PGRI

............

Pendidikan

Direktur Eksekutif BAN-PT Dukung UBD Jadi Kampus Unggul 2025

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Universitas Bina Darma (UBD) sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Sumsel terus melakukan berbagai terobosan. Apalagi, Kampus dengan Tagline UBD Unggul 2025 ini sangat berkomitmen dengan kualitas akreditasi.

Berangkat dari hal tersebut, UBD menggelar Diskusi Sistem Penjamin Mutu Eksternal Melalui Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0 di Aula Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc (Lantai 6) Kampus Bochari Rachman 1, Selasa (21/3/2023).

Kegiatan ini menghadirkan Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc. Direktur Eksekutif BAN-PT selaku Narasumber, Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M. Sc, selaku Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II, Dr.Drs.H.M.Helmi, M.Si, selaku Ketua APTISI Wilayah II A, serta Prof. Dr. Obsatar Sinaga, M.Si selaku Rektor Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung.

(Suasana Diskusi)

Diskusi ini dihadiri langsung Pimpinan Universitas Bina Darma yang hadir Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M. selaku Rektor Universitas Bina Darma, Ria Andryani, M.M. M. Kom. selaku Wakil Rektor Bidang SDM, Dr. Edi Surya Negara, M.Kom., Rektor Bidang Riset, Teknologi dan Inovasi serta Ade Kemala Jaya, S.E., Ak., M.Acc selaku Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, serta tim BPM dan akreditasi UBD.

Pada kesempatan itu Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc mengapresiasi atas kegiatan yang digelar UBD. “Saya mendukung universitas yang ingin maju, saya juga ingin membawa UBD menuju unggul 2025,” ujarnya.

Menurutnya, Layanan APT & APS OLEH BAN-PT Reakreditasi, Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA), Akreditasi Minimum PT/PS baru, Konversi Peringkat Akreditasi  ISK, Surveilen-Perubahan bentuk, banding, aduan masyarakat dan Penyetaraan akreditasi internasional.

Dan dirinya mendukung UBD menjadi Universitas berkualitas. “Universitas yang berkualitas adalah universitas yang memberikan pembelajaran terbaik, serta mampu bersaing di nasional maupun internasional,” tuturnya.

Lebih lanjut Direktur Eksekutif BAN-PT itu menjelaskan pentingnya penjaminan mutu pendidikan tidak terlepas dari penerapan proses secara konsisten dan berkelanjutan.

Dengan adanya Perguruan Tinggi yang bermutu, maka akan menghasilkan lulusan yang mampu secara aktif mengembangkan potensinya dan menghasilkan IPTEK yang berguna (UU 12/20212 Pasal 51).

(Foto bersama)

Ada 9 kriteria penilaian akreditasi yang perlu dilakukan agar Universitas Bina Darma menuju UBD Unggul 2025, yakni:

  1. Visi, Misi, Tujuan dan Strategi
  2. Tatata Pamong, Tata Kelola dan
  3. Kerjasama
  4. Mahasiswa
  5. Sumber Daya Manusia
  6. Keuangan, Saran dan Prasarana
    Pendidikan
  7. Penelitian
  8. Pengabdian kepada Masyarakat

Pada kesempatan yang sama, Dr. Iskhaq Iskandar, M. Sc, menuturkan harapannya agar perguruan tinggi dapat mencapai tujuan usai mengikuti kegiatan Diskusi Sistem Penjamin Mutu Eksternal Melalui Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0.

“Kami berharap melalui kegiatan ini nantinya Perguruan Tinggi dapat menyusun rencana yang tepat agar tujuan akreditasi tercapai,” ujar Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II.

Sementara itu, Rektor UBD Dr. Sunda Ariana, M.Pd., MM mengucapkan terima kasih atas kesediaan para narasumber untuk berbagi ilmu dalam Diskusi Sistem Penjamin Mutu Eksternal Melalui Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0. “Dan ini sebagai salah satu komitmen UBD yang selalu konsen dengan kualitas dengan Tagline UBD Unggul 2025,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button