PGRI

............

Pendidikan

Mahasiswa UBD Sambut Antusias Sosialisasi Pertukaran Pemuda Antar Negara

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Puluhan mahasiswa Universitas Bina Darma (UBD) Palembang menyambut antusias kegiatan Sosialisasi Pertukaran Pemuda Antar Negara yang digelar di Ruang Aula Prof. Ir. Bochari Rachman, M.Sc. Gedung Prof. Bochari Rachman 1, Senin (3/4/2023).

Pasalnya, ini merupakan momen luar biasa karena bisa berkesempatan menjadi salah satu yang lolos pada program ini yang bisa berkesempatan menimba ilmu di Korea Selatan, China, Singapura, Australia, Amerika Serikat, India, Kanada, maupun Jepang.

Hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut, Novri Hadinata, M. Kom. Direktur Kemahasiswaan, R.M. Nasrul Halim, M.Kom. Manajer Kegiatan, Kreativitas, Beasiswa dan Prestasi Mahasiswa, Dr. Bangkit Seandi Taroreh, M.Pd. Dosen Universitas Bina Darma.

Kegiatan sosialisasi pertukaran pemuda antar negara itu dihadiri oleh tiga narasumber, yakni M. Hafidz Al-Furqon (AIYEP 2021), Rezaldy Bastharian (KULAKU-KPN Sail Raja Ampat), dan Sucila Claudia (SIYLEP 2021-2022).

(Sausana kegiatan sosialisasi)

Kegiatan ini bertujuan menguatkan solidaritas serta kerja sama pemuda Indonesia dengan pemuda dari negara tujuan, mengeratkan rasa pengertian dan toleransi diantara masyarakat khususnya generasi muda dan menciptakan bibit-bibit pemimpin bangsa yang berwawasan Internasional. Dan tak kalah penting adalah memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk saling mengenal Budaya di negara tujuan, dapat Bertukar pengalaman serta melakukan kegiatan bersama.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini maka harapannya Universitas Bina Darma dapat mengirimkan delegasi pemuda ke kanca internasional, sekaligus memberikan kontribusi nyata untuk membangun kepemudaan daerah dan nasional,” ujar Adelia Permata Putri S.Psi selaku Ketua Pelaksana.

Lanjut Adelia, bahwa kegiatan ini bertemakan ‘Roadshow goes to Univesitas Bina Darma’, kegiatan sosialisasi pertukaran pemuda antar negara dimulai sejak pukul 08.00 hingga 11.00 WIB pada 31 Maret 2023.

Menurutnya, kegiatan Roadshow goes to Univesitas Bina Darma ini bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Deputi Bidang Pengembangan Pemuda berginergi dengan Pemerintah Daerah dan negara-negara mitra.

Tujuannya sebagai ajang untuk menggali dan mengembangkan potensi pemuda di daerah sekaligus potensi pemuda nasional melalui kerja sama internasional. Dan dapat diikuti oleh generasi muda usia 18-30 tahun.

“Kegagalan sesungguhnya adalah bagi mereka yang tidak berani untuk mencoba, maka barang siapa yang bersungguh-sungguh dia pasti berhasil,” ujar Sucia Claudia sebagai salah satu narasumber pada kegiatan sosialisasi pertukaran pemuda antar negara.

Untuk diketahui bahwa proses penerimaan anggota pertukaran pemuda Mulai dari proses awal seleksi peserta, pelaksanaan kegiatan sampai dengan akhir, yaitu kewajiban peserta menjalankan Post Program Activity (PPA) / Kegiatan pasca program, dalam rangka memberikan kontribusi nyata untuk membangun kepemudaan daerah dan nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button