Pendidikan

Dosen Prodi Budidaya Ikan UPGRIP Gelar Sosialisasi, MoU, MoA dan PkM di MA Bahrul Ulum Banyuasin

 

SumselMedia.Com, Banyuasin-

Sebagai wujud memaksimalkan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Program Studi Budidaya Ikan (D3) Fakultas Perikanan dan Kelauatan Universitas PGRI Palembang melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di MA Bahrul Ulum Muliasari, Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin.

PkM ini juga dibarengi dengan kegiatan sosialisasi, Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA).

Program PkM yang dilakukan sendiri menyoroti animo masyarakat terhadap tingginya tingkat konsumsi ikan baik ikan yang berasal dari perikanan tangkap ataupun hasil budidaya. Pengembangan atau kegiatan budidaya yang berkelanjutan dan ramah lingkungan penting untuk diterapkan.

(Suasana Sosialisasi, MoU, MoA dan PkM Dosen Prodi Budidaya Ikan UPGRIP di MA Bahrul Ulum Banyuasin)

Informasi ini penting diketahui oleh setiap kalangan masyarakat, mulai dari lingkungan terkecil yaitu rumah tangga. Hal tersebut agar meningkatkan produktifitas rumah tangga dalam menghasilkan bahan protein dan serat menjadi makanan yang disajikan bagi keluarga dari pekarangan terbatas hasil  diproduksi sendiri.

Berangkat dari alasan itu, maka tim Dosen Program Studi (Prodi) Budidaya Ikan (D3)  Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di MA Bahrul Ulum Muliasari, Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan Pengukuran kualitas air bertemakan  Peningkatan Produksi Ikan Konsumsi Berbasis Kearifan Lokal Dengan Teknologi culture Based Fisheries (CBF) di MA Bahrul Ulum Muliasari Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin

Kegiatan PkM ini diketuai oleh  Rahma Mulyani, S.Pi., M.Si,  beranggotakan Sumantriyadi, S.P., M.Si, Lia Perwita Sari, S.P., M.Si., Yulia Puspita Sari, S.Si., M.Si., Santi Mayasari, S.Pd., M.Pd., Dan Humairani, S.Pi., M.Si.  serta didampingi oleh 2 mahasiswa Program Studi Budidaya Ikan  UPGRIP yaitu  Delvi Wulandari, Muharrom Hadi serta Deri Anggara, S.Pi. yang merupakan alumni mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang.

(Suasana Sosialisasi, MoU, MoA dan PkM Dosen Prodi Budidaya Ikan UPGRIP di MA Bahrul Ulum Banyuasin)

Bersamaan dengan kegiatan PkM tersebut, juga dilaksanakan penandatangan  Memorandum Of Understanding (MoU) ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si., CIQaR diwakili oleh  Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang Indah Anggraini Yusanti,S.Si., M.Si dengan Kepala sekolah MA Bahrul Ulum Muliasari Rohman, S.Pdi., M.Si, serta penandatanganan  Memorandum of Agreement (MoA) antara Program Studi Budidaya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP dengan kepala sekolah MA Bahrul Ulum Muliasari  yang ditandatangani wakil Dekan Fakultas Perikanan dan kelautan Fitra Mulia Jaya, S.Pi., M.Si. Universitas PGRI Palembang dengan Kepala sekolah MA Bahrul Ulum Muliasari Rohman, S.Pdi., M.Si

Menurut Ketua PkM Rahma Mulyani S.Pi., M.Si  tujuan dari kegiatan PkM ini adalah para siswa dan guru di MA Bahrul Ulum Muliasari, Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin dapat memahami, mengetahui dan mempraktekkan pengetahuan yang didapat dan lebih merasakan manfaat keberadaan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang.

“Selain itu melalui kegiatan PkM ini semakin banyak masyarakat secara umum maupun guru-guru yang menjadikan Universitas PGRI Palembang khususnya Fakultas Perikanan dan Kelautan sebagai salah satu lembaga pendidikan pilihan bagi anak-anaknya untuk meneruskan ke jenjang perkuliahan secara umum,” ujarnya.

Lanjutnya, secara khusus PkM ini dapat meningkatkan pengetahuan tentang penerapan teknologi Culture Based Fisheries (CBF) dalam peningkatan produksi ikan konsumsi berbasis kearifan lokal dengan bagi santriwan-santriwati, siswa-siswi dan guru-guru di MA Bahrul Ulum Muliasari, Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin.

Selain itu, memberikan informasi bagi siswa dan guru-guru di MA Bahrul Ulum Muliasari, Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin Program Kuliah Gratis dan Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Program Studi Budidaya Ikan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang serta membuka peluang untuk masuknya calon mahasiswa baru ke Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang dari wilayah Kabupaten Banyuasin dan sekitarnya.

(Suasana Sosialisasi, MoU, MoA dan PkM Dosen Prodi Budidaya Ikan UPGRIP di MA Bahrul Ulum Banyuasin)

Sementara itu Dekan Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang Indah Anggraini Yusanti, S.Si.,M.Si  mengatakan di hadapan peserta kegiatan PkM Dosen Program Studi Budidaya Ikan bagi para siswa MA Bahrul Ulum di Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin yang berjumlah 41 orang yang  terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 31 orang siswi perempuan bahwa  kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini secara umum adalah untuk masyarakat,

“Namun secara khusus yaitu ditujukan kepada Santriwan-santriwati, siswa-siswi dan Guru di MA Bahrul Ulum Muliasari Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin sebanyak 41 orang,” jelasnya.

Indah  juga mengatakan tentang apa Keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan. Dirinya menjelaskan, Universitas PGRI Palembang terakreditasi B yang dilengkapi dengan fasilitas sarana dan prasarana yang mumpuni untuk menunjang perkuliahan, seperti perpustkaan yang terakreditasi A, gedung Business dan Science Center, lapangan olahraga, workshop dan laboratorium.

“Dan bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Orang tua siswa PNS dan anggota PGRI, akan mendapatkan diskon UKM hingga 50 persen dan bagi guru-guru akan melanjutkan S2 yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Univeritas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan keringanan SPP  sampai 25 persen,” terangnya.

(Suasana PkM Dosen Prodi Budidaya Ikan UPGRIP di MA Bahrul Ulum Banyuasin)

Sementara itu Kepala MA Bahrul Ulum Muliasari Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin Rohman , S.Pdi., M.Si, berharap setelah diadakan PkM bagi siswa-siswi dan dewan guru  dapat meningkatkan pengetahuan bagi santriwan-santriwati, siswa-siswi dan guru-guru di MA Bahrul Ulum Muliasari, Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin di era industri 4.0 dan masa pandemi covid-19.

“Serta terjalinnya kerjasama MoU dan MoA yang dapat meningkatkan minat santri dan siswa calon mahasiswa Fakultas Perikanan dan  Kelautan Universitas PGRI Palembang,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button