PGRI

............

Nasional

Tak Hadiri Kunker, DPR RI Sesalkan Dirut PHI

 

SumselMedia.Com, Jakarta-

DPR RI Wilayah Kalimantan Timur Lamhot Sinaga menyesalkan Direktur Utama (Dirut) Pertamina Hulu Indonesia (PHI) yang juga Direktur Pertamina Hulu Mahakam (PHM) tak menghadiri kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi VII DPR RI ke wilayah kerja PHM Kalimantan Timur pada tanggal 17 Februari 2023.

“Dirut PHI tidak hadir sama sekali di kunjungan tersebut, kami landing jam 10 pagi seharusnya kita melakukan kunjungan ke PHM berhubung karena Dirut tidak hadir di sana sampai pukul 8 malam kita tidak ada kegiatan sama sekali,” ujar Lamhot Sinaga.

Lamhot menuturkan, kunjungan tersebut pun diakhiri dengan focus group discussion (FGD) bersama SKK Migas di malam harinya tanpa ada kabar dari Chalid hingga tidak bisa dihubungi selulernya, padahal Chalid masuk dalam daftar undangan yang seharusnya hadir saat kunjungan.

“Saya pikir ini sebuah pelecehan ya, terhadap parlemen apapun namanya sama sekali tidak ada penghargaan kepada Komisi VII di hadapan PHM pada waktu itu. justru karena itu sebelum dimulai kita minta klarifikasi dulu,” tegas Lamhot.

Senada dengan itu, Anggota Komisi VII DPR Fraksi Demokrat, Muhammad Nasir, pun meminta agar pimpinan rapat mengusir Chalid karena perilakunya yang dirasa tidak menghargai Komisi VII DPR.

Sebelum terjadi insiden pengusiran Dirut PHI, Chalid menyempatkan menyampaikan permohonan maaf dan klarifikasi bahwa adanya agenda lain di hari yang sama bersama jajaran komisaris.

“Saya sampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada Komisi VII karena pada saat kunjungan kerja ke Balikpapan, saya sampaikan bahwa pada saat yang bersamaan kami sedang membahas rencana jangka panjang dengan komisaris dan ada sebuah insentif utk program PHM dengan teman-teman ESDM,” jelas Chalid.

Sementara itu, Chalid Said Salim juga menyampaikan bahwa PHI sedang menyiapkan strategi perusahaan dalam pengelolaan operasi hulu minyak dan gas bumi yang tertuang dalam RJPP PHI.

Pembahasan RJPP Pertamina Hulu Indonesia ini dilaksanakan dalam Rapat Direksi dan Dewan Komisaris PHI yang berlangsung di Bogor pada 17 Februari 2023, tambah Chalid.

Rapat ini merupakan bagian dari rangkaian proses persetujuan RJPP PHI sebelum dilanjutkan ke level yang lebih tinggi. Hadir dalam rapat ini Komisaris Utama PHI Adriansyah, Komisaris Mirza Mahenda dan Edi Eko Cahyono, serta seluruh anggota Komite Dewan Komisaris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button