PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

UPGRIP Ajak Warga Talang Keramat Manfaatkan Aplikasi Budidaya Ikan dan Sayuran Dalam Ember

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebagai salah satu Universitas terbaik di Sumatera Selatan, Universitas PGRI Palembang tak hanya konsen dalam menciptakan lulusan yang berkualitas melalui Pendidikan dan Pengajaran serta Penelitian dan Pengembangan.

Akan tetapi Kampus Biru ini terus melaksanakan program yang tak kalah penting dari Tri Darma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Berangkat dari hal tersebut, keenam dosen diketuai oleh Rahma Mulyani, S.Pi., M.Si beserta anggotanya Sumantriyadi, SP, M.Si, Lia Perwita Sari SP, M.Si., Humairani, S.Pi., M.Si, Sujaka, S.Pi., M.Si, Santi Mayasari, M.Pd., dan Dr. Ir. Hj. Tri Widayatsih, M.Si serta dibantu 2 mahasiswa yaitu Nanda Aprilia dan Muhammad Firdaus Ramadhan dan satu orang alumni Muharom Hady, A.Md.Pi melakukan PkM di Kelurahan Talang Keramat, Banyuasin.

Dalam kesempatan tersebut Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang Indah Anggraini Yusanti , S.Si., M.Si mengatakan bahwa budidaya ikan dalam ember “budikdamber” menjadi solusi potensial bagi budidaya perikanan di lahan yang sempit dengan penggunaan air yang lebih hemat.

“Budidaya ini mudah dilakukan masyarakat di rumah masing-masing dengan modal yang relatif kecil dan diharapkan dapat mencukupi kebutuhan gizi masyarakat. Selain itu untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan ibu-ibu rumah tangga dan warga secara umum, sehingga perlu dilakukan pengabdian dan pendampingan kepada masyarakat salah satunya yaitu dengan mengenalkan dan melakukan pengaplikasian budidaya ikan lele sistem Budikdamber (Budidaya Ikan Dalam Ember),” ujarnya.

(Foto bersama)

Dikatakannya, pada PkM ini, masing-masing dosen menyampaikan berbagai materi yang berbeda yakni Pentingnya Budidaya Ikan di Era Globalisasi disampaikan oleh Sujaka Nugraha, S.Pi., M.Si, Jenis-jenis Ikan Air Tawar Konsumsi Budidaya disampaikan oleh Santi Mayasari, M.Pd, Preparasi Wadah disampaikan oleh Humairani, S.Pi., M.Si, dan Persiapan Media Budidaya d Penyemaian Sayuran disampaikan oleh Rahma Mulyani, S.Pi., M.Si, Penebaran, Perawatan dan Panen disampaikan oleh Sumantriyadi, S.Pi., M.Si dan Analisis Usaha Budikdambar dan Manfaat Budikdamber Perikanan disampaikan oleh Lia Perwita Sari, S.P., M.Si.

Pada saat bersamaan, PkM tersebut juga diikuti dengan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) antara Universitas PGRI Palembang dengan Kelurahan Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa yang ditandatangani oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Indah Anggraini Yusanti, S.Si.,M.Si dengan Lurah Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa Leni Marlina, SY.,SE.

Dalam kesempatan itu juga, Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang Indah Anggraini Yusanti , S.Si., M.Si. mengatakan bahwa Universitas PGRI Palembang sebagai salah satu Universitas terbaik di Sumatera Selatan memiliki banyak keunggulan.

Apalagi, saat ini telah memiliki akreditasi B yang dilengkapi fasilitas laboratorium 5 lantai dan perpustakaan yang lengkap. “Selain fasilitas lengkap. Universitas PGRI juga memiliki akreditasi A terbaik di Sumatera Selatan,” jelasnya.

Menariknya lagi, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.
Selain itu, bagi orang tua siswa anggota PGRI, akan mendapatkan diskon SPP hingga 50 persen dan bagi guru-guru yang akan melanjutkan S2, yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Univeritas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan keringanan SPP sampai 25 persen serta bebas uang pendaftaran sebesar Rp. 600.000.

“Kita mempunyai tiga program Studi di Pascasarjana, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Manajemen Pendidikan,” urainya.

Sementara itu Ketua PkM Rahma Mulyani, S.Pi, M.Si mengatakan tujuan kegiatan ini adalah dapat meningkatkan pengetahuan tentang inovasi Budidaya Ikan dan Sayuran Dalam Ember (Budikdamber) dalam sekala rumah tangga di wilayah Kelurahan Talang Keramat, Kabupaten Banyuasin.

Kegiatan ini, bisa memberikan pedoman ataupun petunjuk operasional serta meningkatkan kompetensi ibu rumah tangga di Kelurahan Talang Keramat, Kabupaten Banyuasin tentang pengaplikasian teknik Budikdamber.

Selain itu, menjadikan salah satu usaha bisnis dengan memanfaatkan lahan terbatas yang dapat diterapkan di daerah Kelurahan Talang Keramat, Kabupaten Banyuasin dalam menopang kehidupan rumah tangga.

Kegiatan ini juga ditujukan untuk sekelompok ibu rumah tangga di daerah Kelurahan Talang Keramat, Kabupaten Banyuasin yang tidak bekerja agar dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan menguntungkan serta menjadi solusi dalam memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan yang sempit agar menjadi lebih efisien yaitu dengan Pengaplikasian salah satu inovasi teknik Budidaya Ikan dan Sayuran Dalam Ember yang dikenal dengan Budikdamber.

Sementara itu Lurah Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa Leni Marlina, SY.,SE. menyampaikan dan berterimkasih atas kunjungan tim PkM Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang.

“Semoga PkM ini dapat menjadi salah satu inovasi budidaya ikan yang efektif dan efisien berbasis rumah tangga yang dapat dilakukan di lahan terbatas yang memadukan antara budidaya ikan dan sayuran dengan menggunakan sarana ember sebagai wadah budidaya ikan dan memanfaatkan air media budidaya untuk pertumbuhan sayuran. Serta untuk meningkatkan kompetensi Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Talang Keramat, Kabupaten Banyuasin dalam pengaplikasian Budidaya Ikan dan Sayuran Dalam Ember (Budikdamber),” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button