PGRI

............

Pendidikan

Dosen Prodi D3 Budi Daya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP Ajak Pelajar dan Masyarakat Manfaatkan Kolam Tanah di Lahan Rawa untuk Budidaya Ikan Gabus

 

SumselMedia.Com, Ogan Ilir-

Keterbatasan informasi dan keahlian yang dimiliki para pelajar dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan perairan rawa untuk kegiatan budidaya ikan menjadi alasan Dosen Prodi D3 Budidaya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) untuk mengadakan penyuluhan dan pelatihan yang dituangkan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di SMK Negeri 1 Inderalaya Selatan, Ogan Ilir yang bertemakan “Pemanfaatan Kolam Tanah di Lahan Rawa Untuk Budidaya Ikan Gabus”

(Suasana Pengabdian kepada Masyarakat)

Kegiatan PkM ini diketuai oleh Rahma Mulyani S.Pi., M.Si, dengan anggotanya Sumantriyadi, S.P, M.Si, Lia Perwita Sari, S.P, M.Si., Humairani, S.Pi, M.Si., Santi Mayasari, M.Pd., dan Sujaka Nugraha, S.Pi., M.Si serta dibantu oleh 2 mahasiswa Nanda Aprilia, Muhammad Firdaus R dan alumni Rahmatullah, A.Md.Pi.

Selain kegiatan PkM, dilakukan juga Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang dan SMK Negeri 1 Inderalaya Selatan, Ogan Ilir.

Naskah MoA ditandatangani oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Ibu Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si., dengan Wakil Kurikulum Sarana dan Prasarana SMK N 1 Inderalaya Selatan, Ibu Zuraidah,S.Ag, sedangkan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) Prodi D3 Budi Daya Ikan ditandatangani oleh Wakil Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Ibu Fitra Mulia Jaya,S.Pi, M.Si dengan Ketua Program Studi Agribisnis Perikanan Air Tawar, Ibu Uswatun Khasanah, S.Pd, dan SPK Prodi S1 Ilmu Perikanan ditandatangani oleh Ketua Program Studi S1 Ilmu Perikanan, Bapak Sofian, S.Pi., M.Si dengan Ketua Program Studi Agribisnis Perikanan Air Tawar, Ibu Uswatun Khasanah, S.Pd.

(Suasana Pengabdian kepada Masyarakat)

Ketua PkM, Ibu Rahma Mulyani S.Pi., M.Si mengatakan bahwa tingginya animo masyarakat terhadap kebutuhan tingkat konsumsi ikan terutama ikan hasil budidaya, melatarbelakangi diperlukannya alternatif lahan untuk budidaya ikan. Inderalaya Selatan memiliki lahan rawa yang relatif luas, namun belum dimanfaatkan secara optimal untuk perikanan budidaya, khususnya budidaya ikan gabus. Untuk itu perlu dilakukan kegiatan PkM ini untuk optimalisasi potensi lahan perairan rawa dalam kegiatan budidaya ikan gabus yang ditujukan kepada Siswa/i dan Guru di SMK Negeri 1 Inderalaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir.

Hal yang tak kalah penting, pada kegiatan ini juga dibarengi dengan kegiatan Sosialisasi PMB dan perpanjangan kerjasama MoA yang telah dijalin sebelumnya oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si. Indah mengatakan dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan manfaat dan bersinergi bagi kedua institusi yaitu Fakultas Perikanan dan Kelautan dan SMKN 1 Inderalaya Selatan.

(Suasana Pengabdian kepada Masyarakat)

Di tempat yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Sarana dan Prasarana SMKN 1 Inderalaya Selatan, Ibu Zuraidah, S.Ag, mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang, khususnya Fakultas Perikanan dan Kelautan yang telah melakukan MoA dan memilih sekolahnya sebagai tempat pelaksanaan PkM.

“Semoga dengan MoA dan kegiatan PkM ini diharapkan masyarakat , terkhusus para pelajar dapat mengetahui edukasi mengenai menjaga kelestarian biota di perairan rawa dan membudidayakan ikan gabus sangat penting bagi pelajar, guru dan masyarakat agar mendukung peningkatan keberlangsungan komoditas perikanan rawa dan produksinya,” pungkasnya.

Adapun materi yang disampaikan dalam PkM tersebut adalah Sumantriyadi, S.P., M.Si dengan materi Perairan Rawa, Rahma Mulyani, S.Pi., M.Si dengan materi Keanekaragaman jenis ikan rawa dan potensinya, Santi Mayasari, S.Pd., M.Pd dengan materi “Peranan Bahasa Inggris dalam pemasaran Ekspor dan impor komoditi perikanan”

(Suasana Pengabdian kepada Masyarakat)

Selanjutnya Humairani,S.Pi.,M.Si dengan materi Pengelolaan kolam: remediasi, pengapuran, pemupukan, dan pengisian air, Sujaka Nugraha, S.Pi., M.Si dengan materi Penebaran benih ikan gabus, pemeliharaan dan panen dan Lia Perwita Sari, S.P., M.Si dengan materi Analisis usaha sederhana pembesaran ikan gabus konsumsi/hias.

Ditempat yang sama juga dilakukan kegiatan Sosialisasi PMB oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si. Indah menyampaikan informasi bahwa di tahun ini Universitas PGRI Palembang telah membuka 3 Program Studi S1 yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (S1). Dan yang terbaru adalah telah dibukanya Magister Pendidikan Jasmani (S2).

“Khusus Prodi Pendidikan Fisika FKIP, Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi serta Prodi Budi Daya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa terbatas dan juga tersedianya beasiswa KIP untuk semua Program Studi,” jelasnya.

(Foto bersama)

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apabila orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 %.

Ditambahkan Indah, bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon UKM sampai 25% serta bebas uang pendaftaran.

Dijenjang S-2, Universitas PGRI Palembang memiliki empat prodi unggulan yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia dan yang terbaru dibuka Pendidikan Jasmani , dan sebagai Cyber University, Universitas PGRI Palembang telah menerapkan teknologi dalam perkuliahan yakni dengan menggunakan Sisfo.

(Suasana Pengabdian kepada Masyarakat)

“Dan berbagai terobosan, kemudahan dan diskon tersebut merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Ibu Dr. Hj. Meilia Rosani, SH, M.H, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr. H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button