Olahraga

PGRI Sumsel Gelar Acara Puncak HUT PGRI ke 76 dan HGN 2021

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Sumatera Selatan menggelar acara puncak HUT PGRI ke 76 sekaligus Hari Guru Nasional di The Sultan Convention Center Palembang, Kamis (2/12/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Sumsel yang diwakili oleh Wakil Gubernur H Mawardi Yahya, Ketua PGRI Sumsel H Ahmad Zulinto, S.Pd., MM, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, MM., MSi., CIQaR, para Ketua/Pengurus PGRI Kabupaten/Kota se- Sumsel.

Turut hadir pula Hj. Ratu Tenny Leriva Herman Deru yang merupakan Duta Literasi Sumsel, para Bupati atau yang mewakili penerima penghargaan dari PGRI Sumsel, Ketua YPLP-PT PGRI Sumsel Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H, Para Kepala Dinas Pendidikan, serta para tamu undangan lainnya.

(Ketua Panitia Pelaksana Dr. H. Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR saat memberikan laporan kegiatan)

Ketua Panitia HUT PGRI ke 76 dan HGN 2021 sekaligus Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, MM., MSi., CIQaR mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan puncak dari seluruh rangkaian acara HUT PGRI ke 76 dan HGN 2021.

Sebelumnya Pengurus PGRI Sumsel telah menggelar berbagai kegiatan Seminar Nasional Pendidikan, Lomba Paduan Suara, Lomba Pengucapan Kode Etik guru, pemberian sembako kepada masyarakat terdampak covid yang langsung dipimpin oleh Ketua PGRI Sumsel H. Ahmad Zulinto, S.Pd., MM.

“Dan kegiatan ini kita mengambil tema Bangkit Guruku, Maju Negeriku. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” ujarnya.

Tak lupa Ia mengucapkan terima kasih atas semua jerih payah seluruh panitia dan Pengurus PGRI Sumsel yang telah turut mensukseskan seluruh rangkaian acara HUT PGRI ke 76 dan HGN 2021. “Teristimewa kami ucapkan terima kasih atas kehadirin Bapak Gubernur yang diwakili Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya, yang disela kesibukannya menyempatkan menghadiri HUT PGRI ke 76 dan HGN 2021,” jelasnya.

(Suasana tamu undangan HUT PGRI ke 76 dan HGN 2021)

Dalam kesempatan tersebut Ketua PGRI Sumsel H. Ahmad Zulinto, S.Pd., MM menyampaikan terima kasih kepada para Bupati, Walikota, Ketua/Pengurus PGRI Kabupaten/Kota, para guru anggota PGRI di Sumsel yang tetap semangat dan berinovasi dalam mensukseskan pembelajaran meski ditengah musibah Pandemi Covid-19.

Tak lupa ia ucapkan terima kasih kepada sembilan Pemerintah Daerah yang terdiri dari sembilan Bupati/Walikota yang telah peduli dengan guru honor dengan memberikan program insentif untuk guru honor. Mulai dari Kota Palembang, Musi Banyuasin, Prabumulih, Muaraenim, Banyuasin, Pali, Muratara, Lahat dan Musi Rawas. “Apalagi Muba yang luar biasa memberikan insentif hingga Rp1,5 juta perbulan. Ini merupakan penghargaan dan kepedulian luar biasa bagi guru honor,” jelasnya.

Melalui kesempatan tersebut, Ia mengajak kepada delapan Kabupaten/Kota di Sumsel yang belum memberikan program insentif untuk guru honor dalam mendukung program kesejahteraan guru honor.

Dan bagi guru honor agar ditengah Pandemi ini untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensinya agar tetap menjadi guru yang penuh inovasi dalam tantangan zaman dan era yang serba cepat untuk tetap menyesuaikan kondisi.

(Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya saat foto bersama dengan Pengurus PGRI Sumsel dan Penerima Penghargaan)

Sementara itu dikatakan Wakil Gubernur H Mawardi Yahya bahwa ditengah perkembangan dunia pendidikan yang begitu pesat, pihaknya menargetkan para guru di Sumsel semakin meningkatkan kemampuannya agar dapat mencetak anak didik menjadi lebih kreatif dan inovatif.

“Sistem pendidikan kita jauh berkembang sekarang. Karena itu para guru dituntut tidak boleh biasa-biasa saja tapi harus berpikir lebih luas dan jauh kedepan bagaimana mengembangkan talenta anak-anak ini. Agar anak didik dan SDM kita lebih kreatif dan inovatif,” jelas Mawardi.

Kreatifitas dan inovasi itu lanjut Mawardi sangat diperlukan tak hanya dalam menghadapi persaingan antar provinsi tapi juga untuk mendukung kemajuan suatu daerah. Begitupun perkembangan teknologi tidak bisa dicegah melainkan harus dihadapi dengan peningkatan SDM dan ilmu pengetahuan.

” Jadi jangan hanya melakukan rutinitas saja. Misalnya saat membuat pameran buatlah yang benar-benar bagus dan hebat. Jangan yang biasa-biasa. Dan kita harap PGRI lah yang mengkoordinir ini” tegas Mawardi.

Dalam sambutannya Wagub Mawardi juga mengungkapkan jika Ia paham betul suka duka para guru dan tenaga pendidik karena sang istri merupakan seorang guru.

Oleh karena itu Mawardi sangat mengapresiasi kepala daerah yang telah memberikan apresiasi berupa insentif bagi para guru di daerah. Selain penghargaan kepada kepala daerah, dalam kesempatan itu PGRI juga memberikan sejumlah penghargaan lainnya yakni kepada Hj Ratu Tenny Leriva HD sebagai Insan Pendidikan Dedikatif di Sumsel serta Insan Pendidikan Kolaboratif Sumsel bersama tokoh hebat lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button