Pendidikan

Dorong Mahasiswa Sukses di P2MW Kemendikbudristek, UPGRIP Gelar Pelatihan 

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna mendorong kreatifitas mahasiswa sukses di Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Kemendikbudristek 2022, Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar sosialisasi, pelatihan hingga seleksi pada program wirausaha bagi mahasiswa tersebut.

Semangat yang dilakukan UPGRIP tersebut selaras dengan tujuan UPGRIP yang tak hanya mendidik mahasiswa yang cerdas dan siap bersaing, akan tetapi juga memiliki jiwa wirausaha.

Sosialisasi, pelatihan dan seleksi P2MW Kemendikbudristek 2022 yang dilakukan UPGRIP tersebut dibuka oleh Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, MM., M.Si., CIQaR yang diwakili oleh Wakil Rektor I/ II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR di Gedung Perpustakaan Aula Drs. Usman Madjid, Jumat (20/05/2022).

Turut hadir, Kepala LPPKM Dr. Rohana, M. Pd., CIQnR., Dekan Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan, Indah Yusanti Anggraini, S.Si., M.Si., Dekan Fakultas Teknik Adiguna, S.T., M.Si diwakili oleh wakil Dekan Aan Safentry, S.T., M.T. serta para tamu undangan.

Kegiatan ini menghadirkan para narasumber yakni Plh. Kepala UPT  Business and Science Center Universitas PGRI Palembang Zahruddin Hodsay, M.M., C.LMA., CMMi., CFR., Ketua Unit Inkubasi Bisnis UPGRIP M. Toyib, M.Pd., Operator LPPKM Universitas PGRI Palembang Abadi, S. Kom., para dosen pembimbing dan atau reviewer Zahruddin Hodsay, M.M., C.LMA., CMMi., CFR, Dr. Rohana, M.Pd.,CIQnR,  M. Toyib, M.Pd., Depi Piramika, S.Pd., M.si., Puput Sekar Sari, M.M., Dr. Nurkadina Novalia, S.E., M.Si., Rismansyah, S.E., M.Si., Oktariansyah, S.E., M.M., Aan Safentry, S.T., M.T., Syahril Al Zahri, ST., MT, Dian Mutiara, Atina, S.Si, M.Si dan Humairani, S.Pi, M.Si.

(Ketua Panitia Kegiatan sekaligus  Plh. Kepala UPT Business and Science Center Universitas PGRI Palembang Zahruddin Hodsay, M.M., C.LMA., CMMi., CFR.,)

Dalam kesempatan tersebut Ketua Panitia Kegiatan sekaligus  Plh. Kepala UPT Business and Science Center Universitas PGRI Palembang Zahruddin Hodsay, M.M., C.LMA., CMMi., CFR., dalam laporannya mengatakan  kegiatan ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu Pelatihan dan workshop penyusunan proposal P2MW,  Pembimbingan dan Pendampingan, Seleksi proposal oleh reviewer internal (Tiap tim wirausaha mhs dinilai oleh 3 reviewer) untuk memilih 6 terbaik, dan Pengiriman dan submit 6 proposal terbaik ke Kemedikbud oleh Universitas (operator/melalui LPPKM).

Menurutnya, Pembimbingan dan Pendampingan, diikuti oleh 26 tim (dengan anggota 3 sampai 5 tim). Sosialisasi ini juga iikuti  oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 12 tim, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 8 tim, Fakultas Sains dan Teknologi 3 tim, Fakultas Teknik 2 tim, dan Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan 1 tim.

“Universitas PGRI Palembang pada kegiatan P2MW tahun ini, terdapat 5 kelompok bidang usaha yang dapat didaftarkan, diantaranya: Makanan dan Minuman, Produksi dan Budidaya, Jasa Perdagangan,” ujarnya.

(Rektor I/ II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR)

Sementara itu Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili oleh Rektor I/ II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR menjelaskan mahasiswa yang berani berwirausaha adalah sesuatu langkah besar,  dalam prosesnya wirausaha muda akan menemui banyak rintangan dan hambatan.

“Sehingga dibutuhkan pendampingan agar bisa mengarahkan dan membimbing usaha mereka. menciptakan wirausaha handal, yang punya bisnis bagus dan bertalenta dan  berharap mahasiswa untuk ikut kegiatan-kegiatan pendampingan usaha didampingi langsung oleh mentor usaha yang hebat serta dosen-dosen yang konsen di dunia wirausaha,” ujarnya

Program ini sangat penting diikuti oleh mahasiswa karena merupakan ajang kompetisi bagi mahasiswa untuk memperoleh kesempatan dalam pengembangan dan pembinaan terhadap aktivitas wirausaha mahasiswa. Apalagi, program ini selaras dengan kegiatan penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dilakukan. Sehingga Universitas PGRI Palembang melalui UPT Business and Science Center Kerjasama dengan LPPKM dan Unit Inkubator Bisnis Universitas PGRI Palembang tidak ingin melewatkan kesempatan ini sebagai upaya peningkatan prestasi mahasiswa yang merupakan bagian dari Indikator Kinerja Utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button