PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Implementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Pendidikan Jasmani UPGRIP Gelar PkM dan Kerjasama di MGMP

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna mengimplementasikan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi, sebanyak enam  dosen Pendidikan Jasmani FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar workshop Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Palembang dengan tema Permaianan Tradisional Sebagai Bahan Ajar Guru Sekolah Pendidikan Jasmani di MGMP.

PkM tersebut diketuai oleh  Dr. Putri Cicilia Kristina, M.Pd., dengan anggotanya Daryono, M.Pd., Maya Kurnia, M.Or., Perabu Nita, M.Pd., Husni Fahritsani, M.Pd., Ferri Hidayat, M.Pd., serta dibantu oleh 2 mahasiswa Pendidikan Jasmani FKIP Universitas PGRI Palembang M. Akhlan Sanjaya dan Selvi Mega Oktasari.

(Suasana Sosialisasi, MoU dan PkM Tim Dosen Pendidikan Jasmani UPGRIP di MGMP)

Sebelum PkM digelar, terlebih dahulu dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, MM, MSi,CIQaR.   dengan Ketua MGMP PJOK SMP Kota Palembang Yogy Metra, M.Pd.

Kegiatan ini juga sekaligus dilakukan MoA  antara Ketua Prodi Penjas Farizal Imansyah, M.Pd  dengan Ketua  MGMP PJOK SMP Kota Palembang Yogi Metra, M.Pd. Yogi Metra, M.Pd Ketua  MGMP kota Palembang mengucapkan selamat mengikuti workshop yang sangat penting diikuti oleh para guru SMP Kota Palembang

“Kami berharap kepada peserta untuk bisa mengikuti workshop permainan Tradisional Sebagai Bahan Ajar Guru Sekolah Pendidikan Jasmani di MGMP Kota Palembang dengan sebaik mungkin. Sehingga dengan pelatihan para guru PJOK bisa menerapkan ilmu yg didapatkan dengan baik,” harapnya.

Ketua PkM   Dr. Putri Cicilia Kristina, M.Pd dalam sambutannya menjelaskan PkM ini dalam bentuk workshop bagi Guru MGMP SMP Kota Palembang  ini merupakan rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat Universitas PGRI Palembang khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prodi Pendidikan Jasmani yang berupa kegiatan pelatihan.

Lanjutnya, tujuan dari workshop ini juga untuk mengetahui cara mengembangkan materi pembelajaran pendidikan jasmani dengan memasukkan permainan tradisional sebagai bahan ajar, cara menerapkan materi permainan tradisional  dalam pembelajaran dan para guru dapat mengetahui lebih dalam cara mengembangkan bahan ajar melalui permainan tradisional.

Suasana Sosialisasi, MoU dan PkM Tim Dosen Pendidikan Jasmani UPGRIP di MGMP)

Peserta yang mengikuti Kegiatan Workshop “ Permainan Tradisional Sebagai Bahan Ajar Guru Sekolah Pendidikan Jasmani DI MGMP PJOK SMP Kota Palembang “ berjumlah 15 orang dikarenakan pertemuan tatap muka yang baru berlangsung sehingga guru berhalangan hadir dikarenakan aktivitas mengajar yang padat. Jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Program Studi Farizal Imansyah, M.Pd   menyampaikan berbagai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

“Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium 5 Lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel,” ujarnya.

Ia menambahkan, keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan akademik dan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Dan bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran dan bebas uang pembangunan.

“Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen,” jelasnya.

Ditambahkan Fariz, bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, akan mendapatkan diskon atau keringanan SPP sampai 25 persen dan bebas uang pendaftaran.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Provinsi Sumsel, Dr Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR.

(Suasana Sosialisasi, MoU dan PkM Tim Dosen Pendidikan Jasmani UPGRIP di MGMP)

“Dan kabar gembiranya ke depan Universitas PGRI Palembang akan membuka Prodi baru S-2 Penjas. Saat ini dalam proses pendirian,” jelasnya.

Adapun instruktur itu yakni Dr. Putri Cicilia Kristina, M.Pd  dengan materi berjudul Desain Rancangan Pembelajaran Permainan Tradisional Berbasis TPACK, Maya Kurnia dengan materi Aktivitas Bermain Dalam Penjas, Daryono, M.Pd dalam materi Permainan Tradisional, Perabu Nita, M.Pd dalam materi Permainan Tradisional Kelompok Kecil, Husni Fahritsani, M.Pd dalam materi Praktek dan penerapan Permainan di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button