Olahraga

Mengenal Lebih Dekat Si Biru, Filosofi Maskot Peparprov III OKU Yang Buat Merinding

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Perhelatan Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) ke III di Kota Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU) akan digelar pada 1 hingga 10 Desember 2021.

Multi event olahraga disabilitas terbesar Sumsel ini memiliki maskot yang sengaja didesain dengan memiliki arti yang kompleks dan memiliki filosofi tersendiri.

Dari maskot tersebut, dimulai dari kepala yang mengenakan mahkota yang memiliki arti kemenangan. Pada mahkota tersebut terdapat tiga mutiara yang berarti penyelenggaraan Peparprov ke III.

Tiga mutiara yang menandakan host city Peparprov dari I, II hingga ke III dengan tuan rumah yang berbeda tapi tetap dalam semangat yang sama dalam meraih kemenangan.

Pada maskot juga terlihat kedua tangan mengepal tanda optimis menatap kemenangan. Begitu juga wajahnya senyum penuh semangat melambangkan tentang pesan agar jangan hitung yang hilang, tapi lihatlah yang tersisa.

“Ini lah kemudian yang melambangkan disabilitasnya. Dan jika kita lihat dimaskot itu, kaki kanan tidak bisa dilipat yang melambangkan tuna daksa. Tapi dengan kondisinya itu, tetap terlihat semangat dan penuh keyakinan dan optimis dari senyum wajahnya,” ujar Ketua NPCI OKU Tarman melalui Kepala Biro Humas Arnold Dirmansyah, Jumat (26/11/2021).

Lanjut Arnold, bahwa proses pembuatan maskot tersebut juga melibatkan sarjana desain asal Jogjakarta yang kemudian diberi nama Si Biru atau Batu Biru Langit Khas OKU.

Menurutnya, pembuatan desain maskot tersebut cukup memakan waktu yang lama karena harus memiliki arti filosofi yang kompleks. Mulai dari maskot yang melambangkan atlet disabilitas, jiwa patriotisme, hingga melambangkan filosofi tempat pelaksanaan Peparprov yakni Peparprov III di OKU.

“Lama Saya berinspirasi, mencari ide-ide yang cocok, hampir berbenturan ketika objek diambil dari flora dan fauna. Akhirnya jadilah Si Biru, yang memiliki filosofi yang kompleks,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button