PGRI

............

Pendidikan

Luar Biasa!!! UBD Jadi Host City UMKM Merdeka Batch 1 Sumsel 2023

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Universitas Bina Darma (UBD) Palembang sebagai Perguruan Tinggu terbaik di Sumsel terus bertabur prestasi. Bahkan, kampus dengan Tagline UBDUnggul2025 ini terus mendapat kepercayaan menjadi host city atau tuan rumah berbagai kegiatan bergengsi.

Kali ini, kampus bergengsi ini dipercaya menjadi host city pada kegiatan pembekalan program UMKM Merdeka batch 1 Sumsel Tahun 2023, Senin (10/4/2023).

Hal ini melanjutkan kegiatan sebelumnya, yakni kegiatan match up program UMKM Merdeka Batch 1 yang diselenggarakan pada Sabtu, 1 April 2023 lalu.

Kepala LLDikti Wilayah II, Prof. Dr. Ishaq Iskandar, M.Sc mendukung upaya Universitas Bina Darma menjadi tuan rumah dengan segala fasilitas yang dimiliki.

(Kepala LLDikti Wilayah II, Prof. Dr. Ishaq Iskandar, M.Sc saat memberikan sambutan)

Dikatakan Dr Ishaq Iskandar, UMKM memiliki peran strategis lebih dari 90% sebagai penyerap tenaga kerja dan berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dan mahasiswa 5 tahun yang akan datang akan menjadi potensi pasar masa depan yang produktif sebagai calon pemimpin wirausaha yang akan datang.

Kegiatan UMKM Merdeka sesungguhnya perlu untuk membekali kita, karena ketika anda lulus kreatifitas anda itu bisa menghasilkan kerja, dan menghasilkan finasial bagi anda sehingga anda tidak terpaku untuk mejadi pegawai, justru anda menjadi orang yang memperkerjakan pegawai.

“Melalui kegiatan UMKM Merdeka, mahasiswa dapat menerapkan apa yang anda dapatkan di bangku kuliah apa, sehingga nanti memiliki pengalaman sebagai pelaku UMKM, karena itu mahasiswa bisa membawanya menjadi lebih baik tentu di sana dibutuhkan skill komunikasi yang baik,” ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Aula Prof. Ir. Bochari Rachman, M.Sc. Gedung Prof. Bochari Rachman 1, tersebut dihadiri oleh para peserta pembekalan yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa dari ketiga Universitas.

Yaitu terdiri dari Universitas Bina Darma, Universitas Multi Data (MDP), dan Universitas Muhammadiyah Palembang dalam menyelesaikan program UMKM Merdeka batch 1.

(Suasana kegiatan)

Hadir pula pada kegiatan tersebut Kepala LLDikti Wilayah II, Rektor Universitas Bina Darma Dr Sunda Ariana, M.Pd., M.M., M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., pH.D., Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Edi Surya Negara, M.Kom Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Teknologi serta narasumber Dr. Idham Cholid (MDP), Dr.Sugito (UNSRI) , Rahmi Aminus M.Si (UNPAL), Dwi Maharani M.Ikom (UBD).

Dalam kata sambutannya, Kepala LLDikti Wilayah II, Prof. Dr. Ishaq Iskandar, M.Sc. mengatakan bahwa melalui kegiatan UMKM Merdeka ini adanya potensi untuk berkembang.

“Lebih dari 90 persen usaha mikro tata kelolanya belum baik, tapi mengingat potensi berkembangnya ada,” ujarnya.

Lebih lanjut Kepala LLDikti Wilayah II menuturkan karena ada potensi itu maka kegiatan ini dapat menjadi laboratorium bagi para mahasiswa khususnya para peserta pembekalan UMKM Merdeka batch 1 ini dapat menerapkan ilmunya di bangku kuliah.

(Rektor Universitas Bina Darma Dr Sunda Ariana, M.Pd., M.M., saat memberikan kata sambutan)

Sementara Rektor Universitas Bina Darma Dr Sunda Ariana, M.Pd., M.M.,  berharap kemanfaatan program UMKM Merdeka ini tidak hanya tingkat propinsi juga ditingkat regional sumatra dan bahkan nasional. “Untuk itu telah kami siapkan teknologi pembelajaran melalui LMS (learning management system) yang bisa diakses dengan mudah dimanapun untuk mendapatkan setiap materi pembelajaran oleh UMKM, Mahasiswa, Mentor dan Dosen Pendamping Lapangan. Kami percaya UMKM bisa tumbuh dan mahasiswa kita akan lebih tangguh sebagai calon pelaku usaha masa depan,” ujarnya.

Menjadi tuan rumah pada kegiatan ini, Rektor Universitas Bina Darma memberikan kata dukungannya pada proses berlangsungnya kegiatan UMKM Merdeka batch 1.

“Universitas Bina Darma sangat mendukung untuk memfasilitasi kegiatan pembekalan UMKM Merdeka, kegiatan ini sangat bagus untuk mahasiswa,” urainya.

Dikatakan Rektor UBD, Dr Sunda dengan adanya keterlibatan mahasiswa, membantu UMKM di Sumsel untuk berkembang. “Peran mahasiswa, memiliki keilmuan dan strategi dalam peningkatan pendapatan UMKM juga membantu pemerintah untuk membuat UMKM maju,” pungkasnya.

Sumber: www.binadarma.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button