PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Universitas PGRI Palembang Gelar Sosialisasi, Penandatanganan MoU, MoA dan Pengabdian Masyarakat di MAN 2 OKI

 

SumselMedia.Com, OKI-

Sebagai salah satu Universitas terbaik di Sumatera Selatan, Universitas PGRI Palembang terus melakukan berbagai terobosan dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kali ini, Universitas yang terkenal dengan Cyber University ini menggelar sosialisasi, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Senin (16/8/2021).

Penandatangan kerjasama tersebut ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si, CIQaR yang diwakili oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FSL) Dr. Syaiful Eddy, M.Si., CIQnR., dengan Kepala MAN 2 OKI Dra. Yulyati, M.Si.

Kerjasama dilanjutkan dengan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) yang ditandatangani Kaprodi Biologi, Fisika dan Sains Lingkungan, Universitas PGRI Palembang dengan Kepala MAN 2 OKI Dra. Yulyati, M.Si, Senin (16/8/2021).

((Penandatanganan MoU antara Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si, CIQaR yang diwakili oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FSL) Dr. Syaiful Eddy, M.Si., CIQnR., dengan Kepala MAN 2 OKI Dra. Yulyati, M.Si)

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si, CIQaR yang diwakili oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FSL) Dr. Syaiful Eddy, M.Si., CIQnR., dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan di tanda tanganinya kegiatan kerjasama ini, banyak kemudahan yang diperoleh MAN 2 OKI, yaitu para siswa yang ingin melanjutkan studinya di Univeristas PGRI Palembang, diberikan kemudahan gratis uang pendaftaran dan pembangunan.

“Sedangkan para guru yang ingin melanjutkan studi S2 nya diberi potongan SPP 25%,” ujarnya.

Selain itu, Ia menambahkan bahwa sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini yaitu langsung diadakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh tim Dosen Prodi Biologi, berupa penyuluhan ke siswa MAN 2 dengan tema “Penggunaan Pestesida Alami”.

(Suasana penyambutan Tim Universitas PGRI Palembang diruang Kepala MAN 2 OKI Dra. Yulyati, M.Si)

Selama ini masyarakat petani banyak menggunakan pestesida berbahan kimia (sintetik) jenis organoklorin, yaitu DDT, BHC, heptaklor, aldrin, dan dieldrin. Hal ini tentunya dalam jangka panjang berdampak pada kesehatan. Alternatif untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan bahan alami, yang merupakan produk metabolit sekunder dapat dimanfaatkan sebagai bahan aktif pestisida nabati.

Pestisida nabati tidak hanya mengandung satu jenis bahan aktif (single active ingredient), tetapi beberapa jenis bahan aktif (multiple active ingredient), contohnya biji bengkuang, akar tuba, abu serai dapur, kayu manis, dan brotowali.

(Pemberian Voucher gratis uang pendaftaran dan uang pembangunan bagi siswa MAN 2 OKI yang akan melanjutkan ke Universitas PGRI Palembang)

Sementara itu Kepala MAN 2 OKI Dra. Yulyati, M.Si menyambut baik kerjasama yang dituangkan langsung melalui penandatanganan MoU, MoA hingga pelaksanaan PkM.

Menurutnya, hal ini adalah dalam upaya peningkatan sumberdaya manusia, khususnya  siswa yang ingin melanjutkan perkuliahan dan para guru yang ingin meningkatkan kompetensi pendidikan yang lebih tinggi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang memiliki kami MAN 2 OKI dalam kerjasama ini,” pungkasnya.

(Foto bersama Tim Universitas PGRI Palembang dan MAN 2 OKI)

Kegiatan PKM ini ditutup dengan pembagian voucher gratis uang pendaftaran dan uang pembangunan bagi siswa yang akan melanjutkan ke Universitas PGRI Palembang, dilanjutkan kegiatan foto bersama antara dosen, pihak sekolah, siswa dan mahasiswa prodi biologi  Fakultas Sains dan Teknologi. (ADV).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button