kelautan dengan 2 Program Studi dan Program Pascasarjana, dengan 3 Program Studi.
Visi Universitas PGRI Palembang adalah pada tahun 2025 kami menjadi Universitas yang unggul, kompetitif, dan berkarakter dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berkualitas di Indonesia.

“Sehingga kami berharap Kegiatan ini juga dapat memperluas jaringan Internasional dan pemanfaatan kerja sama internasional di dalam kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi secara lebih optimal,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button