PGRI

............

holiday angkasa wisata
Olahraga

Ukir Sejarah, NPCI Ogan Ilir Ciptakan Hattrick Juara Umum Peparprov III Sumsel di OKU

 

SumselMedia.Com, Baturaja-

Pengurus National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Ogan Ilir akhirnya sukses mengukir sejarah membawa Ogan Ilir meraih Hattrick Juara Umum pada Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) III Sumsel di Bumi Sebimbing Sekundang, OKU 3-12 Desember 2021.

Pasalnya, pada Peparprov I Sumsel di Muara Enim 2017 lalu dan Peparprov II Sumsel di Prabumulih 2019 lalu, dibawah binaan Ketua NPCI Ogan Ilir Saparudin Gultom, Ogan Ilir Sukses menjadi yang terbaik dalam mencapai prestasi tertinggi pada multi event olahraga disabilitas terbesar Sumsel tersebut.

Ogan Ilir memastikan juara umum lantaran pada Klasmen (minus pertandingan goalball memperebutkan dua emas), sudah memuncaki klasmen dengan torehan 28 medali emas, 9 perak dan 17 perunggu. Sementara di runner up sementara ada Musi Rawas 24 emas, 20 perak dan 11 perunggu. Sedangkan posisi tiga sementara ada Muaraenim dengan 23 emas, 23 perak dan 15 perunggu.

“Alhamdulillah, atas ridho dari Alloh SWT dan perjuangan atlet akhirnya Ogan Olir bisa kembali mencapai target sebagai juara umum,” ujar Ketua NPCI Ogan Olir Saparudin Gultom didampingi Sekretaris Fahmi dan Bendahara Alyani, Jumat (10/12/2021).

Ketua NPCI Ogan Ilir dua periode tersebut menambahkan bahwa pihaknya telah menyampaikan kabar baik ini ke Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir. Dan menurutnya Pemkab Ogan Olir mengucapkan selamat atas pencapaian yang dilakukan NPCI Ogan Ilir yang telah meriah juara umum tiga kali berturut-turut pada III kali penyelenggaraan multi event olahraga disabilitas terbesat Sumsel Peparprov.

Saparudin menambahkan bahwa pada Closing Ceremony Peparprov III Sumsel yang akan digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati OKU rencananya akan dihadiri oleh Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar.

“Kabar baik (juara umum-red) ini Pak Bupati sudah mengetahui, dan informasinya akan hadiri di Closing Ceremony. Tapi yang pasti akan hadir sementara Pak Sekda dan Pak Kadispora,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Saparudin Gultom bahwa pihak Dispora sempat menyinggung dan mengupayakan bonus atlet dan pelatih yang berjuang di Peparprov III Sumsel di OKU akan dimaksimalkan. Artinya diharapkan bonus sama dengan atlet umum sebagaimana peraih medali emas sebesar Rp10 juta, perak sebesar Rp7 juta dan perunggu sebesar Rp5 juta.

Dikatakan Saparudin Gultom bahwa mempertahankan tahta juara umum Peparprov membutuhkan perjuangan berat terutama perjuangan atlet. Apalagi kekuatan daerah-daerah di Sumsel saat ini mulai merata.

Sehingga dibutuhkan keseimbangan antara pembinaan dan asupan anggaran guna mendukung pembinaan atlet secara berkelanjutan. Pasalnya sistem yang dibangun tanpa input pembiayaan akan sulit.

“Makanya kami berharap atas nama atlet agar Pemerintah bisa merespon ini guna menciptakan grand designs dalam mempertahankan juara umum ke empat pada Peparprov IV di Lahat 2023 mendatang,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button