PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Universitas PGRI Palembang Gelar Penyamaan Persepsi Dosen Pembimbing Lapangan KKL/ KKN Mahasiswa

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna memaksimalkan pelaksanaan KKL dan KKN mahasiswa pada Senin (11/10/2021) mendatang, Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat (LPPkM) Universitas PGRI Palembang  menggelar Penyamaan Persepsi Dosen Pembimbing Lapangan KKL/ KKN Mahasiswa, Senin (4/10/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman lian, M.M., M.Si, CIQaR, Wakil Rektor I/ II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR., Wakil Rektor III Drs. Sukardi, M.Pd, Ka.Biro AUPK 3 ORTALA Ramanata Disurya, S.H., M.H., Kepala BPM Dian Nuzulia Armeiriena, M.Pd., Kepala LPPkM Dr. Rohana, M.Pd., Dekan Fakultas Teknik Adiguna, S.T.,M.Si., Plh. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Edduar Hendry, M.M., Dekan Sains dan Teknologi sekaligus Plt. Direktur Pascasarjana Dr. Syaiful Eddy, M.Si., CiCnR, Wakil Dekan III FKIP Dr. Muhammad Indris, M.Pd dan Tim panitia, serta Dosen Pembimbing Lapangan.

(Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman lian, M.M., M.Si, CIQaR saat memberi arahan pada acara Penyamaan Persepsi Dosen Pembimbing KKL dan KKN)

Rektor Universitas PGRI Palembang dalam sambutannya  menyampaikan tentang pentingnya kerjasama para guru pamong dalam membimbing mahasiswa dalam kegiatan KKL/ KKN, serta senantiasa berkoordinasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan jika nanti terdapat kendala di lapangan.

“Sehingga dalam proses KKL maupun KKN, mahasiswa bisa melakukannya dengan berbasis zonasi atau tidak berpusat pada satu titik,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat terlibat dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid 19.

Senada dengan itu dikatakan Ketua Panitia sekaligus Kepala LPPkM Dr. Rohana, M.Pd menjelaskan Penyamaan Persepsi Dosen Pembimbing Lapangan KKL/KKN Mahasiswa Universitas PGRI Palembang Tahun Akademik 2021/2022 tahun ini bertemakan “Merenda Asa Menggapai Cita”.

(Ketua Panitia sekaligus Kepala LPPkM Dr. Rohana, M.Pd saat penyampaian laporan kegiatan)

Kegiatan KKL/KKN Mahasiswa akan dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober sampai dengan 22 November 2021. Adapun Jumlah peserta KKL/KKN sebanyak 1525 mahasiswa yang terdiri dari 871 peserta memilih KKL dan 684 peserta memilih KKN.

Peserta dalam KKL/KKN ini merupakan mahasiswa angkatan 2017 sampai dengan 2019. Adapun rinciannya sebagai berikut berdasarkan sebaran per Fakultas, dari 1525 mahasiswa peserta KKL/KKN terdistribusi pada: 1175 peserta dari FKIP, 41 peserta dari FST, 49 peserta dari FT, 246 peserta dari FEB, dan 14 peserta dari FPK.

Dosen pembimbing KKL/KKN berjumlah 91 orang dosen yang telah memenuhi persyaratan sebagai dosen pembimbing lapangan, yang berasal dari lima Fakultas dan unsur pimpinan.

“Mekanisme pemilihan DPL ini dilakukan dengan mengajukan permintaan kepada masing-masing Fakultas, dengan kuota pembimbing disesuaikan dengan asal Fakultas peserta KKL/KKN. Lokasi KKL/KKN terdiri dari 20 Kabupaten/Kota, yang tersebar pada 116 Kecamatan dan 143 instansi/perusahaan,” jelasnya.

Dikatakannya, bahwa untuk KKL FKIP, penempatan dan lokasi ditentukan oleh LPPkM secara random pada SMA/SMK/MA, SD, serta PAUD (TK/RA) yang ada di kota Palembang. LPPkM sudah menerima balasan dari permohonan izin pelaksanaan yang diajukan di dinas pendidikan kota dan provinsi.

Untuk pelaksanaan KKL non FKIP, lokasi ditentukan oleh mahasiswa yang bersangkutan, dengan mengantarkan surat izin pelaksanaan KKL di instansi yang dituju. Untuk penempatan lokasi KKN dipilih oleh mahasiswa sendiri berdasarkan tempat tinggal mahasiswa masing-masing. Masih ada beberapa kendala perizinan pada pemerintah daerah, seperti di kab BA, MUBA dan PALI.

“Salah satu penyebabnya adalah tertahannya surat karena para pejabat sedang DL. Pihak LPPkM terus berkoordinasi dengan pihak humas terkait,” terangnya.

(Para dosen saat mengikuti acara Penyamaan Persepsi Dosen Pembimbing KKL dan KKN)

Rohana menambahkan dalam kegiatan KKL/KKN, mahasiswa memilih apakah akan mengikuti program KKL atau KKN. Program KKL untuk mahasiswa FKIP diarahkan pada administrasi sekolah, sedangkan untuk mahasiswa non FKIP (FT, FEB, FST, dan FPK) diarahkan ke administrasi perkantoran atau administrasi pemerintahan disesuaikan dengan kantor/instansi yang dituju.

Program KKN merupakan bentuk Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan mahasiswa secara interdisipliner,  institusional dan kemitraan sebagai wujud tridharma perguruan tinggi. Selama masa pandemi Covid-19 ini, program KKN diarahkan ke 7 (tujuh) fokus program KKN Tematik. (ADV)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button