PGRI

............

Kesehatan

Akselerasi UHC, Tim TGUPP Sumsel bersama BPJS Kesehatan Sambangi Bupati Banyuasin

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna melakukan percepatan Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Provinsi Sumatera Selatan, Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bidang Kesehatan Masyarakat bersama BPJS Kesehatan melakukan audiensi dengan Bupati Banyuasin yang bertempat di ruang pertemuan Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Selasa (9/5/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Banyuasin beserta jajaran, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan beserta jajaran, Staf Khusus Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Asisten Deputi Kepesertaan dan Mutu Layanan BPJS Kesehatan Wilayah 3 dan Kepala Kabupaten Banyuasin BPJS Kesehatan.

Melalui staf khusus Provinsi Sumatera Selatan Dra. Lesty Nurainy Apt.,M.Kes mengatakan bahwa tim ini dibentuk untuk memastikan bahwa percepatan pembangunan khususnya di bidang kesehatan dapat segera diwujudkan oleh seluruh kota dan kabupaten di wilayah provinsi Sumatera Selatan khususnya integrasi jaminan kesehatan ke dalam Program JKN melalui komitmen UHC.

Sementara itu Asisten Deputi Kepesertaan BPJS Kesehatan kedeputian wilayah III Juliansyah menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk senantiasa memberikan perlindungan penuh kepada seluruh masyarakatnya ke dalam Program JKN.

Dengan kolaborasi dan dukungan kepala daerah serta para pemangku kepentingan, diharapkan bisa menghasilkan hasil positif dalam mendukung percepatan Universal Health Coverage (UHC) di wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Dari data yang ada tercatat jumlah cakupan peserta JKN se-provinsi Sumsel sampai dengan 01 Mei 2023 sebesar 91,31% atau sebesar 7.894.999 jiwa terhadap penduduk semester I tahun 2022 namun dibandingkan penduduk semester II tahun 2023 jumlah cakupan mencapai 90,18%.

Untuk jumlah cakupan peserta JKN di Kabupaten Banyuasin sebesar 89,88% atau sekitar 743.118 jiwa terhadap jumlah penduduk semester I 2022 namun dibandingkan jumlah penduduk semester II 2022 maka jumlah cakupan menjadi 88,78%, ujar Juliansyah.

Sementara itu Askolani selaku Bupati Banyuasin menyambut baik kunjungan yang dilakukan TGUPP Provinsi ke Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

Terima kasih atas kunjungan yang dilakukan, kami menyambut baik program yang dilakukan oleh pemerintah provinsi. Program JKN merupakan program yang sangat baik yang dapat membantu masyarakat dalam hal bidang kesehatan. Kami selaku pemerintah kabupaten banyuasin akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pendataan dalam percepatan program pemerintah ini, yang jelas Kabupaten Banyuasin Konsisten, Komitmen dan Setia kata Askolani.

Pemerintah Kabupaten Banyuasin siap mendukung percepatan menuju UHC dan akan menginstrusikan ke jajaran terkait untuk selalu memonitor perkembangan jumlah peserta yang belum di masukkan ke dalam Program JKN.

Lebih lanjut Askolani menambahkan bahwa Kabupaten Banyuasin membutuhkan dukungan dari provinsi untuk membantu optimalisasi jumlah cakupan peserta melalui anggaran provinsi. Diharapkan per September 2023 jumlah cakupan peserta Kabupaten Banyuasin dapat mencapai 95% melalui penambahan alokasi anggaran Pemda dengan sharing anggaran provinsi yaitu 30% dari anggaran Kabupaten dan 70% dari anggaran provinsi.

Dengan kerjasama, integritas yang harmonis antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, BPJS Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Banyuasin di harapkan UHC akan tercapai, karena hal ini juga mensupport kinerja Provinsi Sumatera Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button