Pendidikan

Dosen Pendidikan Akuntansi dan PGSD  FKIP UPGRIP Gelar Pelatihan dan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital di SMAN 1 Rambutan

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Sumatera Selatan, Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) tak hanya konsen dalam menciptakan lulusan yang berkualitas melalui Pendidikan dan Pengajaran serta Penelitian akan tetapi Kampus Biru ini terus melaksanakan program yang tak kalah penting dari Tri Darma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Berangkat dari hal tersebut sebanyak 8 orang dosen yang tergabung dalam Dosen FKIP Pendidikan Akuntansi dan PGSD menggelar PkM melalui kegiatan Pelatihan dan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital di SMAN 1 Rambutan.

PkM tersebut diketuai oleh Erma Yuliaini, S.Pd., M.Si.,  yang beranggotakan Zahruddin Hodsay, S.Pd., M.M,.  Hendri Gunawan, S.Pd., M.Pd, . M. Toyib, S.Pd., M.Pd., Depi Pramika, S.Pd., M.Si., Hj. Ida Suryani, S.Pd., M.Si., Diana Widhi Rachmawati, S.Ip., M.M., dan  Nuryanti Permatasari, SE, M.M., serta didampingi oleh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP yaitu Putri Purnama, Sunarmo Tri Atmojo dan Retno Angrayni.

Masing masing dosen menyampaikan materi yang berbeda yakni Hendri Gunawan, S.Pd., M.Pd dengan tema  Memahami Pasar-Pasar Digital sebagai Peluang Berwirausah materi kedua dengan tema Kreativitas sebagai Kunci Sukses dalam Berwirausaha oleh M. Toyib, S.Pd., M.Pd.,  Depi Pramika, S.Pd., M.Si mengenai Wirausaha Berbasis Digital dalam Menghasilkan Pendapatan Bagi Siswa., Pengelolaan Program Kewirausahaan di Sekolah Secara Digital oleh Hj. Ida Suryani, S.Pd., M.Si., Perlunya Pemahaman Pemasaran Produk Terhadap Peningkatan Jumlah Penjualan materi kelima yang disampaikan oleh Diana Widhi Rachmawati, S.Ip., M.M.

Kemudian dilanjutkan materi keenam oleh Nuryanti Permatasari, SE, M.M. dengan materi Pengembangan Wirausaha dengan Menerapkan Digital Marketing. Selanjutnya Erma Yulaini, S.Pd., M.Si mengenai Manajemen Karakter Wirausaha Sukses Menuju Era Digital. Dan materi terakhir oleh Zahruddin Hodsay, S.Pd., M.M tentang Pengenalan Manajemen Keuangan Wirausaha Berbasis Aplikasi Digital.

(Suasana Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Pendidikan Akuntansi dan PGSD FKIP UPGRIP di SMAN 1 Rambutan)

Pada saat bersamaan, PkM tersebut juga diikuti dengan perpanjangan penandatangan kerjasama antara Universitas PGRI Palembang dengan SMA Negeri 1 Rambutan dituangkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor Universias PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR yang diwakili oleh Pelaksana PkM Zahruddin Hodsay, S.Pd., M.M .,  dengan Kepala SMA Negeri 1 Rambutan Drs. H. Firman, M.Pd.

Dalam kesempatan ini Zahruddin Hodsay, S.Pd., M.M didampingi oleh ketua PkM Erma Yuliaini, S.Pd., M.Si.,  mengatakan bahwa guna meningkatan kemampuan siswa dan guru dalam berwirausaha berbasis digital hal ini terlihat dari adanya keterampilan dalam pemanfaatan digital terutama media sosial dalam proses untuk memulai usaha baru atau perluasan pasar berbasis digital (wirausaha berbasis digital).

Dalam kesempatan tersebut,  Zahruddin Hodsay, S.Pd., M.M juga mengatakan bahwa Universitas PGRI Palembang sebagai salah satu Universitas terbaik di Sumatera Selatan memiliki banyak keunggulan. Apalagi, saat ini telah memiliki akreditasi B yang dilengkapi fasilitas Business & Science Center 5 lantai dan Perpustakaan yang lengkap. “Selain fasilitas lengkap, Perpustakaan Universitas PGRI juga memiliki akreditasi A terbaik di Sumatera Selatan,” jelasnya.

Menariknya lagi, bagi lulusan yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.

Selain itu, bagi orang tua siswa anggota PGRI, akan mendapatkan diskon SPP hingga 50 persen dan bagi guru-guru yang akan melanjutkan S2, yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Univeritas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan keringanan SPP sampai 25 persen serta bebas uang pendaftaran sebesar Rp. 600.000;

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran, dan ada juga penawaran kuliah gratis.

(Foto bersama Dosen Pendidikan Akuntansi dan PGSD FKIP UPGRIP di SMAN 1 Rambutan)

Sementara itu dikatakan Kepala sekolah SMA Negeri 1 Rambutan Drs. H. Firman, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih SMA Negeri 1 Rambutan sebagai tempat pelaksanaan PkM.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah mengunjungi kami dalam rangka pelaksanaan PkM. Hal ini semoga dapat membantu para guru dan para siswa SMA Negeri 1 Rambutan kami dalam meningkatkan menumbuhkan pemahaman siswa dan guru agar semangat membuka usaha berbasis digital,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button