Pendidikan

Sosialisasi PSAK 1, IAI Wilayah Sumsel Gelar MoU Dengan Disdik Sumsel

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna mendukung pelaksanaan pendidikan di Sumatera Selatan khususnya dijenjang SMK, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Sumatera Selatan menggelar Memorandum of Understanding (MoU).

Digelar di Hotel Azza Palembang, kegiatan ini dihadiri langsung Ketua IAI Wilayah Sumsel Dr. Inten Meutia, SE M.Acc., Ak, CSRS, CSRA dan Kepala Dinas Pendidikan Sumsel H Riza Fahlevi diwakili Kabid SMK Mondya Boni SE SKom, M.Si dengan didampingi Kasi Kurikulum Awaludin SPd, MM, Kamis (24/2/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua IAI Wilayah Sumsel Dr. Inten Meutia, SE M.Acc., Ak, CSRS, CSRA menyampaikan bahwa kegiatan MoU ini juga sekaligus diikuti acara Sosialisasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 1 Untuk Guru SMK dan Sosialisasi Lomba Cepat Tepat Akuntansi Tingkat SMK sekota Palembang.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, para guru khususnya SMK mampu menguasai ilmu akuntansi terutama PSAK 1. Begitu juga bisa mampu membantu dalam pengelolaan keuangan di sekolah,” ujarnya.

Inten menambahkan dengan adanya kegiatan ini, para guru diharapkan juga mampu mentransfer ilmu kepada siswanya terutama siswa SMK yang memilih paket keahlian akuntansi. Sehingga pada gilirannya lulusan siap menghadapi dunia kerja dan dunia industri melalui skill laporan keuangan yang telah dimiliki.

Sementara itu dikatakan Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Sumsel Mondya Boni SE SKom MSi bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan ini. Diharapkan kegiatan ini nantinya digelar dengan skala yang lebih luas yakni SMK se Sumsel dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Mondya Boni mengakui sebagai pengelola Dana Bos banyak para bendahara sekolah belum banyak menguasai mengenai laporan keuangan yang baik. Apalagi perkembangan ilmu pengetahuan akuntansi era saat ini mengalami perkembangan yang cepat.

“Saat ini teknologi sudah cepat berkembang, mungkin saat ini banyak aplikasi yang cepat bisa digunakan. Karena saya melihat banyak masalah laporan keuangan yang dihadapi oleh bendahara sekolah terurama dalam pengelolaan dana BOS. Kami berharap saat ini ada guru yang mengikuti acara ini, paling tidak bisa membantu bendahara di sekolah nantinya,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button