PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Motivasi Penggunaan Bio Plastik, Universitas PGRI Palembang Gelar Pengabdian Masyarakat di SMKN 1 Prabumulih

 

SumselMedia.Com, Prabumulih-

Guna memotivasi para guru dan siswa SMK Negeri 1 Prabumulih dalam memaksimalkan bio plastik yang merupakan plastik ramah lingkungan, Tim Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Palembang menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMK Negeri 1 Prabumulih, Kamis (19/8/2021).

PkM diketua oleh Kaprodi Teknik Kimia, Universitas PGRI Palembang Muhrinsyah Fatimura, S.T., M.T., dengan anggota  Dr. Ir. Muhammad Bakrie, M.T., Aan Sefentry, S.T., M.T.,  Reno Fitrianti, S.T., M.Si.,  Nurlela, S.T., M.T., Rully Masriatini, S.T., M.T., Husnah, S.T., M.T., dan Ir. Agus Wahyudi, M.M.

Kaprodi Teknik Kimia, Universitas PGRI Palembang Muhrinsyah Fatimura, S.T., M.T., dalam kata sambutannya mengatakan bahwa PkM ini sebagai wujud komitmen Universitas PGRI Palembang dalam menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi.

(Para guru dan siswa SMKN 1 Prabumulih saat mendengarkan paparan Tim PkM Universitas PGRI Palembang)

“Kami berharap, materi yang kami sampaikan tentang bio plastik dapat diaplikasikan di SMKN 1 Prabumulih dan bisa membawa manfaat,” ujarnya.

Proses PkM sendiri dibagi beberapa sesi. Pada sesi pertama, Reno Fitrianti, S.T., M.Si memberikan pengetahuan tentang dampak pemakaian plastik biasa terhadap masyarakat dan lingkungan. Kemudian memberikan penjelasan mengenai bio plastik, manfaat dan keunggulannya. Setelah mendengarkan pemaparan mengenai bio plastik, acara dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu praktek pembuatan bio plastik.

Praktek tersebut  dibimbing oleh Nurlela, S.T., M.T. dan di bantu oleh mahasiswa.

Setelah penyampaian materi dan praktek acara dilanjutkan dengan diskusi dan kuesioner. Dengan adanya penyuluhan dan pelatihan tentang bio plastik, diharapkan dapat memotivasi masyarakat khususnya SMK Negeri 1 Prabumulih mengenai penggunaan bio plastik.

(Suasana pembukaan PkM dan MoU di Aula SMK Negeri 1 Palembang)

Momentum PkM tersebut juga diawali dengan Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., dalam hal ini di wakili Adiguna, S.T., M.Si selaku Dekan Fakultas Teknik dan Son Suarly, M.Pd., selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Prabumulih.

Acara MoU di hadiri oleh jajaran pimpinan, staf dan siswa SMK Negeri 1, Wakil Dekan Fakultas Teknik dan para Dosen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang.

(Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., yang diwakili Dekan Fakultas Teknik Adiguna, S.T., M.Si saat menunjukkan naskah MoU dengan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Prabumulih Son Suarly, M.Pd.)

 

Dalam sambutannya Son Suarly, M.Pd menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak Universitas PGRI Palembang atas terlaksanannya nota kesepahaman ini.

“Ini adalah kesempatan yang baik bagi kami dan diharapkan SMK Negeri 1 Prabumulih bisa bersinergi dengan baik dengan Universitas PGRI Palembang baik dalam meningkatkan pembelajaran, penelitian dan para siswa mendapat kemudahan untuk kuliah di Universitas PGRI Palembang. Mudah-mudahan dengan adanya MoU kita semua bisa mendapatkan manfaat,” jelasnya.

(Foto bersama Tim PkM di Gedung F Universitas PGRI Palembang sesaat sebelum berangkat menuju SMKN 1 Prabumulih)

Sementara itu Adiguna, S.T., M.Si mengatakan setelah MoU Universitas PGRI Palembang akan siap membantu untuk meningkatkan kompetensi SMK Negeri 1 Prabumulih.

Universitas PGRI Palembang akan memberikan bantuan untuk SMK Negeri 1 Prabumulih baik itu mengenai fasilitas yang ada maupun tenaga ahli yang diperlukan sesuai kesepakatan. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button