PGRI

............

holiday angkasa wisata
Olahraga

Resmi Digelar, Kejurda Gojukai Komda Sumsel Antar Dojo Piala Gubernur Sumsel Diikuti 300 Atlet

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Tak kurang dari 300 karateka dari 20 Dojo yang ada di kabupaten/kota se-Sumsel bertarung di ajang Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate Gojukai. Ajang yang memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Sumsel ini berlangsung di Aula SMA Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Jakabaring, 16-18 September 2022.

Kadispora Sumsel, H Rudi Irawan yang membuka kegiatan ini berharap ajang ini bisa mencetak calon atlet karateka andal yang bisa berkiprah dan membawa nama baik Sumsel di ajang nasional maupun internasional.

“Karate termasuk dalam 14 cabang olahraga prioritas yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional menuju Indonesia Emas tahun 2045,” sebut Rudi. Mewakili Pemprov Sumsel, Rudi mengapresiasi inisiatif dari Gojukai Sumsel yang menjadi Kejurda ini baik sebagai ajang kompetisi, seleksi sekaligus ajang pembinaan prestasi bagi para atlet karate.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum Karate Gojukai Komda Sumsel, H Hidayat Comsu menyebut sesuai visi perguruan Karate Do Gojukai menjadi organisasi yang produktif, kreatif dan inovatif. Yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dalam mencetak insan yang sukses, mulia dan bahagia.

“Kejurda ini merupakan salah satu program kerja kami selain sebagai ajang silaturahmi. Sekaligus menyaring bibit-bibit atlet terbaik dari karate Gojukai dan kohai yang dilatih oleh setiap Dojo Gojukai di Sumsel,” sebut Hidayat salam sambutannya.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana, Dr Sulthani Aziz didampingi Panitia Yodi Afriam menyebut Kejurda kali ini mempertandingkan delapan kategori/kelas pertandingan.

Diantaranya kategori usia dini 6-7 tahun, usia dini 8-9 tahun, pra-pemula 10-12 tahun, pemula 12-13 tahun, cadet 14-15 tahun serta under 21 tahun.

Pada pembukaan Kejurda kali ini dihadiri pula Sekretaris Umum (Sekum) Pengda Forki Sumsel, Aliyudin Asal yang juga menjabat sebagai Kepala Sekolah (Kepsek) SONS, Sekum KONI Sumsel Suparman Romans.

Sementara itu, Ketua Dewan Guru Gojukai Sumsel Renshi Shihan mengatakan bahwa Kejurda Gojukai ini sangat penting digelar. Dan jika perlu digelar setiap tahunnya.

“Karena seperti saya sampaikan sebelumnya bahwa Kejurda ini menjadi evaluasi. Jika dojo tersebut atletnya tak juara maka pelatihnya kita evaluasi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button