PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Dengan Prokes Ketat, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang Gelar Yudisium

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Dengan Protokol Kesehatan (Prokes) ketat, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang menggelar

Yudisium dan Pelantikan ke-34 untuk program studi biologi dan Fisika di Aula H. Usman Madjid Gedung Perpustakaan, Senin (30/8/2021).

Yudisium 20 sarjana baru tersebut dilaksanakan dengan menjaga jarak, wajib masker dan diukur suhu sebelum masuk. Bahkan, kapastias Aula yang berkapasitas ratusan orang diisi dengan 40 orang.

Prosesi Yudisium dan Pelantikan dilakukan oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang Dr. Syaiful Eddy, M.Si, CIQnR.

(Wakil Dekan Fakultas Sainstek Dr. Andi Arif, M.Si saat membacakan SK Yudisium)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M, M.Si., CIQaR yang diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E.M.M, CIQaR, Wakil Sekretaris YPLP PT PGRI Provinsi Sumsel, Drs. M. Room, Sm., Hk,  Wakil Rektor III Drs. Sukardi, M.Pd., Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang Dr. Andi Arif, M.Si., Wakil Dekan III FKIP Dr. M. Idris, M.Pd., Kaprodi Biologi Dewi Novianti, S.Si, M.Kes dan Kaprodi Fisika, Jumingin, M.Si., Kepala UPT Perpustakaan, UPT Sains Center, dan seluruh pejabat dilingkungan Universitas PGRI Palembang

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang Dr. Syaiful Eddy, M.Si, CIQnR dalam sambutannya  menjelaskan  kegiatan yudisium merupakan agenda rutin yang selalu dilaksanakan oleh setiap fakultas untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya.

Dan Fakultas Sains dan Teknologi  Universitas PGRI Palembang melantik 20 sarjana baru, 16 dari program studi biologi dan 4 dari program studi fisika, yang masing masing menyelesaikan masa studinya selama 4 tahun. Dan pada hakikatnya penambahan gelar di depan atau belakang nama merupakan indikator akademik yang dapat menambah kekuatan baru bagi para lulusan untuk dapat berkontribusi lebih baik, kuat, dan besar di tengah masyarakat.

“Selamat dan sukses untuk sarjana baru yang telah dilantik. Jadilah insan cerdik cendekia yang senantiasa membawa manfaat di mana pun saudara akan berkarya,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa Fakultas Sains dan Teknologi  Universitas PGRI Palembang sejak tahun 2018 memberikan program kuliah gratis untuk program studi fisika, tahun ini ada 15 kuota yang tersedia untuk para mahasiswa dengan melalui rangkaian tehapan mulai dari seleksi nilai,  kemudian wawancara. Akan tetapi bagi mahasiswa yang tidak lolos di program kuliah gratis bisa memilih alternatif yang diberikan prodi fisika dengan potongan biaya kuliah 50% .

“Tujuan kita dengan kuliah gratis ini dapat menyaring mahasiswa yang berprestasi secara akademik namun memiliki kondisi ekonomi yang kurang baik,” ujar Syaiful Eddy.

(Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M, M.Si., CIQaR melalui Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR menyerahkan sertifikat dengan pujian kepada sarjana baru)

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M, M.Si., CIQaR melalui Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E.M.M, CIQaR mengatakan bahwa saat ini Perguruan Tinggi yang dipimpin oleh Rektor  mulai menerapkan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) sesuai dengan imbauan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

“Dan untuk mendapatkan PIN, mahasiswa harus benar-benar teliti dalam mengisi data dan harus sinkron dengan data ijazah-ijazahnya baik SD, SMP maupun SMA, juga nomor induk KTP dan KK harus sama dan data di perguruan tinggi harus sinkron. Setelah data tidak ada yang berbeda barulah kita ajukan untuk mendaptarkan nomor ijazah nasional di kementerian,” jelas Yasir.

Yasir mengajak seluruh alumni yang telah dilantik untuk memanfaatkan kesempatan emas yang diberikan oleh Universitas PGRI Palambang dengan memberikan kemudahan bagi seluruh alumni yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Program Pascasarjana. Kemudahan itu berupa bebas 100 persen uang pendaftaran dan diskon 25 % uang SPP sampai selesai perkuliahan.

“Manfaatkan kesempatan emas yang diberikan Universitas PGRI Palembang ini, karena kesempatan emas ini tidak datang untuk kedua kali,” kata Yasir.

(Suasana Peserta saat mengikuti Prosesi Yudisium dan Pelantikan)

Wakil Sekretaris YPLP PT PGRI Provinsi Sumsel, Drs. M. Room, Sm., Hk.  berpesan kepada seluruh sarjana baru yang telah dilantik untuk dapat memanfaatkan ilmu yang didapatkan ini lebih baik. Apalagi mengingat, persaingan saat ini sudah sangat tinggi.

“Saya harap para lulusan ini dapat bersaing di tengah era saat ini. Ada empat hal yang harus dimiliki dan  dikuasai para lulusan, yakni kecerdasan spiritual, intelektual, sosial, dan emosional. Insya Allah, jika empat hal ini dikuasai atau dimiliki akan mampu bersaing ditengah era saat ini,” ajaknya.

Menurutnya, penyusunan kurikulum dalam perkuliahan juga harus dilakukan dengan baik untuk memberikan pelayanan terbaik bagi anak bangsa yang menimba ilmu di Fakultas Sains dan Teknologi  Universitas PGRI Palembang. Sesuai dengan motto Fakultas Sains melayani dengan santun (Santun, Amanah, Ikhlas, Nyaman dan Sabar).

“agar output alumni Fakultas Sainstek  adalah orang-orang yang bisa bersaing di masyarakat serta dapat memberikan kontribusi yang terbaik untuk negara indonesia,” pesannya.

(Penyerahan cinderamata dari alumni prodi Biologi kepada Kaprodi Biologi Dewi Novianty, S.Si., M.Kes)

Dalam Yudisium ke-34 ini, Alumni Prodi Biologi memberikan kenang-kenangan berupa sumbangan 1 torso ginjal manusia,2 baju jas laboratorium, dan beberapa buku yang secara simbolis diserahkan oleh Nella Rosa Damayanti, S.Si. kepada Kaprodi Biologi Dewi Novianti, S.Si, M.Kes.

Dalam kesempatan itu, Kaprodi Biologi Dewi Novianti, S.Si, M.Kes mengungkapkan sumbangan akademik dan non akademik dari alumni ini akan digunakan sebaik-baiknya. “Buku, baju jas laboratorium  dan alat torso ginjal manusia  ini nantinya akan diserahkan ke laboratorium biologi untuk  praktikum,” ujarnya.

Alumni Prodi Fisika juga  memberikan kenang-kenangan berupa beberapa buku secara simbolis diserahkan oleh Alun Pratama, S.Si kepada Kaprodi Fisika Jumingin, M.Si. (ADV).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button