PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Tingkatkan Implementasi MBKM, UPGRIP Jalin Kerjasama Dengan UNNES, ISI Surakarta dan UPGRIS 

 

SumselMedia.Com, Semarang-

Sebagai salah satu perguruan tinggi terbesar di Sumsel terus melakukan berbagai penguatan dalam meningkatkan kualitas dan mutu lulusan.

Hal ini salah satu nya diwujudkan Rektor Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR dengan melakukan kerjasama melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) sekaligus MoA dalam bidang pengembagan SDM dan  implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan tiga perguran tinggi besar di Jawa Tengah yakni Institut Seni Indonesia Surakarta dan Universitas PGRI Semarang pada Kamis (24/3/2022) serta Universitas Negeri Semarang pada Jum’at (25/3/2022).

Turut serta dalam rangkaian kerjasama ini Dekan FKIP UPGRIP, Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd.,CIQaR, Wakil Dekan II FKIP, Liza Murniviyanti, M.Pd., Kaprodi Pendidikan Jasmani Fahrizal Imansyah, M.Pd., Kaprodi Pendidikan Seni Pertunjukan A Heriyanto, M.Sn., Kasubbag. Kerjasama Amiruddin, M.Pd, dan perwakilan dosen Widya Handayani, S.Pd., M.Si.

(Rangkaian kerjasama Rektor UPGRIP dengan Rektor ISI Surakarta)

Rektor UPGRIP, Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR menjelaskan bahwa kunjungan dan kerjasama dengan tiga perguruan tinggi besar di jawa tengah ini diharapkan dapat mendorong UPGRIP mewujudkan pengelolaan perguruan tinggi dengan prinsip tata kelola yang baik (good university governance) yang berorientasi pada peningkatan mutu serta menjadi ajang bagi UPGRIP untuk menambah wawasan dalam peningkatan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Kami sengaja datang dengan niat baik, niat untuk belajar, menyesuaikan diri dengan berbagai regulasi dan perkembangan IPTEKS saat ini, maka dari itu kami belajar dari berbagai kampus, baik di dalam maupun di luar negeri, dan diantaranya adalah UNNES, ISI Surakarta, dan UPGRIS,” ujar Bukman.

Sementara Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman M.Hum menyambut baik kunjungan dan kerjasama ini sebagai bagian dari silaturahmi untuk menambah umur panjang dan menguatkan sinergi bersama. “Perguruan tinggi di Indonesia harus mampu bersinergi bersama, di era disrupsi saat ini dibutuhkan kolaborasi dan kerjasama antar berbagai elemen, termasuk oleh perguruan tinggi,” ujar Guru Besar UNNES ini.

(Rangkaian kerjasama antara Rektor UPGRIP dan Rektor UPGRIS)

Senada dengan itu, Rektor ISI Surakarta Dr. I Nyoman Sukerna, S. Kar., M. Hum menyatakan bahwa kerjasama ini diharapkan dapat menjadi wadah yang dapat diluaskan dan diimplementasikan dalam berbagai kegiatan khususnya implementasi MBKM. “kami siap jika nanti dilakukan  pertukaran dosen, mahasiswa, tenaga ahli, penelitian dan PkM bersama, serta berbagai kegiatan lainnya”, ujar I Nyoman.

Sedangkan Rektor UPGRIS, Dr. Muhdi S.H., M.Hum menyampaikan ada banyak hal yang akan dikerjasamakan oleh dua universitas dibawah naungan PGRI ini. Kerja sama dalam upaya pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi antara lain Penelitan dan Pengabdian Masyarakat yang nantinya dapat dilaksanakan secara bersama. “’Salah satu yang menarik adalah adanya Prodi Bisnis Digital di Universitas PGRI Palembang yang bisa saja kita adaptasi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button