PGRI

............

holiday angkasa wisata
Sumsel

UPGRIP Ajarkan Guru SDN 14 Banyuasin I Tentang Bahan Ajar Digital

 

SumselMedia.Com, Banyuasin-

Pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) membuat berbagai sektor mengalami perubahan, termasuk dunia pendidikan. Bahan ajar pun menjadi hal penting diperhatikan seorang guru di era saat ini.

Berangkat dari hal tersebut, Tim LPPKM Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Workshop Pembuatan Bahan Ajar Digital dan Pemanfaatan Platform Pembelajaran bagi 12 guru kelas, dan guru mata pelajaran di SDN 14 Banyuasin I pada tanggal 21 Juli hingga 6 Agustus 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua LPPKM UPGRIP, Dr. Rohana, M.Pd, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Muhrizon, S.Pd, Kepala Sekolah SDN 14 Banyuasin I, Budi Rusdiono, S.Pd., M.Pd, dan Tim PKM yang terdiri dari Murjainah, S.Pd.,M.Pd., Arief Kuswidyanarko,M.Pd., Farizal Imansyah, M.Pd.

(Foto bersama)

“Workshop ini merupakan wujud Pengabdian kepada Masyarakat yang merupakan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi. PkM ini dibiayai oleh Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbudristek Sesuai dengan Kontrak Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2022 nomor : 090/E5/R.A.00.PM/2022 tanggal : 10 Mei 2022,” ujar Ketua LPPKM UPGRIP, Dr. Rohana, M.Pd.

Lanjut Rohana, setelah guru mengikuti kegiatan ini diharapkan keterampilan guru SDN 14 Banyuasin I dapat meningkat dalam membuat bahan ajar digital dan dapat memanfaatkan platform pembelajaran.

Kegiatan PKM pada tanggal 21-23 Juli 2022 ini terdiri dari rangkaian kegiatan, yaitu pembukaan kegiatan yang terdiri dari sambutan Kepala LPPKM Unniversitas PGRI Palembang, Ketua K3S dan Kepala SDN 14 Banyuasin I yang sekaligus membuka acara kegiatan, lalu penandatanganan MOU penyerahan dan cinderamata dan juga ring-light yang akan digunakan untuk kegiatan PKM.

(Suasana Workshop)

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi berupa pengenalan bahan ajar digital berupa video pembelajaran dan multimedia pembelajaran, dilanjutkan dengan workshop membuat video pembelajaran dan multimedia pembelajaran.

Selama berlangsungnya kegiatan PKM ini, guru tampak antusias mengikuti kegiatan PKM. Guru juga menyimak materi yang disampaikan oleh pemateri PKM. Diharapkan guru dapat menyusun garis besari isi materi untuk bahan ajar yang akan di desain serta dapat menyusun skenario untuk video pembelajaran yang kemudian dilanjutkan dengan merekam video guru dan selanjutnya di edit melalui aplikasi Capcut untuk video pembelajaran. Selain itu, guru juga dapat mendesain multimedia pembelajaran dengan menggunakan Ms. Power Point.

Kegiatan PKM inu, terdiri dari rangkaian kegiatan praktik mengajar dengan memanfaatkan bahan ajar digital dan plaftform pembelajaran. Setelah guru dapat menyelesaikan video dan multimedia pembelajaran tersebut guru. Selanjutnya memanfaatkan platform pembelajaran berupa google classroom dan Edmodo untuk pembelajaran, yakni dengan memasukkan karya guru berupa video dan multimedia ke dalam pembelajaran.

“Sebelum guru mempraktikkan ke dalam pembelajaran, guru diberikan waktu untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Selanjutnya guru memanfaatkan platform pembelajaran tersebut, guru mempraktikkan mengajar ke dalam kelas,” terangnya.

Selama pelatihan guru didampingi oleh tim PKM Dosen dan Mahasiswa Program Studi Universitas PGRI Palembang dalam membuat bahan ajar digital tersebut. Pelibatan mahasiswa dalam kegiatan PKM ini sebagai bentuk implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dan kegiatan inu akan ditutup pada 6 Agustus 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button