PGRI

............

Pendidikan

Helat Kuliah Umum, Prodi Geografi UPGRIP Soroti Upaya Mitigasi dan Adaptasi

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Di tengah kondisi rawannya bencana alam di berbagai daerah di Indonesia membuat, edukasi dan mitigasi bencana harus terus dilakukan.

Berangkat dari hal tersebut, Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi FKIP UPGRIP menggelar kuliah umum dengan tema Pendidikan Kebencanaan, Upaya Mitigasi dan Adaptasi dengan mendatangkan narasumber dari Universitas Negeri Malang Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si. CIQaR di Aula Drs. Usman Madjid, Sabtu (4/3/2023).

(Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si. CIQaR saat memberikan kata sambutan)

Turut hadir dalam acara tersebut Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc, Ph.D dari Universitas Negeri Malang, Dekan FKIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR, Wakil Dekan III FKIP Dr. Muhamad Idris, M.Pd, Ketua Program Studi Pendidikan Geografi Budi Utomo, S.Pd., M.Sc., Seluruh Dosen dilingkungan Program Studi Geografi , para peserta baik hadir secara luring maupun daring.

Ketua Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UPGRIP Budi Utomo, S.Pd., M.Sc. dalam laporannya mengatakan Kuliah Umum diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang diikuti oleh lebih kurang 450 peserta dari berbagai daerah di Indonesia secara daring dan luring.

(Suasana Pembukaan Kuliah Umum)

Mulai dari Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Lahat, DKI Jakarta, Maluku Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Aceh, Jambi, NTT, Kalimantan Tengah, Lampung, Bengkulu, Kepulauan Riau, Sumut, Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Banten, Kabupaten Bangka dan Sumatera Utara.

“Kuliah umum ini diharapkan masyarakat terkhusus Dosen dan Mahasiswa akan dapat meningkatkan pengetahuan tentang kebencanaan serta dapat mengurangi dan menanggulangi resiko bencana, dapat merubah sikap dan prilaku masyarakat terkhusus Dosen dan Mahasiswa untuk selalu sadar terhadap bencana serta dapat memperbaiki dan memodifikasi lingkungan fisik maupun penyadaran serta peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si. CIQaR mengatakan bahwa kuliah umum ini sebagai wadah Sosialisasi tanggap bencana serta menginspirasi agar mahasiswa menjadi garda terdepan dalam mitigasi bencana.

(Narasumber dari Universitas Negeri Malang Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si saat menyampaikan materi)

“Kegiatan ini juga memberikan terobosan baru pada FKIP Universitas PGRI Palembang terkhusus Program Studi Pendidikan Geografi,” terangnya.

Bukman menambahkan, mitigasi bencana dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar sangatlah penting, karena bencana alam dapat terjadi kapan dan dimana saja. Sejauh ini belum ada riset yang mengungkapkan tanda-tanda datangnya bencana alam. “Yang bisa kita lakukan adalah mitigasi atau meningkatkan kesadaran bersama untuk meminimalisir kerusakan dan korban,” ucapnya.

Rektor mengimbau kepada peserta untuk mengikuti secara baik dan sampai selesai, sehinga bermanfaat selain untuk diri sendiri maupun masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button