Olahraga

Pemda Pastikan NPCI Empat Lawang Dibantu Dana Hibah 2022

-Pelantikan NPCI Empat Lawang-

 

SumselMedia.Com, Empat Lawang-

Pemerintah Daerah Kabupaten Empat Lawang memastikan Pengurus Induk Olahraga Disabilitas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Empat Lawang mendapat bantuan dana hibah tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad SH MM melalui Sekda Kabupaten Empat Lawang H Indera Supawi saat memberi sambutan pada Pelantikan NPCI Empat Lawang di Aula Hotel Kito Palembang, Selasa (9/2/2022).

Turut hadir mendampingi Kadispora Empat Lawang Drs. H. M. Azhari, MM Perwakilan Dinas Pendidikan, Forkompinda, KONI dan para tamu undangan dari berbagai insan olahraga setempat. Pelantikan Pengurus NPCI Empat Lawang yang diketuai oleh Yogi Saparinggo dipimpin langsung oleh Ketua NPCI Sumsel Ryan Yohwari.

“Kami sangat mendukung dengan hadirnya NPCI Empat Lawang ini. Dalam Anggaran Perubahan nanti kita berikan dalam bentuk Hibah seperti KONI,” ujar Sekda Empat Lawang H. Indera Supawi.

Namun demikian, Indera meminta agar NPCI Empat Lawang benar-benar berkomitmen membina atlet disabilitas hingga berprestasi baik di skala daerah maupun skala nasional hingga Internasional.

Pihaknya berharap melalui olahraga mampu juga mengangkat nama daerah sebagaimana berbagai daerah yang mengalami kemajuan pesat dengan didukung prestasi olahraga.

“Seperti Palembang, Palembang dulu sempat kumuh. Kemudian ada PON,
sekarang bisa kita lihat Palembang mendapat penghargaan Kota terbersih se asia tenggara. Sehingga palembang menjadi kota internasional. Dan mudah-mudahan Empat Lawang bisa mencontoh itu,” harapnya.

Sementara itu Ketua NPCI Sumsel Ryan Yohwari menghimbau kepada Pengurus NPCI Empat Lawang yang baru saja dilantik untuk tetap melakukan pembinaan prestasi secara berkelanjutan. Dengan demikian, pihaknya yakin Pemerintah akan memberikan perhatian dan apresiasi kepada kaum disabilitas yang telah mengharumkan nama Kabupaten Empat Lawang.

Kepada Pemerintah Daerah Empat Lawang, Ryan Yohwari menyampaikan bahwa terpisahnya NPCI dari keanggotakan KONI sejak 2015 bukanlah keinginan NPCI Kabupaten, Provinsi maupun Nasional tapi dari badan olahraga Internasional. Sehingga pihaknya berharap Pemerintah Daerah Empat Lawang tidak mendiskriminasikan para kaum disabilitas.

Pihaknya menyampaikan terkait anggaran NPCI Empat Lawang, tak juga harus menuntut sama dengan KONI. Akan tetapi dirinya memberikan bahasa kiasan jika Ketua KONI saat mengikuti rapat di Palembang memakai mobil pajero sport, setidaknya Ketua NPCI Mobil Avanza tak apa.

“Apalagi sebelum jadi Ketua NPCI Empat Lawang ini, siapa tak mengenal Yogi Saparinggo, beliau telah mengikuti berbagai kompetisi, sempat membawa nama Lahat karena di NPCI Empat Lawang belum ada. Bahkan ke Palembang nekat pakai motor,” urainya.

Untuk itu, dengan semangat itulah pihaknya yakin NPCI Empat Lawang akan berkomitmen membina para kaum disabilitas di Kabupate Empat Lawang.

Ketua NPCI Empat Lawang Yogi Saparinggo usai dilantik menyampaikan bahwa saat ini kondisi NPCI Empat Lawang masih dalam proses perjuangan dan belum mendapat anggaran. Bahkan sekretariat menumpang di SLB Empat Lawang.

Apalagi di tahun ini banyak berbagai kegiatan Kejurprov 2022 dari berbagai cabang olahraga yang akan diikuti sehingga membutuhkan bantuan baik anggaran pembinaan maupun keikutsertaan dalam kompetisi tersebut.

“Begitu juga tahun depan akan menjadi pertama kali NPCI Empat Lawang mengikuti Peparprov, setelah pada Peparprov I di Muara Enim, ke II di Prabumulih dan ke III di OKU sempat absen,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button